Home Featured 6 Manfaat Pilates untuk Remaja Wajib Ketahui

6 Manfaat Pilates untuk Remaja Wajib Ketahui

by Erlita

Pilates dikenal sebagai olahraga versi modern Yoga sehingga kalau kita melihat pasti kurang lebih gerakannya hampir sama. Pilates adalah suatu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Bahkan diketahui pula latihan fisik ini dapat merehabilitasi tubuh, namun selain bermanfaat bagi orang dewasa, apa saja sih manfaat pilates untuk remaja?

  1. Menambah Tinggi Badan

Masa remaja adalah masa pertumbuhan yang masih berjalan dan bahkan sedang pesat-pesatnya, hanya saja tak semua remaja mengalami pertumbuhan yang sama cepatnya. Jika ingin lebih maksimal, perkembangan tinggi badan bisa coba ditingkatkan tak hanya dengan olahraga renang lho. Pilates pun bisa menjadi pilihan olahraga peninggi badan.

Pilates adalah bentuk latihan fisik yang bakal menarik punggung supaya lebih panjang dan tinggi. Namun para remaja, dianjurkan lebih lagi untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan bernutrisi tinggi untuk mengimbangi latihan fisik yang dilakukan ya. Dengan begitu, tinggi badan dapat meningkat secara alami dengan kedua usaha ini ditambah pola tidur yang baik.

  1. Membantu Postur Tubuh Lebih Baik

Remaja pun dapat memiliki postur tubuh yang kurang baik dan pilates adalah latihan fisik paling tepat untuk dilakukan secara dini demi memperbaiki postur tubuh tersebut. Rasa nyeri, pegal dan sakit pada tulang adalah tanda seorang remaja punya masalah dengan postur tubuhnya. Dengan latihan pilates yang meregangkan otot-otot, khususnya pada tulang punggung bisa membantu perbaikan postur.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Bagi para remaja yang ingin tahu bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami, pilates adalah salah satu yang layak dicoba untuk dilakukan rutin karena pilates mampu membuat kita mengeluarkan keringat sekaligus membakar kalori. Ini karena pilates sangat bisa diandalkan dalam menambah kecepatan metabolisme tubuh sehingga penurunan berat badan bisa terjadi maksimal.

  1. Memperkuat Tulang dan Otot

Karena pilates juga berkonsentrasi lebih kepada penggunaan dan kekuatan otot perut, melatihnya rutin akan membuat keseimbangan tubuh meningkat. Tak hanya otot perut saja yang jauh lebih kuat, otot tubuh lainnya beserta tulang kita akan lebih kuat juga.

  1. Menambah Rasa Percaya Diri

Dengan segudang manfaat nyata pilates dalam menurunkan berat badan, meningkatkan tinggi badan, mengencangkan dan menguatkan otot, hingga memperbaiki postur tubuh, para remaja yang latihan teratur pun akan lebih merasa percaya diri. Entah itu masalah berat badan kurang atau berlebih, remaja yang melakukan pilates bisa lebih nyaman dengan penampilannya lho.

  1. Meningkatkan Fokus

Pilates adalah latihan fisik yang juga melatih konsentrasi serta fokus yang tinggi. Dengan melakukan pilates teratur, para remaja dapat belajar lebih fokus, mengendalikan pikiran sehingga daya konsentrasi lebih baik khususnya ketika harus belajar.

Begitu banyak bukan manfaat pilates untuk remaja? Tak hanya orang dewasa kok yang bisa mencoba dan rutin melakukannya, sebab pilates pun aman bagi para remaja yang khususnya ingin hidup lebih sehat serta merasa lebih percaya diri dengan tubuhnya.

You may also like