Kenali 17 Khasiat Daun Lamtoro Yang Belum Banyak Orang Tahu

1142

Pernah dengar tentang daun lamtoro? Atau Anda memiliki tanamannya di rumah? Jangan sepelekan tanaman satu ini karena ada segudang manfaat yang dapat diberikan oleh daun lamtoro. Tanaman berdaun majemuk yang berukuran kecil-kecil mulai dari 5-20 pasang ini juga memiliki buah, yakni buah lamtoro yang berbiji kecil.

Tak hanya bentuk umumnya, Anda pun perlu tahu bahwa di dalam tanaman ini ada kandungan-kandungan berupa:

Adanya sederet nutrisi tersebut, tak heran bila daun lamtoro menawarkan khasiat besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah daftar khasiat duan lamtoro yang penting untuk Anda ketahui sebelum menggunakannya.

  1. Mengobati Bengkak

Jika Anda mengalami bengkak apapun penyebabnya, maka menggunakan daun lamtoro adalah salah satu solusi yang bisa coba Anda gunakan. Daun lamtoro secukupnya bisa Anda siapkan, lalu tumbuk sampai halus. Hasil tumbukannya Anda bisa balurkan langsung pada bagian tubuh yang membengkak secara rutin.

  1. Mengobati Luka Baru

Selain bengkak, luka baru pun dapat Anda coba obati secara alami dengan daun lamtoro. Sama seperti penggunaan daun lamtoro untuk bengkak, Anda cukup menghaluskan beberapa tangkai daun lamtoro (sesuai kebutuhan) dengan cara menumbuknya. Jika sudah, balurkan ke area kulit tempat timbulnya luka baru secara rutin.

  1. Meredakan Nyeri

Daun lamtoro yang ampuh untuk meredakan bengkak hingga mengatasi luka baru dan terbuka, rupanya juga bisa Anda andalkan ketika nyeri terjadi pada tubuh. Ketika tubuh meradang, maka daun lamtoro ini bisa dijadikan obat alami karena sifat analgesiknya yang alami. Entah itu dijadikan obat luar atau dalam, Anda bisa memperoleh manfaatnya yang super besar.

  1. Memperlancar Aliran Darah

Akibat gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang kurang tepat, peredaran darah dapat mengalami sumbatan. Sebagai cara melancarkan peredaran darah yang alami, cobalah untuk gunakan daun lamtoro ini dengan cara merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya secara teratur supaya aliran darah kembali lancar dan stabil.

  1. Mengobati Luka Tusuk

Luka yang diakibatkan oleh tusukan benda tajam, entah itu kayu, bambu atau benda lainnya bisa Anda atasi pula menggunakan daun lamtoro. Seperti cara mengatasi bengkak dan luka baru yang sebelumnya sudah diulas, Anda cukup memilih daun lamtoro muda secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu tempelkan merata ke area luka tusuk setelah luka tersebut Anda bersihkan.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Senyawa di dalam daun lamtoro pun sangat baik dalam menstabilkan kadar gula darah sehingga potensi untuk terkena penyakit diabetes bisa diminimalisir. Sambil turut menjaga pola makan yang baik dan bernutrisi, Anda bisa coba gunakan ramuan ini dalam menurunkan kadar glukosa darah yang sempat naik.

  1. Menyembuhkan Cacingan

Cacingan pun rupanya adalah kondisi kesehatan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi daun lamtoro muda. Anda bisa coba memakannya tanpa berlebihan selama seminggu untuk bisa menyembuhkan penyakit cacingan. Dalam waktu 7 hari, konsumsi daun ini akan membantu tuntasnya kesembuhan Anda.

  1. Menurunkan Risiko Insomnia

Ada berbagai alasan mengapa di malam hari Anda tak bisa istirahat dengan enak dan nyaman. Susah tidur kelihatannya memang kondisi sepele, namun Anda tak boleh meremehkannya. Segera konsumsi daun lamtoro untuk memaksimalkan istirahat Anda dan membantu supaya Anda mendapatkan kualitas tidur lebih baik.

  1. Memperlancar Menstruasi

Jika Anda tengah mengalami tanda-tanda datang bulan tidak teratur, maka Anda sebaiknya mulai mengandalkan daun lamtoro. Daun ini bisa direbus atau dikonsumsi dalam bentuk apapun untuk kembali membuat siklus haid lancar dan normal. Apapun sebabnya, Anda bisa coba gunakan daun ini sebagai obat herbal.

