Selama Puasa, 8 Kebiasaan Sehat Ini Jangan Ditinggalkan Ya

251

Tidak makan dan tidak minum adalah salah dua dari aturan puasa selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan bukan? Namun bukan berarti kita tak bisa menjaga kesehatan selama berpuasa lho. Banyak orang yang mungkin malah jatuh sakit selama atau pasca puasa, oleh sebab itu kebiasaan-kebiasaan sehat berikut selama puasa harus tetap dijalani ya.

  1. Minum Air Mineral yang Banyak

Setiap hari, idealnya kebutuhan cairan orang dewasa adalah 8-10 gelas alias 2 liter air mineral. Kalau pada waktu puasa, tak perlu harus benar-benar 2 liter saat masih awal, coba dulu konsumsi segelas air putih masing-masing sebelum dan sesudah sahur maupun buka puasa. Sisanya bisa kita minum saat sebelum tidur di mana ini bertujuan pula mencegah dehidrasi; namun untuk kebutuhan cairan sebenarnya juga bisa kita dapatkan dari buah segar yang kaya air kok.

  1. Olahraga Rutin

Banyak orang yang mungkin merasa bahwa berpuasa saja sudah bikin tubuh lemas apalagi ketika aktivitas begitu padat, masa harus ditambah olahraga? Olahraga tak harus selalu yang berat-berat, contohnya olahraga ringan dan singkat semacam peregangan 10 menit, jogging 30 menit setiap pagi, sit up, plank, atau yang lainnya sesuai dengan kegemaran dan kondisi tubuh kita. Sesuaikan saja dengan kemampuan fisik kita dan tak perlu diforsir karena adanya bahaya olahraga yang berlebihan.

  1. Mengurangi Asupan Gorengan

Saat berbuka puasa memang yang paling ditunggu-tunggu, dan kebanyakan dari kita seringkali seperti orang balas dendam, langsung melahap makanan apapun yang kita suka secara berlebihan. Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang pastinya tak akan terlewatkan. Bukannya dilarang, hanya saja gorengan harus dibatasi asupannya karena kebanyakan makanan berminyak malah hanya memperbesar potensi terserang jenis-jenis penyakit jantung.

  1. Mengurangi Aktivitas Merokok

Saat sahur dan berbuka, alangkah baiknya kalau Anda bisa mengurangi kebiasaan merokok karena hal ini berisiko tinggi mengganggu puasa dan membahayakan kesehatan. Jika merokok sekadarnya dan menghindari rokok selama puasa sudah bisa dijalani, usai puasa pun kendalikan aktivitas ini supaya tak lagi kecanduan dan mampu mencegah penyakit akibat merokok yang mengancam jiwa.

  1. Menjaga Porsi Makan

Berbuka puasa selalu dianggap sebagai waktunya ajang balas dendam setelah seharian tak makan dan tak minum, oleh sebab itu porsi makan bisa jadi berlebihan setiap kali berbuka. Inilah yang jadi kebiasaan tak sehat dan mampu meningkatkan risiko kolesterol tinggi, obesitas hingga gangguan pencernaan.

  1. Tidur Cukup

Tidur yang baik dan mampu menjaga kesehatan adalah tidur 7-8 jam setiap hari, maka kualitas tidur yang seperti ini pun wajib dipenuhi selama bulan puasa. Meski kita harus sahur dan bangun lebih pagi, waktu ideal tidur masih bisa kita dapatkan kok, yakni dengan tidur lebih awal setiap malamnya sehingga istirahat makin maksimal.

  1. Membatasi Soda dan Kafein

Banyak orang yang gemar minum kopi kemungkinan bakal menambah asupan kafein selama puasa supaya energinya bisa lebih banyak. Justru seharusnya minuman berkafein dan bahkan minuman soda bergula tinggi dikurangi bahkan setelah puasa usai. Gantilah dengan asupan air putih agar badan jauh lebih segar.

  1. Cek Kesehatan ke Dokter

Tak ada salahnya untuk mengecek kesehatan baik itu sebelum, semasa dan usai puasa, khususnya bagi yang memiliki kecenderungan gangguan kesehatan. Dokter biasanya dapat membantu memberikan anjuran, tips kesehatan dan juga resep obat yang sesuai dengan kondisi tubuh kita sehingga puasa berjalan dengan baik; bahkan usai puasa pun tubuh bisa terjaga baik kesehatannya.

Itulah sederet kebiasaan baik yang pastinya bisa menjaga kesehatan tubuh kita selama berpuasa di bulan Ramadhan. Asupan makanan dan minuman pada waktu berbuka dan sahur sangat penting untuk selalu dijaga tetap seimbang; ingat, bahwa segala yang berlebihan dan terlalu kurang tak bagus bagi tubuh.