Ini Dia 14 Khasiat Daun Ivy Bagi Kesehatan Tubuh Anda Perlu Tahu !

472

Daun ivy mungkin cukup jarang terdengar, namun tanaman dengan sebutan lain yakni English Ivy ini sangat mudah dijumpai di seluruh wilayah Asia Utara, Afrika, Pasifik dan Eropa. Daun tanaman ivy walau masih asing bagi kita, daun ini sebenarnya sudah cukup sering dijadikan obat dari sejak ribuan tahun lalu. Ketahui apa saja khasiat daun ivy yang baik bagi kesehatan sebagai berikut.

  1. Mengobati Mata Sakit

Daun tanaman hias yang juga bagus untuk kesehatan ini ternyata bermanfaat tinggi sebagai obat sakit mata. Bahkan hal ini telah terbukti di tahun 1957 oleh seorang herbalis Inggris, John Gerard. Anda bisa mencuci mata yang teriritasi, perih dan sakit menggunakan infusa dari daun tanaman ivy.

  1. Mengobati Batuk

Khasiat dari daun ivy yang paling dikenal adalah sebagai obat batuk alami yang ampuh. Ini karena di dalam daun ivy terdapat kandungan flavonoida sehingga sangat efektif dalam menjadi pereda batuk dan pelega pernapasan. Daun ini pun sudah begitu lama dijadikan sebagai solusi batuk sehingga dapat dipercaya.

Untuk kasus batuk berdahak di mana dahaknya sangatlah mengganggu tenggorokan dan saluran pernapasan, Anda bisa menggunakan daun ivy untuk mengeluarkan dahak secara lebih mudah sehingga daun ini dipercaya menjadi obat batuk berdahak jitu. Daun ivy dengan tambahan madu juga akan jauh lebih bermanfaat karena madu murni sendiri pun dapat dikonsumsi sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Walau belum sampai mengalami batuk dan baru tenggorokan saja yang terasa tak nyaman dan sakit. Anda bisa tetap menggunakan daun ivy sebagai pelega tenggorokan dan membuatnya jauh lebih baik dan tenang secara alami. Sama seperti dalam mengatasi batuk, Anda bisa tambahkan madu supaya daya tahan tubuh pun meningkat.

  1. Mengobati Bronkitis

Selain ekstrak daun ivy secara umum digunakan untuk membuat obat batuk alami, masalah peradangan karena infeksi di bagian lapisan saluran bronkial juga dapat diatasi oleh ekstrak daun ajaib ini. Karena fungsi dari daun ini salah satunya adalah sebagai pelancar saluran pernapasan, tentu daun ini dapat diandalkan untuk masalah bronkitis sekalipun.

  1. Meredakan Alergi

Seperti dilansir dari laman situs Health Detik, kandungan flavonoid di dalam daun ivy termasuk tinggi sehingga alergi sekalipun bisa diredakan secara alami. Batuk dan bahkan gangguan pernapasan yang menjadi bagian reaksi alergi serta juga keluhan reaksi alergi lainnya dapat dihilangkan dengan daun ini.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Lagi-lagi berkat kandungan flavonoid tinggi di dalam daun ivy, daun ini juga dapat Anda andalkan sebagai pelancar peredaran darah. Apabila Anda ingin mencari cara melancarkan peredaran darah yang alami dan aman, penggunaan daun ini jelas lebih dianjurkan ketimbang menggunakan obat-obatan kimia yang berefek samping berbahaya.

  1. Meredakan Nyeri Operasi atau Luka

Nyeri luka apapun yang terjadi pada bagian tubuh Anda, baik itu luka karena goresan maupun luka operasi dapat juga diredakan dengan menggunakan daun ivy. Caranya pun cukup mudah, yakni ekstraknya bisa langsung dioles pada area luka yang Anda ingin obati secara rutin.

  1. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada daun ivy cukup tinggi sehingga untuk Anda yang ingin menurunkan risiko berbagai efek dan masalah kesehatan dari radikal bebas, daun ini sangat berguna. Bahkan daun ivy terbukti ampuh juga dalam menjadi pencegah apoptosis dan mutasi dalam tubuh.

  1. Mengobati Radang Sendi

Masalah radang sendi, rematik dan bahkan encok yang mengganggu pergerakan tubuh dalam melakukan aktivitas harian pun dapat diatasi dengan menggunakan daun ivy. Ekstraknya tak hanya berkhasiat membantu pemulihan luka terbuka, tapi juga baik untuk meredakan nyeri akibat radang sendi.

  1. Mendetoks Tubuh

Daun ivy yang direbus atau dikonsumsi secara berkala dapat diandalkan sebagai pelepas racun dari dalam tubuh. Itulah kenapa daun ivy sangat terpercaya dalam menjadi bahan pendetoks tubuh. Dengan begitu, darah akan kembali murni juga yang artinya kesehatan tubuh dapat meningkat karena tubuh terdetoks secara teratur.

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Berbagai masalah dan gangguan kulit seperti halnya jerawat, eksim, hingga penyakit psoriasis dan lainnya dapat Anda atasi pula menggunakan daun ivy karena kandungan saponinnya yang tinggi. Tak hanya itu, masalah infeksi luka bakar di kulit sekalipun rasa sakitnya akan berkurang dan hilang berkat kandungan antibakterinya.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika usus mengalami gangguan pencernaan karena bakteri, parasit, cacing atau mikroorganisme lainnya, maka daun ivy dapat Anda andalkan sebagai solusi. Kandungan zat antibakteri, antiparasit dan anthelmintik siap untuk mengatasi berbagai mikroorganisme yang menyebabkan usus Anda mengalami masalah.

  1. Mengatasi PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis)

Selain masalah bronkitis, PPOK atau penyakit paru obstruktir kronik sekalipun dapat diatasi menggunakan daun ivy karena kandungan ekspektorannya. Jadi, jangan khawatir lagi akan keluhan-keluhan seperti infeksi saluran pernapasan, asma, sesak nafas, dan bahkan pembengkakan.

  1. Mencegah Kanker

Aktivitas antioksidan di dalam daun ivy juga menjadi salah satu yang diunggulkan karena berkhasiat tinggi dalam menjadi pencegah perkembangan kanker di dalam tubuh. Ketika radikal bebas dilawan dan bahkan mutasi hingga apoptosis juga dicegah, itu artinya risiko kanker pun dapat diminimalisir.

Itulah daftar khasiat daun ivy bagi kesehatan tubuh yang perlu kita kenali. Meski berkhasiat cukup tinggi dalam menangani berbagai gangguan kesehatan, ada sejumlah efek samping yang dapat terjadi pada beberapa orang, seperti dermatitis dan iritasi serius di bagian saluran cerna maupun kulit yang perlu diwaspadai.