Rupanya Ini 14 Manfaat Push Up Sebelum Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

1119

Mungkin banyak orang tak menemukan waktu yang tepat untuk bisa berolahraga karena padatnya kesibukan mereka. Andakah salah satunya dan satu-satunya waktu yang paling luang adalah sebelum tidur? Melakukan olahraga seperti push up rupanya bisa dilakukan saat beranjak tidur dan berikut sejumlah manfaat push up sebelum tidur yang luar biasa bagi tubuh.

  1. Membakar Kalori

Olahraga push up yang bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita ini mampu membantu membakar ½-2 kalori dalam tubuh. Mudah dilakukan dan dapat menjadi olahraga yang membakar kalori super banyak paling efektif tentunya wajib dicoba bukan? Jadi, membiasakan push up sebelum tidur tentu tak ada salahnya, terutama jika ingin diet.

  1. Membentuk Otot Perut

Tak diragukan lagi, bagi Anda yang ingin membakar kalori sambil juga membentuk otot perut, lakukan push up sebelum tidur sebanyak yang Anda mampu saja. Hindari bahaya olahraga yang berlebihan supaya tidak justru menimbulkan cedera. Ketika push up, otot perut menahan saat gerakan tubuh naik dan turun sehingga efeknya makin maksimal.

  1. Memperkuat Otot Pundak

Salah satu cara membentuk otot pundak dan menguatkannya adalah dengan melakukan push up, jadi melakukan push up secara rutin sebelum tidur bakal sangat menguntungkan bagi otot pundak Anda. Aktivitas renang juga dapat Anda lakukan untuk menambah keseimbangan pada pundak selain push up.

  1. Merelaksasi Otak

Sesudah bekerja atau beraktivitas seharian, tentunya push up sebelum tidur tanpa dilakukan berlebihan dapat membantu merilekskan otak supaya bisa lebih cepat tidur. Melakukan push up sekitar 10-20 kali sebelum tidur saja pasti akan mampu menjadi cara menghilangkan stres pikiran sehingga otak jadi lebih segar.

  1. Memperkuat Otot Dada

Push up adalah jenis olahraga yang cukup sederhana tapi bisa memperkuat tubuh bagian atas secara efektif. Selain pundak, otot dada pun akan memperoleh manfaatnya dari push up rutin setiap malam sebelum tidur, apalagi kalau frekuensinya cukup tinggi dalam melakukannya. Massa otot dada juga lebih mudah terbentuk bila push up dilakukan teratur.

  1. Meningkatkan Mood Esok Paginya

Olahraga ringan apapun yang dilakukan sebelum tidur termasuk juga push up rupanya dapat meningkatkan suasana hati atau mood saat kita bangun tidur esok pagi. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tak hanya lebih bersemangat, bangun pagi harinya suasana hati juga jadi senang.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Melakukan push up secara rutin sebelum tidur tanpa berlebihan juga mampu menjaga kebugaran tubuh tetap baik. Hal ini sudah terbukti oleh penelitian Youngstedt di mana ini karena olahraga malam hari suhu tubuh otomatis mengalami peningkatan dan inilah yang menjadikan tubuh jauh lebih bugar dan segar.

  1. Membakar Lemak

Selain membakar kalori, push up juga diyakini mampu menjadi cara membakar lemak ampuh bagi Anda yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan. Jadi jika kalori dan lemak bisa berkurang, push up sebelum tidur ini tentunya menjadi kebiasaan atau gaya hidup yang sebaiknya Anda pertahankan supaya berat badan ideal juga bisa tetap stabil.

  1. Menjaga Kesehatan Fungsi Jantung

Push up yang dilakukan sebelum tidur rupanya juga bagus untuk peningkatan fungsi sistem proses pemompaan darah oleh jantung. Untuk efektivitas kerja jantung, sambil juga menghilangkan plak-plak yang menempel pada pembuluh darah pencetus aterosklerosis, lakukan push up secara rutin.

  1. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Masih muda dan masih ada di usia produktif memang perlu membiasakan diri berolahraga, salah satunya push up sebelum tidur. Manfaatnya juga besar bagi kesehatan tulang dan menjaga tulang agar tak gampang keropos. Sambil menjaga asupan kalsium tetap cukup, push up bisa menjaga kepadatan tulang.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Proses metabolisme dalam tubuh bisa terus meningkat dengan melakukan push up rutin setiap malam sebelum tidur karena gerakan-gerakan push up berfokus pada bagian pundak, lengan, punggung, kaki hingga dada. Otot-otot yang Anda latih melalui push up mampu memperlancar peredaran darah sehingga metabolisme menjadi jauh lebih cepat juga.

  1. Membuat Postur Tubuh Lebih Baik

Bagi yang bermasalah dengan tulang belakang kurang lurus atau masalah lengan dan pundak yang kurang seimbang, push up yang dilakukan sebelum tidur pun bisa membantu memperbaikinya. Tentu asal kegiatan fisik ini dilakukan rutin supaya hasilnya tidak setengah-setengah nantinya.

  1. Menambah Massa Otot Trisep dan Bisep

Peningkatan massa otot trisep dan juga bisep sekaligus proses pembentukannya memang pada umumnya dilatih dengan angkat beban, namun dengan push up apalagi sebelum tidur malam hari karena tak ada waktu banyak untuk berolahraga pun sama efektifnya. Asal push up dilakukan teratur dengan repetisi yang terus bertambah secara berkala pasti membuahkan hasil.

  1. Memudahkan untuk Tidur

Sudah lelah seharian beraktivitas lalu malamnya sebelum tidur berolahraga seperti push up jelas akan membuat Anda bisa cepat ngantuk dan tidur lelap. Bahkan kualitas tidur juga meningkat berkat kebiasaan satu ini dan National Sleep Foundation di Amerika pun sudah membuktikan bahwa olahraga memaksimalkan waktu istirahat kita.

Jadi, masih ragukah untuk memulai kebiasaan push up walau hanya punya waktu sebelum tidur? Rupanya manfaat push up sebelum tidur cukup banyak bukan? Jangan lewatkan untuk memperoleh segudang manfaat kesehatan melalui aktivitas push up dan lakukan dengan cara push up yang benar untuk perempuan maupun laki-laki.