Berapa Kalori yang Terbakar saat Tidur Siang dan Malam? Ketahui Tipsnya!

370

Proses pembakaran kalori bukan hanya terjadi pada tubuh manusia di saat sedang beraktivitas dan berolahraga. Nyatanya, saat tidur pun tubuh juga membakar kalori di mana hal ini pun menjadi suatu hal yang mematahkan persepsi bahwa pembakaran kalori sangat sulit dan kerap meminta kita untuk berusaha secara ekstra.

Walau sepertinya tubuh tampak tak bergerak sama sekali saat tidur, rupanya energi tubuh tetap digunakan dan tetap bekerja dalam proses pembakaran kalori. Tentu pembakaran kalori selama tidur pun ditentukan oleh beberapa faktor, seperti halnya berapa lama waktu tidur malam Anda, tingkat metabolisme tubuh, serta berat badan Anda.

Berapa Kalori yang Terbakar saat Tidur Malam dan Siang?

Untuk pembakaran kalori ketika tidur malam, telah dilakukan penelitian yang dapat dijumpai pada jurnal Annals of Internal Medicine yang sudah diterbitkan. Hasilnya, 400 kalori dapat terbakar ketika per malamnya tidur selama 11 jam, alias menambah 3 jam untuk waktu tidur ideal yang biasanya 8 jam.

Jadi ketika seseorang kurang tidur malam, terjadilah pengurangan massa otot sampai sebanyak 60 persen. Karena kurang tidur, otimatis kalori yang terbakar pun menjadi lebih sulit karena terjadinya pengurangan massa otot. Mengapa begitu? Ini karena pembakaran kalori dalam tubuh bisa terjadi hanya di otot-otot.

Sementara itu, waktu tidur siang yang paling sempurna dalam membakar kalori serta meningkatkan kesegaran tubuh adalah sekitar 20 menit saja. Meski begitu, ada pula penelitian tahun 2015 yang telah membuktikan kalau tidur siang kurang lebih 45 menit hingga sejam juga terbaik karena memori otak pun justru bisa meningkat yang bahkan sampai 5 kali lipat.

Namun perlu diketahui bahwa jumlah kalori yang terbakar ketika tidur tidak begitu tinggi, tergantung dari berat badan Anda. Ada beberapa rahasia juga yang memampukan Anda untuk membuat proses pembakaran kalori pada tubuh sewaktu tidur.

Tips Membakar Kalori saat Tidur

Apakah Anda ingin membakar lemak secara maksimal di kala sedang tidur? Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

  • Tidur Tanpa Pakaian

Tidur dengan tidak mengenakan pakaian alias tidur telanjang rupanya memang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk mendukung pembakaran kalori. Bagaimana bisa demikian? Ini karena tubuh akan menjadi dingin saat tidur tanpa busana, karena suhu tubuh yang dingin itulah produksi lemak bisa terikat yang juga otomatis berfungsi membakar kalori Anda.

  • Menurunkan Suhu Ruang Tidur

Jika Anda enggan untuk tidur tanpa busana karena merasa risih dan tidak terbiasa, ada alternatif yang bisa dilakukan, yakni menurunkan suhu ruang kamar Anda. Tubuh pada suhu ruangan yang rendah akan berusaha menjaga kenormalan suhu tubuh dan dengan cara ini, 100 kalori lebih bisa Anda bakar dalam waktu 24 jam saja.

  • Tidur dengan Tingkat Cahaya Rendah

Tidur di dalam kamar yang tingkat cahaya rendah atau bahkan gelap sama sekali bisa mendukung produksi hormon melatonin. Hormon satu ini bukan hanya menyebabkan kantuk, melainkan juga memaksimalkan proses tubuh Anda dalam membakar kalori.

Bila Anda suka mengemil sebelum tidur, Anda bisa coba mengonsumsi protein daripada cemilan-cemilan berlemak dan berkolesterol tinggi. Minuman berprotein adalah cemilan yang tepat. Sudah pernah ada yang membuktikan dari riset Florida State University bahwa konsumsi protein 30 gram sebelum tidur seorang pria dapat membuat tubuhnya mengeluarkan energi yang termasuk besar. Bila tubuh memiliki massa otot yang banyak, hal ini pun lebih-lebih bisa mendukung lebih banyak kalori yang terbakar.

  • Membatasi Porsi Makan Malam

Nikmatilah makan malam dalam porsi kecil dan hindarilah makan dalam porsi besar. Ini karena makan malam dengan porsi besar sebelum tidur hanya akan memperlambat tubuh dalam proses pencernaan makanan. Saat makan terlalu malam dan porsi berlebih, hormon pertumbuhan tubuh justru malah mendukung pengubahan makanan bukan menjadi energi melainkan lemak dan memicu obesitas.

  • Menghindari Minuman Beralkohol

Minum alkohol sebelum tidur hanya akan menyebabkan susah tidur di malam hari atau suatu kondisi yang kita bisa sebut dengan insomnia. Tak masalah bila Anda ingin menyecap segelas anggur sesudah menikmati makan malam, tapi pastikan waktunya adanya 3 jam sebelum berangkat tidur. Akan jauh lebih baik kalau Anda menghindari bahaya minuman keras bagi kesehatan sama sekali.

  • Mematikan Seluruh Alat Elektronik

Sebelum tidur, untuk memaksimalkan pembakaran kalori saat tidur, seluruh alat elektronik bisa Anda matikan dan hentikan pemakaian beberapa jam sebelum tidur. Produksi melatonin bisa terganggu karena pancaran sinar biru yang berasal dari ponsel pintar Anda.

  • Membuat Jadwal Tidur Tetap

Jika ingin membuat jumlah kalori yang terbakar lebih maksimal, pastikan untuk mengubah pola dan jadwal tidur lebih teratur dan tetap. Itu artinya, Anda perlu berangkat tidur di jam yang sama setiap malamnya supaya lebih cepat terlelap dan pembakaran kalori tubuh pun lebih sempurna.

Demikian penjelasan tentang berapa kalori yang terbakar saat tidur baik itu tidur siang maupun tidur malam berikut juga beberapa tips untuk membuat pembakaran lemak saat tidur lebih baik. Itulah mengapa dalam setiap tips diet sehat, tidur yang cukup selalu menjadi salah satu anjurannya berikut beberapa jenis olahraga yang membakar kalori.