15 Cara Agar Tidak Ngeces Saat Tidur Alami Perlu Anda Coba

698

Setelah ngorok, ngeces atau ngiler merupakan kebiasaan orang saat tidur yang paling umum bukan? Kebiasaan ngeces tampaknya memang tak semengganggu ngorok yang bunyinya bisa mengganggu orang lain, namun benarkah begitu? Ngeces adalah suatu kebiasaan yang memang kita tidak sadari sewaktu tidur, tapi bisa cukup mengganggu ketika sudah terbentuk bekasnya berupa ‘pulau’ lalu bagaimana cara agar tidak ngeces saat tidur?

  1. Meningkatkan Ketinggian Bantal

Supaya tidur tidak gampang ngeces, Anda bisa mencoba untuk meningkatkan kenyamanan selama tidur, salah satunya yakni menambah ketinggian bantal. Ketika sudah menumpuk bantal lebih tinggi, hal ini bakal menjadi pencegah agar tak mudah ngiler dan air liur juga tak gampang jatuh.

  1. Posisi Tidur Telentang

Rata-rata posisi tidur miring adalah yang paling meningkatkan risiko seseorang ngeces sewaktu tidur, jadi ubahlah posisi tidur agar dapat mengatasinya. Posisi tidur telentang adalah yang paling dianjurkan sebab justru hal inilah yang mampu mencegah Anda ngeces dan membentuk pulau ke depannya.

  1. Menghindari Posisi Tidur Tengkurap

Tidur secara telentang adalah cara agar tidak gampang ngeces dan tentunya menghindari posisi tidur tengkurap pun memiliki tujuan yang sama. Ini karena kepala akan tetap berada pada posisi miring sewaktu tubuh berposisi tengkurap. Jadi saat beranjak tidur, hindari bahaya tidur tengkurap ini dan ambil saja posisi telentang supaya lebih nyaman dan juga tak gampang ngiler.

  1. Istirahat Cukup

Kondisi seseorang yang ngeces saat tidur juga dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat sehari-hari. Tubuh yang kelelahan ditambah dengan waktu istirahat atau waktu tidur yang tak cukup, maka ini bisa meningkatkan risiko ngiler sewaktu tidur. Pastikan setiap harinya Anda beristirahat dengan baik sehingga kebiasaan ngiler dapat teratasi.

  1. Menghindari Makanan Pedas Sebelum Tidur

Mengonsumsi makanan pedas akan merangsang kelenjar air liur untuk memroduksi air liur lebih banyak dan lebih mudah. Jadi setiap sebelum tidur, baik itu tidur siang atau tidur malam, hindarilah bahaya makanan pedas supaya tak gampang ngeces sewaktu Anda tidur.

  1. Menghindari Makanan Asam Sebelum Tidur

Sama halnya dengan makanan pedas, Anda perlu menghindari makanan yang rasanya asam setiap hendak tidur siang maupun malam. Efek memakan makanan atau minuman asam sama dengan makanan pedas di mana air liur akan terproduksi secara lebih banyak, jadi inilah cara untuk Anda coba agar tak mudah ngeces.

  1. Minum Air Putih Sebelum Tidur

Selain menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, minum segelas air putih tepat sebelum tidur jauh lebih dianjurkan ketimbang mengonsumsi makanan pedas atau asam. Air putih mampu menjadi cara mencegah xerostomia atau mulut kering yang menjadi salah satu pemicu ngeces di kala tidur. Jadi, biasakanlah sebelum tidur minum 1 gelas air putih setiap hari.

  1. Melatih Pernapasan

Melatih pernapasan bukan hanya menjadi cara mengatasi stres, melainkan mampu juga membuat pernapasan dari hidung lebih lancar. Sewaktu terjadi penyumbatan pada hidung, otomatis Anda akan bernapas melalui mulut bukan? Bernapas melalui mulut ini bisa menjadi penyebab dari ngeces sewaktu tidur.

  1. Tidak Mengonsumsi Obat Tertentu

Ada beberapa jenis obat yang mampu memberikan efek samping air liur berlebih. Akan lebih baik kalau Anda lebih waspada terhadap obat-obatan dengan efek samping demikian karena kelenjar air liur dapat bekerja lebih aktif, terutama jika sebelum tidurlah waktunya minum obat tersebut.

  1. Mandi Uap Panas

Hidung yang kerap tersumbat mampu menjadi salah satu faktor mengapa sering ngeces saat tidur dan itulah mengapa mandi uap panas akan membantu melegakan pernapasan sekaligus mengatasi serta mencegah ngeces di saat tidur. Dengan mandi uap panas setiap hari, Anda tak perlu lagi harus bernapas lewat mulut yang menyebabkan ngiler bukan?

Cara Lain Agar Tak Ngeces di Kala Tidur

Ada sejumlah cara lain yang layak Anda pertimbangkan untuk mengatasi ngeces saat tidur. Berikut ini merupakan cara-cara alami yang Anda bisa praktekkan di mana tujuannya adalah menurunkan kadar air liur Anda.

  • Minum teh kayu manis.
  • Mengonsumsi jahe
  • Mengonsumsi yogurt.
  • Mengonsumsi mint.
  • Menyikat gigi 3-4 kali sehari.

Itulah beberapa cara agar tidak ngeces saat tidur yang kiranya membantu supaya tidur lebih nyenyak, nyaman, tanpa mengganggu diri sendiri dan orang lain mulai dari posisi tidur yang baik hingga cara-cara berbahan alami. Dengan cara-cara alami tersebut, Anda bisa mencoba mengatasi sekaligus mencegah ngiler sewaktu tidur dan semoga bermanfaat.