26 Cara Mengatasi Ngantuk Berlebihan Paling Efektif

Ngantuk sebenarnya sudah merupakan mekanisme tubuh. Di dalam sistem tubuh memang sudah ada yang mengaturnya. Jika seseorang tidur dan bangun dengan ritme yang benar, maka ngantuk secara berlebihan tidak terjadi.  Apa yang dimaksud dengan ngantuk berlebihan? Ngantuk berlebihan adalah rasa kantuk yang banyak terjadi di saat siang hari, di mana seseorang seharusnya melakukan kegiatan fisik aktif. Orang yang mengalami ini kemudian dapat tertidur di mana saja. Mungkin di sekolah, di kantor atau yang berbahaya ngantuk saat berkendara.
Penyebab sering mengantuk ada beberapa hal, di antaranya :

  • Kurang waktu istirahat dan tidur
  • Kurang makan
  • Kurang olahraga
  • Dampak Insomnia bagi kesehatan
  • Stress
  • Dehidrasi
  • Gangguan kesehatan, seperti diare, anemia, jantung, dan kanker

Jika ngantuk disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka yang harus dilakukan adalah mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Orang yang dalam kondisi sakit, memang akan merasa lemas, malas, dan mengantuk terus menerus.  Sementara jika ngantuk disebabkan hal lain, maka dapat diatasi dengan berbagai cara. Cara mengatasi ngantuk berlebihan adalah sebagai berikut.

  1. Tidur dan Istirahat Cukup

Jika sering mengalami ngantuk berlebihan, sebaiknya seseorang segera memeriksa pola tidur dan istirahatnya. Jika memang kurang istirahat dan tidur karena suatu hal, maka berusahalah mengubah pola tidur. Misalnya, jika memang harus bekerja malam hari maka sebaiknya mengatur pola tidur sebaik mungkin agar porsinya tetap cukup.  Banyak beraktivitas di siang dan manfaat minum susu sebelum tidur dapat membantu memperbaiki pola tidur.

  1. Pola Makan Seimbang

Pola makan juga berpengaruh pada rasa kantuk seseorang. Pola makan yang berlebihan atau sebaliknya akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu dan salah satunya adalah ngantuk berlebihan. Oleh karena itu, periksalah pola makan jika sering merasa ngantuk tidak pada tempatnya. Sebelum berangkat aktivitas, usahakan selalu sarapan pagi dengan menu sarapan pagi sehat.

  1. Olahraga

Olahraga dapat mengatasi ngantuk berlebihan.  Ini juga berkaitan erat dengan metabolisme tubuh. Olahraga yang cukup akan memperlancar suplai kebutuhan oksigen ke otak. Karena mengantuk dan menguap adalah pertanda bahwa otak kekurangan oksigen sehingga membutuhkan suplai lebih banyak.

  1. Minum Cukup

Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh seseorang lemas. Ini mengakibatkan peredaran darah yang membawa kebutuhan oksigen ikut terhambat. Jika mengantuk, cobalah lebih banyak minum air putih.  Hindari minuman berkafein dan alkohol. Karena ini akan menghambat penyerapan air dalam tubuh. Kafein tidak menghilangkan rasa kantuk, namun jika diminum sebelum rasa kantuk datang dapat mencegah rasa kantuk datang sementara waktu.

  1. Menghindari Stres

Stres yang terjadi pada seseorang akan membuat irama kehidupannya berubah.  Orang yang stres akan mengalami kelelahan secara berlebihan.  Orang akan sulit makan, sulit tidur, dan banyak melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak perlu.  Akibatnya, tubuh akan merasa mengantuk terus menerus.  Stres juga mengakibatkan seseorang mengalami insomnia di malam hari dan mengantuk di siang hari. Terapi menghilangkan stres dapat mengubah pola tidur menjadi lebih baik.

