Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Setiap Hari? Ketahui Bahaya dan Tips Konsumsinya !

564

Bagi para wanita yang menggemari minuman berkafein tinggi seperti kopi dan bahkan memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari, lalu bagaimana jika sedang hamil? Bolehkah ibu hamil minum kopi setiap hari supaya kebiasaan tetap berlanjut? Banyak ibu hamil benar-benar menjaga supaya asupan minuman dan makanannya tidak sembarangan demi kesehatan dan perkembangan janin.

Karena asupan harus benar-benar dijaga, lalu aman atau tidak kalau ibu hamil tetap pada kebiasaannya minum kopi yang dilakukan seperti pada kebiasaannya dulu? Saat sedang hamil, kebanyakan ibu hamil penggemar kopi biasanya akan mulai menghentikan kebiasaan minum kopinya supaya tidak berdampak buruk bagi janin, tapi sebenarnya bahayakah?

Jika setiap hari ibu hamil minum kopi, aman atau bahaya?

Menurut seorang dokter spesialis kandungan, dr Aryando Pradana, SpOG dilansir dari laman situs Detik Health, wanita hamil wajib untuk menjaga asupannya setiap hari dan memastikan bahwa pengaruh dari asupannya menjadi positif bagi bayi dalam kandungan. Jika ingin tetap mengonsumsi kopi secara harian, perhatikan kadarnya.

Mengonsumsi kopi artinya mengasup kafein di mana kafein ini jika masuk ke dalam tubuh secara berlebihan, maka tentu berdampak serius bagi perkembangan janin. Risiko berbahaya yang berkemungkinan terjadi ketika mengasup kafein terlalu banyak pada ibu hamil adalah:

Kafein pada dasarnya tak hanya terkandung pada kopi, sebab pada minuman berenergi, minuman bersoda, coklat hitam, dan teh pun mengandung kafein. Jadi meski Anda minum kopi sedikit tapi mengonsumsi minuman dan makanan berkafein tinggi lainnya, tentu hal tersebut sama saja mengasup kafein secara berlebihan.

Kalau biasanya yang merasakan efeknya hanya Anda, namun ingat kembali bahwa di dalam perut sedang ada si calon bayi di mana ketika Anda mengasup kopi, kafein bisa menembus plasenta dan ikut diasup juga oleh si kecil dalam kandungan. Janin pun akan terkena pengaruh buruk dari kafein berlebih sehingga minum kopi harian pun takarannya harus dibatasi.

Tips Minum Kopi Harian Bagi Ibu Hamil

Batasan konsumsi harian akan kafein bagi ibu hamil khususnya pada minuman kopi adalah 1-2 cangkir kecil saja setiap harinya. Kabar baiknya, ada kopi decaffeinated yang bisa Anda coba jika Anda tak bisa hidup tanpa kopi tapi ingin menjauhi kafein demi kesehatan dan keselamatan janin dalam kandungan.

Sebagai alternatif lainnya selain kopi decaffeinated, Anda pun bisa mencoba mengonsumsi teh sebagai pengganti kopi karena pada dasarnya kafein di dalam teh termasuk rendah kadarnya. Jika Anda tetap ingin setiap hari minum kopi, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin (2 minggu sekali menempuh USG) supaya berat badan bayi terpantau secara medis.

Jadi, bolehkah ibu hamil minum kopi setiap hari? Boleh saja, asalkan tidak berlebihan dan hanya mengonsumsi 1 sampai 2 cangkir berukuran kecil. Tak lupa, periksakan kehamilan secara lebih rutin dan berkonsultasilah dengan dokter tentang asupan kopi Anda secara harian supaya kondisi janin tetap terawasi dengan baik dan segala sesuatu yang tak diharapkan bisa dicegah.

Namun untuk kebiasaan yang lebih baik selama hamil, meminum minuman-minuman menyehatkan adalah jauh lebih dianjurkan, seperti air kelapa, jus sayuran, atau bahkan jus buah yang tentunya kaya serat dan nutrisi lainnya sehingga baik untuk kondisi sang ibu dan janin tetap sehat. Bahkan infused water juga lebih dianjurkan ketimbang Anda minum kopi.