Ustad Arifin Ilham Tutup Usia Setelah Lawan Dua Jenis Kanker

188

Setelah awal tahun 2019 lalu sempat terdengar kabar Ustadz Arifin Ilham kembali drop dan banyak orang bertanya-tanya mengenai kondisinya benar atau tidak terserang kanker, kabar duka kini datang. Ustad Arifin Ilham tutup usia yang disampaikan oleh Aa Gym pada Rabu (22/5) pada jam 22.50 WIB melalui sebuah pesan singkat.

Sang Ustad meninggal di Penang, Malaysia karena dilaporkan sebelumnya bahwa dirinya menjalani perawatan di sana dalam upayanya pula melawan penyakit kanker. Ada dua jenis kanker yang diketahui menyerang Arifin Ilham, yakni kanker nasofaring dan kanker kelenjar getah bening. Kenali kedua penyakit ini lebih jauh, khususnya gejala dan cara mengatasinya.

  • Kanker Nasofaring

Kanker ini ada di lapisan luar nasofaring dan merupakan jenis kanker tenggorokan yang akan memicu gejala seperti adanya benjolan di tenggorokan, sulit membuka mulut, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, mimisan, wajah mati rasa dan nyeri, sakit kepala, tinnitus alias telinga berdengung, penglihatan kabur, hingga infeksi telinga.

Biasanya, pemeriksaan yang dibutuhkan setelah gejala tak wajar timbul antara lain adalah pemeriksaan fisik yang pada umumnya dimulai dari dokter THT. Metode endoskopi dan nasofaringoskopi juga diperlukan untuk memeriksa bagian dalam nasofaring. Pengambilan sampel yang disebut dengan metode biopsi juga penting untuk memastikan hasil diagnosa, ditambah pemeriksaan MRI, foto rontgen, PET scan, maupun CT scan jika diperlukan.

Untuk kasus kanker nasofaring, opsi pengobatan dengan operasi lebih jarang, namun jika penyebaran kanker sudah sampai kelenjar getah bening bisa saja diterapkan. Namun biasanya, perawatan penderita kanker nasofaring adalah dengan kemoterapi, radioterapi, serta imunoterapi yang bertujuan untuk dapat melawan sel-sel kanker.

  • Kanker Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening ada di bagian sela paha dan ketiak yang fungsi utamanya adalah memproduksi cairan sel darah putih untuk pencegahan serangan mikroorganisme berbahaya. Pada kasus kanker kelenjar getah bening, gejala yang timbul adalah nyeri di bagian punggung bawah atau dada, terjadi gatal dan ruam pada kulit, demam dan menggigil, tubuh cepat lelah, serta penurunan berat badan drastis.

Untuk mengetahui apakah gejala-gejala tersebut memang menandakan kanker kelenjar getah bening, penderita perlu menjalani beberapa pemeriksaan, seperti biopsi dan tes darah. Pada tahap awal perkembangan sel kanker, operasi belum diperlukan. Namun ketika sudah terjadi penyebaran lebih serius, kemungkinan besar dokter menyarankan untuk operasi.

Lebih lanjutnya, dikabarkan bahwa jenazah Ustad Arifin Ilham baru akan sampai di Indonesia sekitar jam 4 sore nanti di Ponpes Az-Zikira setelah diterbangkan dari Malaysia. Banyak orang kini berduka karena kehilangan sosok Ustad Arifin Ilham, namun banyak yang mengirimkan doa terbaik bagi almarhum.