  1. Hindari Makanan Penambah Kantuk

Sarapan sebelum  berkativitas sangat baik bagi kesehatan.  Namun jika hari sudah siang, orang yang sedang terserang kantuk berlebihan dianjurkan untuk tidak konsumsi jenis makanan ini :


  1. Makan Camilan

Makan camilan tertentu yang sehat dapat membantu mengatasi ngantuk. Camilan tersebut dapat berupa :

  • Kacang-kacangan seperti kacang mentega dan kacang almond
  • Kerupuk gandum
  • Keju rendah kalori
  1. Cuci Muka

Cuci muka atau membasahi muka dengan air dingin diyakini akan membuat rasa kantuk hilang. Anak yang mengantuk di kelas akan disarankan guru untuk mencuci muka untuk menghilangkan kantuknya. Hal tersebut juga dapat dilakukan di kantor. Bagi orang yang beragama Islam dapat mengambil air wudhu sekaligus sholat jika memungkinkan. Misalnya sholat dhuha dan sholat dzuhur di waktu istirahat siang. Cuci muka dengan air dingin membuat wajah lebih bersih dan fresh. Setelah wajah bersih dan fresh, maka mata akan menjadi lebih segar.

  1. Berdiri di Bawah Sinar Matahari Pagi

Para ahli merekomendasikan bahwa berdiri setiap hari sekitar 15 sampai 30 menit di bawah matahari pagi akan menghilangkan insomnia dan membuat seseorang lebih semangat beraktivitas di siang hari. Ini berkaitan denga nmetabolisme tubuh dan vitamin D yang terserap saat menghirup udara segar pagi hari dan terkena sinar matahari pagi.


  1. Tidur Siang

Para ahli kesehatan menyarankan tidur siang sekitar 5 sampai 25 menit. Jangan sampai berlebih,apalagi sampai dua jam. Bahaya tidur siang yang terlalu lama akan membuat aktivitas tidur di malam hari terganggu. Jika tidak bisa tidur siang dalam waktu pendek, cukup memejamkan mata dengan posisi rileks selama sekitar 10 menit. Ini akan membantu menyegarkan pikiran dan tubuh saat sedang mengantuk. Jangan tidur dengan menelungkupkan badan di meja karena posisi tersebut membuat tubuh tidak beristirahat. Jika sedang berkendara, menepilah sebentar dan istirahat beberapa saat.

  1. Menyegarkan Suasana

Umumnya seseorang akan merasa ngantuk jika merasa bosan atau lelah dengan suasana yang sama setiap hari. Buatlah suasana yang berbeda di tempat aktivitas sehari-hari. Suasana tersebut dapat diciptakan, misalnya :

  • Mengobrol santai saat jam istirahat.
  • Memberi penerangan yang lebih di ruangan.
  • Mengganti tata letak barang-barang di meja.
  • Main tebak-tebakan dengan teman sekantor.
  • Mendengarkan musik dan bernyanyi saat jam istirahat.
  • Main games.
  1. Minum Yang Menyegarkan

Pada beberapa orang minum air putih saja tidak cukup untuk menghilangkan kantuk. Orang yang demikian dapat menghilangkan kantuk dengan minuman yang menyegarkan. Minuman tersebut dapat berupa es teh dingin, jus jeruk atau jus buah lain, atau teh hangat. Minuman-minuman tersebut selain menyegarkan, mengandung energi dengan vitaminnya, dijamin setelah itu rasa kantuk akan hilang.

Demikian beberapa cara menghilangkan ngantuk berlebihan. Namun, jika beberapa hari merasakan ngantuk tersebut sambil mempraktekkan cara tersebut, cobalah cek kesehatan dan tekanan darah. Dikhawatirkan ngantuk yang berlebihan karena gangguan kesehatan lain atau karena gejala anemia. Dua penyebab tersebut tidak dapat hanya diatasi dengan hal yang disebutkan di atas.

Dan yang terpenting dari semuanya adalah gaya hidup sehat  untuk awet muda bebas dari penyakit. Gaya hidup sehat adalah cara mengatasi ngantuk berlebihan tanpa membahayakan tubuh tentunya dan akan membuat hidup lebih baik serta tidak akan ada ngantuk secara berlebihan di waktu yang tidak tepat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri