Makan Mangga Bagus untuk Ibu Hamil, Intip 8 Manfaatnya

165

Salah satu buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh para ibu hamil dari awal kehamilan hingga usia kehamilan tua adalah mangga. Kandungan nutrisi di dalam buah mangga sama kayanya dengan buah-buah lainnya dan bahkan dianggap sebagai camilan lebih sehat ketimbang permen apalagi kue-kue manis. Untuk ibu hamil, inilah keuntungan mengonsumsinya bagi kesehatan sang ibu dan calon bayi.

  1. Mengurangi Mual

Para ibu hamil dengan usia kehamilan trimester pertama biasanya pasti diliputi dengan ketidaknyamanan karena morning sickness alias mual tiap pagi. Konsumsilah buah mangga (tanpa berlebihan) untuk meredakan rasa mual tersebut karena ada kandungan vitamin B6 di dalam mangga yang sangat baik sebagai pereda morning sickness tersebut.

  1. Menambah Stamina

Mangga adalah salah satu buah yang mengandung karbohidrat alami dengan adanya kandungan sukrosa di dalamnya. Mengonsumsi mangga akan sangat mudah tubuh kita untuk mencernanya lalu mengubah jadi tenaga, itulah kenapa stamina bisa bertambah dan kelelahan saat hamil dapat dicegah.

  1. Mencegah Anemia

Risiko anemia pada ibu hamil cukup tinggi yang kalau dibiarkan dapat menjadi penyebab bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Untuk itu, mangga adalah salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk dikonsumsi para ibu hamil sehingga pasokan darah sekaligus oksigen ke janin berlangsung sempurna.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Buah mangga kaya sifat antioksidan yang siap menjadi penangkal radikal bebas; ingat bahwa efek radikal bebas mampu menjadi penyebab perkembangan janin terhambat. Konsumsilah buah mangga agar janin berkembang sempurna dan bahkan juga bisa jadi lebih cepat.

  1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Bukan hanya menjadikan perkembangan bayi lancar dan baik, makan buah mangga akan menurunkan risiko bayi lahir cacat, entah itu cacat sumsum tulang belakang atau cacat otak. Kedua kondisi ini bisa dicegah berkat kandungan asam folat dari buah mangga yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Membantu Perkembangan Saraf dan Organ Dalam Janin

Untuk organ dalam janin begitu juga saraf bisa berkembang dengan baik, para ibu hamil juga perlu mengasup buah mangga. Kandungan vitamin A pada manggalah yang membuat bagian mata, ginjal, dan organ dalam janin lainnya berkembang dengan lebih baik, termasuk juga vitamin B6-nya.

  1. Mencegah Sembelit

Makanan yang mengandung serat tinggi salah satunya adalah buah mangga lho. Jadi kalau suka dengan buah mangga, pastikan mengonsumsinya secara moderat untuk memperoleh asupan serat cukup supaya tidak jadi susah BAB nantinya. Selain sayur-sayuran, buah mangga pun bisa diasup sebagai pencegah gangguan pencernaan.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Penyakit cenderung lebih gampang menyerang ibu hamil karena daya tahan tubuh yang melemah. Oleh sebab itu, sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, penting untuk mengonsumsi buah mangga agar tubuh calon ibu bisa lebih kuat dan terhindar dari serangan bermacam-macam penyakit.

Buah mangga itu memang bagus bagi para ibu hamil, tapi pastikan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh para ibu hamil dengan diabetes gestasional. Entah itu dikonsumsi dalam bentuk smoothie, jus, potongan buah segar ataupun kue mangga, perhatikan campuran dan tambahan kalori sekaligus gulanya agar tidak meningkatkan risiko lonjakan gula darah ya.