Stamina Saat Puasa Hilang? Begini 6 Tips Mengembalikannya

Kurang lebih 13-14 jam berpuasa selama sehari dengan menahan lapar dan haus tentunya menjadikan stamina tubuh menurun dan bahkan bisa hilang, apalagi kalau belum terbiasa. Masih awal puasa seperti ini, pastikan untuk membuat stamina tubuh kembali naik melalui beberapa tips berikut ini jika Anda ingin hari-hari puasa setelah ini makin kuat dan bugar.

  1. Minum Air Putih Banyak

Bahkan ketika berpuasa, minumlah air putih yang cukup dan banyak selama sahur dan berbuka puasa untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan sebab dehidrasi adalah kondisi yang berpengaruh pada terkurasnya tenaga. Bahkan dehidrasi bakal menjadikan kewaspadaan kita menurun atau bahkan makin susah untuk fokus pada kegiatan.

  1. Menu Makanan Sahur serta Buka Sehat dan Seimbang

Sahur dan buka puasa biasanya dipenuhi dengan menu makanan yang super lengkap dan cenderung berlebihan serta tak sehat. Sebenarnya, perlu untuk menyiapkan menu sahur dan buka dengan makanan-makanan bernutrisi seimbang, jadi jangan hanya berfokus memperoleh karbohidrat saja atau lemak saja.

Penuhi kebutuhan protein sekitar 10-15%, lemak sekitar 20-30%, serta karbohidrat 50-60%, begitu juga dengan mineral, vitamin dan serat dari buah-buahan serta sayur segar. Dengan begitu, tak hanya tubuh terhindari dari efek cepat lelah, stamina tubuh pasti meningkat dan terjaga dengan baik dan stabil setelahnya jika pola makan seperti ini yang dijalani selama berpuasa.

  1. Buka Puasa dengan Makanan/Minuman Manis

Setelah berpuasa belasan jam, tak heran kalau stamina tubuh pun mengalami penurunan sebagai efek dari rendahnya kadar gula darah saking tak ada nutrisi yang masuk. Itulah kenapa, berbuka dengan yang manis-manis adalah yang paling tepat karena gula sederhana di dalamnya sehingga tubuh siap mencerna sekaligus menyerap dan energi pun bisa kembali.

Makanan atau minuman manis yang dimaksud di sini meliputi teh manis, sirup, kolak, kurma, kue, madu dan juga makanan/minuman lainnya yang terasa manis. Hanya saja, bahaya makan manis pun tetap harus diwaspadai karena bisa membuat gula darah melonjak dan malah berisiko diabetes nantinya.

  1. Mengonsumsi Ikan

Baik itu waktu sahur ataupun buka puasa, ikan bisa selalu ada dalam menu karena sumber omega-3 ini tak hanya bagus untuk kesehatan otak dan jantung tapi juga baik untuk peningkatan stamina yang hilang. Sebagai alternatif, konsumsilah minyak ikan di mana jika rutin 21 hari berturut-turut meminumnya, tubuh bakal jauh lebih bertenaga dan reaksi mental pun lebih cepat.

  1. Makan Pelan-pelan

Belasan jam perut tak kemasukan apapun, kita harus lebih berhati-hati dalam mengasup makanan dan minuman kita. Hindari mengonsumsi makanan terlalu banyak secara tiba-tiba, jadi awali dulu dengan menikmati takjil manis, lanjutkan dengan melakukan ibadah shalat, barulah kemudian makan besar pelan-pelan. Hindari pula makan terlalu kenyang agar tak mengalami gangguan pencernaan.

  1. Tidur Awal dan Hindari Begadang

Berpuasa belasan jam menguras stamina dan energi kita, hal ini bisa terjadi lebih-lebih jika kita hanya memiliki waktu tidur yang sangat sedikit tiap malamnya hanya karena begadang. Karena harus bangun sangat pagi untuk sahur, tidurlah lebih awal agar waktu ideal dan kualitas tidur bisa terpenuhi, yakni sekitar 7-8 jam.

Stamina yang hilang di hari-hari puasa sebenarnya bisa kembali dengan mudah kok. Semoga aktivitas ibadah puasa ke depannya jadi jauh lebih bersemangat dan bertenaga ya dengan beberapa tips tersebut sehingga Anda dapat menjalankan dengan penuh sebulan ini.