10 Bahaya Fat Burner Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya fat burner merupakan reaksi negatif yang terjadi dalam tubuh akibat penggunaan yang tidak tepat. Bahaya fat burner dapat menyerang pria dan wanita pada usia antara 20 sampai 40 tahunan. Efek buruk fat burner tidak banyak orang tahu karena hal tersebut disebabkan karena makanan jenis ini terbukti kaya manfaat dan mampu mempertahankan kesehatan tubuh agar bentuk dan berat badan tetap dalam kondisi ideal. Sudah banyak orang yang memakai makanan jenis fat burner yang mendapat keberhasilan dalam mempertahankan berat badannya serta bentuk tubuh yang di inginkan (bentuk tubuh yang ideal) termasuk pada orang orang yang menyukai aerobik,Yoga dan fitness. Bentuk tubuh ideal ternyata sebenarnya bukan hanya diperoleh dari kedisiplinan seseorang dalam melakukan olahraga saja namun di imbangi oleh suplemen yang memiliki nutrisi tinggi dan kemampuan dalam membakar lemak dengan maksimal yaitu makanan dalam jenis fat burner.

Kandungan nutrisi yang ada pada fat burner adalah:

  1. Caffeine dengan kadar yang cukup tinggi berkisar 22 persen
  2. Guarana seed extract
  3. Vitamihn B5 atau panthotenic acid
  4. Citrimax, ginger root, bioperine
  5. zytrix, L-carnitine, L- tyrosine, bladderwrack
  6.  Cayenne, siberian gingseng, picolinate
  7. Chromium, Mahuang, akar bahar dan sebagainya

Namun dibalik manfaat dari fat burner ternyata terdapat bahaya yang mengintai kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara tidak tepat, Misalnya mengkonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh para ahli gizi. Beberapa efek samping yang mengganggu kesehatan dapat berupa terserang kesulitan tidur, Terserang penyakit jantung, Mudah mengalami stress, Meningkatkan tekanan darah dan lain lain.

Apakah fat burner adalah obat pelangsing?

Suplemen fat burner bukan obat pelangsing karena diformulasikan untuk pembakaran lemak didalam tubuh ketika tubuh dalam kondisi bergerak (olaharaga atau beraktifitas yang membutuhkan gerak) dimana nutrisi yang ada pada suplemen fat burner akan membantu tubuh untuk mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.  Efek samping obat pelangsing relatif tidak ada pada Suplemen fat burner yang sudah terbukti aman ketika dikonsumsi dengan takaran yang moderat (wajar).

Mengapa fat burner menpunyai sebutan sebagai suplemen fitness?

Fat burner memiliki kemampuan dasar dalam menghancurkan lemak dalam tubuh dengan cepat dan maksimal ketika seseorang sedang melakukan aktifitas gerak, Terutama ketika sedang melakukan 0lahraga. Namun karena suplemen fat burner mempunyai sifat yang menghancurkan lemak, Maka tak berlebihan jika disebut sebagai salah satu suplemen penyebab tubuh menjadi langsing. Maka ada beberapa poin dari kinerja fat burner dalam mengatasi kelebihan berat badan, Diantaranya:

  1. Mampu mempercepat penghancuran lemak ketika seseorang sedang terlibat dengan aktifitas yang membutuhkan gerakan seperti berjalan, Berlari, Turun naik tangga, Mengangkat barang dan lain lain.
  2. Mampu menghancurkan kalori berlebih dalaam tubuh yang nantinya akan diubah menjadi energi estra agar tubuh senantiasa terhindar dari kelelahan dan tetap berstamina sampai seharian.
  3. Dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh selalu dalam kondisi yang prima dan organ tubuh dalam keadaan normal
  4. Mampu mengendalikan lemak didalam tubuh untuk diubah menjadi energ, Yaitu ketika seseoarng selesai makan dan setelah itu kembali beraktifitas seperti biasa makan suplemen burner dapat mengikat lemak dalam tubuh agar mudah dihancurkan dan diubah menjadi energi agar tubuh tidak mudah lelah dan ataupun terserang dehidrasi.

