Ini 15 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda Perlu Tahu !

96

Daun pisang tentunya bukan hal asing lagi bagi kita bukan? Daun ini begitu banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan atau jajanan tradisional. Namun sebenarnya, daun ini memiliki banyak kandungan baik yang bisa digunakan sebagai peningkat kesehatan tubuh maupun solusi bagi sejumlah penyakit. Berikut dapat Anda intip apa saja manfaat daun pisang untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Perlu diingat dan diketahui bahwa di dalam daun pisang ada kandungan antioksidan serta allantolin tinggi sehingga ketika menggunakan daun pisang zat-zat tersebut dapat membawa kebaikan bagi tubuh. Saat merebus daun pisang dan air rebusannya dikonsumsi harian, maka ini adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh alami yang ampuh.

  1. Menangani Keputihan

Para wanita yang mungkin memiliki masalah dengan keputihan, apalagi keputihan yang tak normal, bisa mencoba menggunakan air rebusan daun pisang untuk dijadikan sebagai pembilas alami bagi miss V Anda. Lakukan serutin mungkin menggunakan air rebusan daun pisang ini agar masalah keputihan apalagi jamur yang menyebabkannya bisa diatasi.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit atau radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri maupun virus di mana hal ini bisa dilawan dengan mengolah daun pisang. Daun pisang yang direbus airnya bisa Anda konsumsi untuk meredakan rasa sakitnya sekaligus membasmi bakteri serta virus yang menjadi penyebabnya.

  1. Menangani Kulit Iritasi

Kulit yang mengalami iritasi biasanya akan timbul kemerahan, ruam serta rasa gatal yang sangat mengganggu. Apapun penyebab kulit iritasi, seperti halnya produk perawatan tubuh, alergi makanan, dan alergi atau sebab lainnya, daun pisang bisa Anda ambil getahnya di mana ekstraknya inilah yang Anda bisa campur dengan minyak zaitun secukupnya sebelum dijadikan obat oles pada kulit.

  1. Mengatasi Disentri

Daun pisang kering bisa diandalkan sebagai obat bagi penderita disentri. Karena biasanya BAB berdarah adalah salah satu gejala disentri, maka untuk mengobatinya penderita bisa mengonsumsi air rebusan daun pisang ini secara teratur sampai gejala-gejala yang dikeluhkan mereda. Lakukan sehari sekali supaya penyakit disentri bisa sembuh total.

  1. Mengatasi Mimisan

Perdarahan dari hidung sekalipun, apapun penyebabnya, Anda bisa coba mengobati dengan daun pisang. Anda bisa menggunakan daun pisang yang digulung kecil untuk diletakkan pada lubang hidung demi menghentikan darah yang keluar. Jika daun pisang tak tersedia, maka daun sirih bisa dijadikan alternatif.

  1. Mengobati Luka

Luka terjatuh atau luka tergores yang Anda alami tak perlu juga khawatir bagaimana mengatasinya. Anda bisa mencoba menggunakan daun pisang sebagai penyembuh alami dengan mengolah daun pisang menjadi jus yang pastinya harus menambahkan air sedikit. Ramuan kemudian bisa Anda oles langsung ke kulit yang terluka secara rutin hingga sembuh.

  1. Menurunkan Demam

Ketika suhu badan tinggi tak kunjung turun, Anda bisa mencoba menurunkan demam secara alami dengan memanfaatkan daun pisang. Cukup daun yang bersih dan sudah dioles minyak kelapa diletakkan pada area kening atau bagian tubuh lainnya secara rutin dan sering, maka demam akan turun dengan sendirinya.

  1. Mengatasi Gigitan Serangga

Ketika kulit digigit serangga dan hasil gigitan tak kunjung menghilang, Anda perlu mencoba menggunakan daun pisang sebagai obat alaminya. Berkat kandungan antioksidannya, daun pisang mampu meredakan hasil gigitan serangga yang sulit sembuh.

  1. Memperbarui Sel-sel Kulit

Sel-sel kulit mati atau sudah rusak terkadang mengalami hambatan dalam proses regenerasinya karena berbagai faktor. Agar Anda bisa meregenerasi sel-sel kulit lama menjadi baru, senyawa allantonin pada daun pisang siap membantu. Itulah kenapa daun pisang bisa digunakan efektif sebagai obat luka.

  1. Mengobati Batuk

Saat batuk melanda, daun pisang pun mampu menjadi penyelamat alami nan ampuh. Batuk yang disebabkan oleh makan gorengan misalnya, kebiasaan merokok ataupun kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol dapat Anda atasi dengan cara meminum air rebusan daun pisang secara rutin.

  1. Mengobati Sakit Dada

Sakit dada yang memiliki kaitan erat dengan gangguan atau penyakit pernapasan bisa coba Anda atasi dengan meminum juga air rebusan daun pisang. Bahkan sakit dada yang dipicu oleh batuk berkepanjangan pun dapat Anda coba sembuhkan dengan mengonsumsi rutin air rebusan tersebut.

  1. Melembutkan Kulit

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu manfaat daun pisang adalah membantu proses regenerasi sel kulit. Otomatis daun pisang tak hanya berguna menjadi penyembuh luka, tapi juga dapat Anda andalkan sebagai perawatan kulit dan membantu membersihkan sekaligus melembutannya secara alami.

  1. Menjadi Solusi Luka Bakar

Sering berada di luar ruangan dan terkena bahaya sinar ultraviolet? Luka bakar akibat paparan sinar matahari bisa cukup mengganggu. Oleh sebab itu, bila Anda telanjur mengalaminya, Anda bisa coba menumbuk daun pisang lalu menghaluskannya untuk dijadikan masker bagi kulit yang terbakar. Lakukan rutin agar kulit kembali normal dan sehat lagi.

  1. Merawat Rambut

Daun pisang dapat juga diandalkan sebagai masker rambut, yakni dengan menumbuknya sampai halus dan membalurkannya pada seluruh bagian rambut, gunakan saat keramas. Karena membawa sifat antibakteri, daun pisang bisa dipercaya dalam hal menjaga kesehatan serta kebersihan rambut Anda sehingga terhindar dari rambut rontok dan berketombe.

Itulah serangkaian manfaat daun pisang yang belum banyak orang tahu, dan benar-benar tak terduga besar khasiatnya bukan? Jadi ketika Anda saat ini mengalami masalah kesehatan yang disebutkan di atas, daun pisang bisa dijadikan sebagai solusi.