Home Featured Waspada! 5 Minuman Ini Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Waspada! 5 Minuman Ini Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

by Putri Yohani Masnun

Tahukah Anda bahwa tidak semua minuman baik untuk dikonsumsi? Ya, beberapa jenis minuman ternyata tidak baik untuk tubuh kita, salah satunya dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan pada ginjal. Ginjal yang merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berperan untuk menyaring urin dan sisa metabolisme, sangat rentan terserang penyakit. Bukan hanya akibat serangan bakteri, namun juga dari zat berbahaya berbagai jenis minuman seperti berikut ini.

1. Minuman Soda

Minuman soda memang tidak memberikan manfaat apapun selain kesegaran yang bersifat sementara. Sedangkan dampak negatif yang timbul akibat mengkonsumsi minuman tersebut justru lebih besar. Kandungan karbonat pada soda dapat memberatkan kerja ginjal, sehingga dapat memicu terjadinya gagal ginjal. Ditambah lagi, minuman tersebut juga dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes  hingga hipertensi.

2. Alkohol

Semua orang tahu kalau alkohol tidak baik bagi kesehatan, namun masih banyak orang yang mengabaikan dampaknya dan tetap mengkonsumsi alkohol karena efek memabukkannya. Padahal, alkohol dapat membahayakan kesehatan dan merusak organ tubuh seperti ginjal. Alkohol termasuk minuman yang sulit bereaksi dalam proses metabolisme, sehingga ini akan menyulitkan ginjal untuk mengeluarkannya dalam bentuk urin. Jika ginjal terus dipaksa untuk bekerja terlalu keras maka akan terjadi gagal ginjal yang membahayakan nyawa.

3. Kopi

Kopi sebenarnya aman dikonsumsi jika masih dalam batas wajar dan hanya sesekali. Namun jika diminum setiap hari hingga beberapa dalam sehari, ini bukanlah kebiasaan yang baik karena akan berdampak pada kesehatan ginjal. Selain karena kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi juga termasuk minuman yang sulit disaring dalam organ ginjal sehingga dapat mengganggu fungsi ginjal. Dalam waktu yang lama kondisi tersebut akan menyebabkan ginjal mengalami kerusakan.

4. Minuman Kaleng

Minuman dalam kaleng ataupun kemasan botol plastik yang berasa dan berwarna tidak baik dikonsumsi apalagi jika setiap hari. Ada banyak zat di dalamnya yang ternyata dapat membahayakan kesehatan ginjal. Mulai dari pengawet, pewarna sintetis, hingga kandungan gula yang tinggi sehingga dapat mengganggu fungsi ginjal. Minuman ini dapat menghancurkan ginjalmu dalam waktu singkat jika sering dikonsumsi.

5. Sirup atau Minuman Berwarna

Sekarang ini banyak sekali penjual pinggir jalan yang menjajakan dagangannya berupa minuman instan seperti kopi instan, teh instan, hingga minuman rasa buah dengan warna yang begitu pekat. Minuman tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama terhadap fungsi ginjal. Begitu pula dengan sirup yang tinggi kandungan gula dan pewarna yang sangat kuat. Zat pewarna, pengawet dan gula dalam minuman tersebut dapat membuat ginjal kelelahan dan beresiko mengalami gagal ginjal.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau minuman di atas sangat berbahaya jika dikonsumsi, karena dapat membuat ginjal harus bekerja keras dan rentan mengalami gangguan kesehatan. Sebaiknya, untuk asupan cairan tubuh harianmu, minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan dan hindari minuman yang banyak mengandung zat kimia.

You may also like