Mengingat banyak manfaatnya tersebut maka siplemen fat burner juga cocok dikonsumsi oleh orang orang yang sedang sibuk dengan rutinitas sehari hari termasuk para pekerja lepas, Pekerja kantoran ataupun para mahasiswa.

Apakah suplemen fat burner yang bernutrisi tinggi tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh? 

Perlu di ingat bahwa jika fat burner dikonsumsi secara berlebihan dan jangka panjang tanpa mengindahkan aturan yang berlaku, maka manfaat dari fat burner akan berbalik pada tubuh anda menjadi racun. Berikut ini bahaya fat burner yang menjadi ancaman yang memicu munculnya keluhan kesehatan.

1. Mengakibatkan Insomnia

Kadar caffeine yang ada pada suplemen fat burner dapat menyebabkan seseorang kesulitan tidur atau terserang insomnia. Namun jika dikonsumsi pada saat akan melakuakn olahraga pada pagi atau sore hari (ftness) maka efek sulit tidur akan mudah dikendalikan. berhubung banyak orang yang melakuakn fines atau aktifiats olahraga lain pada malam hari maka pada malam hari ketika ingin beristirahat justru akan kesulitan untuk tidur. Hal ini disebabkan caffein pada fat burner masih tersisa dalam tubuh.

Baca juga : penyebab insomnia

2. Mengakibatkan penyakit jantung

Caffeine dan zat lain yang ada pada fat burner tidak cocok bagi orang orang yang mempunyai jantung lemah atau yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular karena fat burner dapat memacu denyut nadi dan denyut jantung makin cepat dan menimbulkan jantung menjadi berdebar debar. Pastikan anda tidak memiliki penyakit jantung jika ingin mengkonsumsi fat burner.

Baca juga : penyebab penyakit jantung

3. Mengakibatkan mudah stres

Mengkonsumsi suplemen fat burner yang berlebihan atau tanpa aturan yang berlaku maka akan meningkatkan kegelisahan dan perasaan panik terhadap hal hal kecil yang sebenarnya mampu diselesaikan dengan santai. Nutrisi fat burner dapat mengganggu jaringan otak dan mampu menambah ketegangan pada otot sekitar kepala dan menyempitkan pembuluh darah daerah kepala yang menjadi pemicu stres muncul.

Baca juga : penyebab stres

4. Mengakibatkan darah tinggi

Suplemen fat burner yang dikonsumsi dengan berlebihan dan jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan dipembuluh darah yang dapat mengganggu kestabilan tekanan darah karena jumlah oksigen yang masuk semakin berkurang.

Baca juga : penyebab darah tinggi

5. Mengakibatkan serangan jantung

Suplemen fat burner dapat menyebabkan penyempitan disekitar pembuluh arteri jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung mendadak  pada orang orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit jantung.

6. Mengganggu konsentrasi

Kelebihan mengkonsumsi suplemen fat burner mampu mengganggu cara berfikir seseorang sehingga lebih cemas dan cenderung linglung. seseorang tidak dapat berkonsentrasi dengaan baik dengan apa yang akan dilakukannya, Hal ini dikarenakan saraf saraf sekitar kepala telah dikendalikan oleh caffeine yang masih mengendap dalam tubuh akibat seseorang yanag mengkonsumsi secara berlebihan namun tidak di imbangi dengan olahraga yang teratur.

Baca juga : cara meningkatakan konsentrasi

7. Mengakibatkan sakit kepala

Semua zat yang ada pada fat burner dapat terakumulasi sebagai racun yang mengagnggu saraf otak atau saraf bagian kepala yang menyebabkan sakit kepala muncul secara berkesinambungan. Kondisi dapat terjadi ketika seseorang mengkonsumsi suplemen fat burner tetapi dirinya justru hanya menghabiskan waktunya dengan duduk atau tidur saja  tanpa ada pergerakan apapun. Sedangkan fat burner dirancang untuk pembakaran lemak dalam tubuh yang mengandalkan tubuh harus aktif bergerak. Kondisi ini jika di diamkan saja akan memicu munculnya mual mual dan muntah.