  1. Mengobati Disentri

Kandungan-kandungan baik di dalam daun tanaman lamtoro ini bisa Anda manfaatkan ketika sedang diserang penyakit disentri. Radang usus bisa coba Anda atasi dengan mengonsumsi daun lamtoro secara teratur sampai gejala-gejala disentri lenyap, seperti misalnya diare yang biasanya diikuti dengan keluarnya lendir maupun darah.

  1. Mengobati Radang Ginjal

Tak hanya radang usus atau disentri, ternyata khasiat dari daun lamtoro juga menawarkan kesembuhan bagi para penderita penyakit ginjal seperti ginjal yang mengalami peradangan. Saat terkena radang ginjal, rasa nyeri di area pinggang dan panggul jelas begitu luar biasa, mengonsumsi daun lamtoro akan meredakan gejala tersebut.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas yang menyerang tubuh adalah sumber dan awal di mana tubuh akan mudah terkena penyakit serius. Karena daun lamtoro juga membawa sifat antioksidan, Anda yang mengonsumsinya bisa mencegah berbagai bentuk penyakit karena radikal bebas sebab radikal bebas akan dilawan secara jitu.

  1. Mengobati Eksim

Kondisi peradangan pada kulit juga kita sebut dengan istilah eksim di mana tanda-tandanya adalah kulit gatal, terasa kasar, kering, kemerahan dan juga pecah-pecah. Untuk menanganinya, Anda bisa gunakan daun lamtoro muda sebagai obat luar, yakni menumbuknya lalu membalurkan pada area kulit bereksim secara merata dan rutin.

  1. Mengobati Patah Tulang (Sebagai Sambung Tulang)

Untuk masalah patah tulang sekalipun, rupanya daun lamtoro teramat berkhasiat. Ini berkat adanya kandungan fosfor serta kalsium tinggi di dalamnya sehingga bisa Anda jadikan ramuan herbal bagi kesehatan tulang. Dalam meramunya, Anda hanya perlu memblender daun katuk, kunyit, bawang putih, jahe, bawang merah serta daun lamtoro dengan takaran 1:1 lebih dulu.

Hasil blender yang sudah halus bisa Anda tambahkan air sesuai kebutuhan atau secukupnya saja. Rebus dan didihkan hingga sisanya tinggal sedikit. Ramuan yang sudah jadi dapat Anda oles pada area tulang yang patah secara teratur. Setelah dibalurkan Anda bisa ikat dan balut dengan kain perban dan sebaiknya diganti 3 hari sekali.

  1. Melembutkan Kulit

Selain bisa untuk mengobati eksim, Anda bisa meremas daun lamtoro 3 genggam hingga sari atau airnya keluar. Setiap akan mandi, balurkan pada kulit tubuh Anda dan tinggalkan selama semenit dan basuh dengan air biasa. Menggunakan cara ini seminggu 3 kali akan membantu Anda mempercantik kulit.

  1. Mengobati Herpes Zoster

Kalau masalah eksim saja bisa diatasi, maka tak heran bila daun lamtoro mampu membantu Anda menyembuhkan herpes zoster. Daun lamtoro segar bisa Anda siapkan 30 gram, tumbuk bersama dengan sesiung bawang putih. Sesudah tumbukannya halus, balurkan ke area herpes zoster pada kulit secara rutin.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Karena daun lamtoro diyakini ampuh dalam mencegah radikal bebas, tentunya hal ini menguntungkan pula bagi tubuh Anda karena otomatis sel-sel kanker pun bisa dicegah untuk berkembang. Mengonsumsi daun lamtoro muda secara rutin adalah solusi dalam menjaga kesehatan sel tubuh untuk tetap sehat dan membunuh sel-sel kanker yang ada.

Setelah mengetahui segudang khasiat daun lamtoro ini, kiranya Anda bisa mempergunakannya secara bijak dan sesuai aturan. Apabila sebagai perawatan kulit kemudian memicu gatal-gatal, hentikan penggunaan karena ada kemungkinan bahwa daun lamtoro kurang cocok bagi tipe kulit Anda.