11 Fungsi Vitamin B5 untuk Kesehatan Tubuh

Satu lagi jenis dari vitamin B kompleks yang sangat penting untuk proses metabolisme tubuh yaitu vitamin B5. Vitamin B5 sendiri dikenal juga dengan sebutan asam pantotenat. Fungsi penting vitamin B5 atau asam pantotenat dalam metabolisme ini hanya salah satu dari beragam fungsi lainnya. Khasiat vitamin B5 ini dapat diperoleh dari suplemen provitamin B5 ataupun dari berbagai jenis makanan yang mengandung asam pantotenat ini. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B5 dalam jumlah tinggi antara lain jamur, brokoli, kacang-kacangan, telur, susu, ikan salmon, minyak ikan, ubi, daging, pisang, hati, alpukat, dan gandum.

Beberapa fungsi vitamin B5 atau asam pantotenat untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Pembentukan Komponen Penting dalam Tubuh

Proses pembentukan beberapa komponen penting dalam tubuh dipercaya harus melalui andil dari vitamin B5 ini. Beberapa komponen penting tersebut adalah karbohidrat, lemak, protein, antibiotik, dan juga asam amino. Selain itu, pembentukan hormon adrenalin juga dipengaruhi oleh asupan vitamin B5 dalam tubuh. Zat-zat ini sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan Kadar Hemoglobin (Hb)

Bagi Anda yang sering mengalami pusing, badan lemas, atau cepat lelah, bisa jadi Anda sedang mengalami kekurangan Hb. Untuk mengatasi hal ini biasanya Anda akan dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah. Nah, melalui suplemen inilah vitamin B5 akan mengerjakan tugasnya. Vitamin B5 akan memastikan kadar Hb dalam tubuh tetap dalam kondisi yang normal. Kadar Hb yang normal akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan yang lain.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin B5 akan bekerja sama dengan vitamin A dalam hal memelihara kesehatan mata. Asupan vitamin B5 akan berperan dalam menghindarkan mata dari berbagai infeksi mata. Penyembuhan penyakit yang menyerang mata akan lebih cepat dengan adanya perpaduan kerja sama dalam proses sintesis biokimia antara vitamin A dan vitamin B komples, khususnya vitamin B5.

4. Berperan dalam Produksi Hormon Adrenalin

Fungsi hormon adrenalin antara lain berperan dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan tekanan darah, dan juga merangsang kinerja otak agar bekerja dengan baik. Tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dengan lancar jika asupan vitamin B5 dalam tubuh pun tercukupi. Itulah mengapa sangat penting memastikan bahwa beberapa makanan yang kita konsumsi hendaknya mengandung vitamin B5.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Konsumsi makanan dengan lemak tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jika hal ini terjadi secara berulang dan dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Jadi solusinya adalah setiap kali Anda mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, imbangilah dengan makanan yang mengandung vitamin B5. Misalnya, bawang merah, kubis, atau seledri.

6. Memelihara Kesehatan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin B5 juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan rambut. Vitamin B5 akan memastikan rambut tumbuh dengan sehat, kuat, dan tidak mudah rontok. Selain itu, vitamin B5 juga akan membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada rambut. Dengan kata lain akan memperlambat munculnya uban di rambut.

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Selain bekerja sama dengan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B5 juga akan bekerja sama dengan vitamin C dalam proses penyembuhan luka. Fungsi vitamin B5 ini adalah memastikan luka akan cepat sembuh dan menghindarkan terjadinya infeksi ataupun peradangan pada luka tersebut.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya kesehatan mata dan kesehatan rambut saja yang dipengaruhi oleh vitamin B5, tetapi kesehatan kulit juga akan tetap terjaga dengan adanya vitamin ini dalam tubuh. Bersama dengan vitamin C dan vitamin E, vitamin B5 akan menjaga kesehatan kulit dan menghindarkannya dari berbagai macam masalah. Beberapa permasalahan kulit tersebut antara lain kulit kering, kering kusam hingga kulit bersisik.


9. Diet

Vitamin B5 juga berperan penting dalam proses diet seseorang. Dalam proses metabolisme, vitamin B5 akan berperan sebagai koenzim yang mengubah lemak menjadi energi. Selain dapat menambah cadangan energi dalam tubuh, penumpukan lemak pun akan berkurang. Itulah mengapa konsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

10. Menurunkan Risiko Depresi atau Stress

Fungsi vitamin B5 selanjutnya adalah menurunkan terjadinya gangguan mental. Gangguan mental seperti stress atau depresi dapat dihindarkan dengan memastikan asupan vitamin B5 dalam tubuh tercukupi. Vitamin B5 berpengaruh terhadap pembentukan hormon corticosterone. Hormon inilah yang berperan dalam mengurangi terjadinya stres dalam diri seseorang.

11. Mengatasi dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang banyak dikeluhkan oleh sebagian besar orang. Jerawat sangat mengganggu penampilan dan seringkali menurunkan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, bekas jerawat yang tak kunjung hilang juga terkadang menjadi permasalahan baru. Masalah ini sebenarnya dapat teratasi dengan bantuan vitamin B5 ini. Beberapa masker dari bahan-bahan yang mengandung vitamin B5 dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Beberapa bahan tersebut antara lain pepaya, kunyit, dan air kelapa.

Itulah beberapa fungsi vitamin B5 untuk kesehatan tubuh. Mengingat banyak manfaat yang diperoleh, maka tidak ada salahnya untuk mulai memastikan bahwa sebagian menu yang kita konsumsi hendaknya mengandung vitamin B5. Mencukupi kebutuhan vitamin B5 melalui makanan atau bahan-bahan alami dipercaya lebih baik daripada melalui suplemen vitamin B5. Selain fungsi vitamin B5, Anda juga mungkin perlu mengetahui tentang akibat kelebihan dan kekurangan vitamin B5.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Vitamin