Baca juga : penyebab sakit kepala

8. Mengakibatkan demam

Pada sebagian orang yang mengkonsumsi far burner secara berlebihan pada saat tubuh dalam keadaa todak fit maka akan menyebabkan tubuh terserang ketidakstabilan hormon dan metabolisme tubuh, Saat itulah tubuh akan terserang demam hingga mengeluarkan keringat berlebih sebagai efek dari suplemen yang sedang bekerja untuk mengendalikan energi daalam tubuh.

9. Mengakibatkan Dehidrasi

Kadar caffeine yang tinggi pada fat burner bagi beberapa orang dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, Karena fat burner memacu tubuh untuk mempercepat penghancuran lemak yang kemudian diubah menjadi energi sehingga tanpa sadar tubuh akan kekurangan cairan. Disarankan untuk rajin minum air putih disela sela aolahraga andav , Karena air putih bisa mendiukung keberhasilan diet seseorang, Sebenarnya ada cara diet air putih yang benar yang bisa dilakukan untuk menunjang kinerja dari suplemen fat burner.

10. Tidak mampu mengendalikan emosi

Suplemen fat burner buka hanya dapat meningkatkan kecemasan dan stres namun bisa mengendalikan emosi seseorang jika mengkonsumsinya secara berlebihan dan tidak sesuai dengan energi yang harus dikeluarkan. Seseorang akan mudah tersinggung, Mudah marah dan tubuhnya mudah merasakan kelelahan. Disarankan mengkonsumsi fat burner secara wajar dan pada saat sedang melakukan aktifitas yang membutuhkan gerak.

Alternatif Pelangsing Tubuh

Sebenarnya air yang dimiliki efek fat burner secara alami ada disekitar kita. Jika dikonsumsi tanpa memberi tambahan gula maka efek sehatnya dapat membantu tubuh mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

1. Air mineral

Air putih mampu menetralkan lemak, kolesterol dan minyak berlebih dalam tubuh dan membantu tubuh mempercepat pembakaran lemak.

2. Teh hijau

Teh hijau mempunyai zat yang dapat membantu tubuh mempercepat proses pembakaran lemak dan mempertahankan bobot tubub yag telah berhasil dicapai

3. Kopi pahit

Mengkonsumsi kopi tanpam gula mampou membantun enzim pencernaan untuk mempercepat proses pemabakaran lemak terutama pada sekitar perut dan lengan. Selain itu caffeine kopi mampu meningkatakan rasa tenang pada jaringan otak.

4. Jus apel+air lemon

Nutrisi pada apel yang digabung denga air klemon dapat bertindak sebagaia antioksidan kuat dan aktif dalam membantu tubuh untuk membakar lemak berlebih.

5. Jeruk bali

Nutrisi termasuk vitamin C yang tinggi pada Jeruk bali mempunyai kemampuan untuk melangsingkan tubuh dan membantu tubuh lebih mudah menyerap nutrisi dan mempercepat penghancuran lemak dalam tubuh yang sedang terserang obesitas. Sebenarnya masih banyak makanan yang mempunyai efek sebagai fat burner yaitu jenis makanan yang cepat membakar lemak, misalnya buah sirsak, buah jeruk mandarin, yogurt dan lain lain.

Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen fat burner?

  1. Penderita hipertensi
  2. Penderita jantung (yang berhubungan penyakit kardiovaskular)
  3. Penderita bipolar (ketidakstabilan mental)
  4. Ibu hamil muda
  5. Seseorang yang malas berolahraga

Suplemen fat burner pada dasarnya cocok untuk semua jenis kelamin dan orang orang yang telah mencapai usia minimal 18 tahun dan lebih baik digunakan ketika tubuh sedang melakukan pergerakan misalnya sedang berolahraga, Pada saat itulah manfaat dari fat burner akan dapat dirasakan secara maksimal. Pembakaran lemak akan cepat terasa yaitu dalam satu minggu saja tubuh sudah kehilangan b0bot tubuh tanpa kehilangan stamina dan kekuatannya dalam beraktivitas.