Lari Siang Hari Membakar Lemak, Benar atau Tidak? Ini Bahaya dan Tipsnya

741

Apakah Anda salah satu dari sebagian orang yang mengira bahwa lari siang hari membakar lemak paling efektif? Hanya karena matahari di siang hari sedang terik-teriknya dan membantu kita berkeringat jauh lebih banyak saat berolahraga lari, sebenarnya bukan lantas berarti aktivitas lari pada siang hari itu sehat dan mampu secara ampuh membakar lemak.

Benarkah Lari Siang Hari Bisa Membakar Lemak?

Olahraga lari yang paling baik sebenarnya perlu dilakukan setiap pagi hari di mana matahari sudah terbit. Atau jika ingin melakukan lari di waktu yang tepat lainnya, sore hari dan malam hari adalah yang terbaik. Kalaupun ingin melakukannya di malam hari, maka sebaiknya di atas jam 8 malam paling dianjurkan.

Namun, bagaimana ketika berlari di siang hari? Apakah bisa menurunkan berat badan karena lari di siang hari efektif membakar lemak juga? Asalkan berlari dengan tepat, baik dan benar di siang hari, maka sebenarnya pun akan memberikan manfaat bagi tubuh.

Tidak salah juga walau Anda ingin melakukan olahraga lari di siang hari karena pada banyak kasus pun, lari siang hari bisa menurunkan berat badan yang artinya proses pembakaran lemak terjadi dengan baik. Jika lari siang hari bisa dilakukan setiap hari secara rutin, seminggu pun Anda berpotensi berhasil menurunkan 2 kg berat badan di mana cara membakar lemak satu ini dianggap sukses.

Bahaya Olahraga Lari Siang hari

Walau berpotensi membakar lemak secara efektif ketika berolahraga lari di siang hari, sejumlah bahaya pun dapat mengancam. Siang hari adalah waktu di mana suhu sedang tinggi-tingginya karena matahari tengah terik-teriknya. Melakukan olahraga pada waktu siang seperti olahraga lari rupanya mampu berpengaruh cukup besar pada sel-sel otot.

Di dalam setiap tubuh manusia terdapat generator energi di sel yang disebut dengan istilah mitokondria. Ketika fungsi mitokondria ini terganggu oleh suhu tinggi, maka perannya sebagai respirator sel tubuh makhluk hidup menjadi kurang maksimal. Hal ini kemudian mampu menjadi penyebab penuaan, diabetes, obesitas dan kondisi medis lainnya.

Bahkan olahraga lari di siang hari memiliki risiko menimbulkan sejumlah kondisi tubuh seperti misalnya:

  • Kelelahan ekstrem
  • Heat stroke atau serangan suhu panas.
  • Dehidrasi
  • Penglihatan buram
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Kram otot
  • Jantung berdebar-debar
  • Tekanan darah rendah
  • Pingsan

Kondisi-kondisi tersebut berisiko tinggi terjadi apabila Anda sebelumnya sudah ada penyakit atau gangguan kesehatan tertentu atau bahkan tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Selain itu, hati-hati dengan olahraga lari pada siang hari karena kulit Andalah yang akan terkena risiko bahayanya juga.

Tips Olahraga Lari Siang Hari

Bila pun lebih senang memilih untuk melakukan olahraga pembakaran lemak di siang hari, seperti berlari, pastikan untuk berlari dengan baik dan benar seperti misalnya mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Mencukupi lebih dulu asupan cairan tubuh dengan tetap membiarkan tubuh terhidrasi.
  • Membawa botol air minum saat berlari siang hari karena ketika tubuh berhasil mengeluarkan banyak keringat Anda akan haus dan memerlukan asupan cairan tambahan.
  • Beristirahat saat sudah merasa begitu lelah dan tidak perlu memaksakan diri untuk terus berlari atau kelelahan ekstrem dapat terjadi.

Meski lari siang hari membakar lemak dengan cukup baik, tetap saja berolahraga di pagi hari jauh lebih baik sebab tubuh biasanya bakal memanfaatkan cadangan lemak menjadi tenaga saat lari pagi hari. Selain pembakaran lemak dan kalori yang lebih maksimal ketika lari pagi hari, olahraga sebelum sarapan juga memperbesar potensi berat badan tidak mudah naik. Perhatikan pula waktu lari yang tepat untuk membakar lemak secara optimal.