Ingin Pangkas Berat Badan dengan Tahan Nafsu Makan? Makan 9 Camilan Ini

241

Banyak orang khususnya para wanita yang ingin menerapkan cara menurunkan berat badan secara alami karena tak percaya diri dengan berat badan yang agak atau terlalu berlebihan. Sayangnya, banyak yang kemudian salah langkah, yakni menahan nafsu makan dengan tidak makan sama sekali. Padahal, ada beberapa rekomendasi camilan yang bisa bantu tekan nafsu makan sekaligus membuat berat badan turun.

  1. Telur Rebus

Jika ingin menurunkan berat badan, makanan rendah lemak dan kalori adalah yang paling baik dikonsumsi. Namun sebagai gantinya, makanan kaya protein adalah yang paling dianjurkan karena asupan ini tak hanya sekadar penekan nafsu makan efektif, tapi juga penambah kekuatan otot. Kandunga vitamin dan mineral lainnya pun siap menutrisi tubuh dan memaksimalkan fungsinya.

  1. Bayam

Siapa yang ingin kuat dan menambah massa otot seperti Popeye? Makanlah bayam yang dijamin tak akan bikin gemuk, bantu turunkan berat badan, serta yang jelas menawarkan rasa kenyang tahan lama. Berkat kandungan thylakoids sekaligus ghrelin di dalamnya, nafsu makan yang tinggi bisa ditekan secara alami dan aman.

  1. Keju Lembut

Lagi-lagi makanan yang mengandung protein tinggi adalah yang paling disarankan agar para pelaku diet bisa sukses dalam menurunkan berat badan. Keju kaya protein yang siap memberi efek kenyang yang awet apalagi keju lembut, yaitu keju krim yang rasanya gurih dan warnanya putih seperti mentega.

Susu sapi adalah bahan utama dari keju jenis ini dan jangan khawatir akan kandungan lemak susunya karena hanya kurang lebih 33 persen yang berkadar air di bawah 55 persen. Ketika rasa lapar timbul, coba deh ngemil keju ini, dijamin rasa lapar hilang dan efek kenyangnya lebih lama ketimbang makan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti junk food.

  1. Greek Yogurt

Berbeda dari yogurt biasa, Greek yogurt adalah yang paling sering direkomendasikan sebagai camilan sehat penekan nafsu makan alami. Kandungan proteinnya juga tinggi sehingga efektif memberi efek kenyang yang awet sehingga tak akan mudah ngemil apalagi makan banyak ke depannya.

  1. Cabai Merah

Anda doyan pedas dan suka ngemil cabai? Cabai merah ternyata bisa dijadikan camilan untuk menahan nafsu makan agar berat badan juga jadi lebih cepat turun. Kandungan capsaicin di dalamnya siap mengendalikan asupan kalori dalam tubuh. Dilansir dari laman Liputan 6, beberapa hasil penelitian membuktikan kalau sarapan berbahan cabai merah bisa membantu agar makan siangnya tidak berlebihan karena nafsu makan turun.

Hasil studi yang lain pun telah menunjukkan kalau setiap makanan pembuka yang ditambah dengan cabai merah pun mampu membuat jumlah karbohidrat dan kalori ketika makan siang bisa berkurang. Tak heran kalau kemudian makan siang jadi lebih sedikit keinginan mengasup karbohidrat, lemak dan juga protein.

  1. Kacang Panggang

Kacang-kacangan seperti kacang panggang juga kaya akan vitamin, mineral, terlebih lagi protein yang memberi efek kenyang sehingga nafsu makan tak sebesar sebelum-sebelumnya. Jadi saat ingin berdiet dan fokus menghindari makanan tak sehat, kacang panggan adalah camilan tepat.

  1. Sup

Sup sebagai camilan juga sangat bagus dalam menekan nafsu makan karena sangat terbukti mengurangi rasa lapar sekaligus membuat asupan total kalori berkurang. Tentu saja ini karena sup mengandung kadar air tinggi sehingga perut jadi cepat kenyang.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah sehat yang bisa membantu mengurangi rasa lapar dan pantas dicoba sebagai camilan sehat. Ada 9 gram kalori di dalam buah alpukat yang bisa jadi pengontrol rasa lapar; bahkan kandungan lemak di dalamnya juga adalah lemak sehat yang siap menjaga kesehatan jantung.

  1. Salad Sayuran

Ngemil salad sayuran dijamin kenyang tahan lama dan bahkan membantu pengurangan asupan kalori berlebih yang bikin tubuh menggemuk. Terlebih lagi, jenis sayuran yang biasa dijadikan salad itu tak sekadar kaya serat tapi juga air yang akan membuat rasa kenyang cepat timbul, seperti mentimun, tomat serta selada.

Jadi kalau ingin pangkas berat badan melalui tips diet sehat, jangan lupa terapkan konsumsi asupan sehat bahkan untuk menu camilan. Camilan yang sehat dan bikin kurus adalah camilan yang bisa memberi efek kenyang tahan lama sehingga tak gampang lapar apalagi ingin makan makanan berlemak tinggi.