Home Featured 6 Manfaat Makan Es Krim untuk Bumil dan Janin yang Jarang Disadari

6 Manfaat Makan Es Krim untuk Bumil dan Janin yang Jarang Disadari

by Erlita

Banyak bumil alias ibu hamil yang mungkin ingin sekali menikmati es krim di masa kehamilannya, namun berpikir ulang karena tak ingin punya masalah dengan obesitas atau menjadikan tubuh janin lebih besar. Padahal sebenarnya, manfaat makan es krim untuk bumil cukup besar lho, tentu saja dengan porsi yang tidak berlebihan dan secukupnya saja.

  1. Meningkatkan Berat Badan

Ada beberapa wanita hamil yang mengalami berat badan kurang dan hal inilah yang kemudian membuat seorang bumi harus menaikkan berat badannya khususnya saat mendekati hari perkiraan lahir. Karena anjuran berupa konsumsi makanan/minuman berkalori dan bergula tinggi, es krim pun bisa jadi pilihan karena per 100 gramnya mengandung 16 gram gula dan juga 207 kalori.

  1. Meredakan Mual

Gejala awal kehamilan adalah mual-mual atau morning sickness di mana hal ini menyebabkan ketidaknyamanan pada para bumil. Sebagai solusi meredakan mual, makan es krim bisa dilakukan lho. Rasa manisnya es krimlah yang siap membuat rasa mual berkurang dan perut akan lebih nyaman; hal ini otomatis tak akan mengganggu nafsu makan kita.

  1. Menutrisi Tubuh

Kandungan tinggi lemak, vitamin D, protein, vitamin C, mineral, vitamin A, karbohidrat dan sejumlah enzim di dalam es krim apalagi yang terbuat dari susu merupakan sumber nutrisi bagi ibu hamil. Kesehatan bumil dan janin dapat terjaga dengan asupan nutrisi yang lengkap, apalagi proteinnya yang siap menjadi pembangun jaringan tubuh seperti perkembangan otak janin, kuku dan rambut.

  1. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Untuk pembentukan tulang janin lebih optimal, para bumil memang lebih dianjurkan mengonsumsi es krim (tapi tidak banyak-banyak ya). Mineral kalsium tentu terkandung cukup banyak di dalam es krim dengan susu, maka nutrisi inilah yang akan membuat pertumbuhan tulang dan pembentukannya pada janin lebih sempurna.

  1. Menghilangkan Stres

Salah satu terapi menghilangkan stres bagi bumil tentu bisa dengan makan es krim. Jadi jika mood mulai suka berubah, pastikan deh coba mengonsumsi es krim supaya hati dan otak lebih tenang berkat asam triptofan dari es krim sekaligus hormon thrombotonin yang terbentuk.

  1. Menjaga Fungsi Jantung dan Kesehatan Jaringan Muskoskeletal

Dari 100 gram es krim, mineral kalsium dan fosfor akan diperoleh tubuh yang tak hanya bagus bagi tulang tapi juga bagi jaringan muskoskeletal dan sendi. Bahkan para bumil pun bisa mengonsumsi es krim dengan takaran moderasi agar kesehatan fungsi jantung terjaga dengan baik.

Asalkan es krim dikonsumsi secukupnya, maka tidak ada risiko berbahaya bagi kesehatan, hanya saja bila sampai berat badan bumil berlebih otomatis peluang untul melahirkan secara normal lebih kecil. Bila bumil memerhatikan kesehatan dan ingin mencoba es krim yang lebih sehat, buah segar dicampur yogurt diberi sirup coklat bisa coba dinikmati.

You may also like