Jogging Pagi Bikin Gemuk, Benarkah? Ini Tips Jogging Agar Tidak Gemuk

946

Rumor tentang jogging pagi yang bikin gemuk, benar atau tidaknya masih menjadi tanda tanya besar. Banyak yang melakukan jogging di pagi hari karena hanya mencari kesehatan saja, dan sebagian justru ingin menurunkan berat badan. Jadi, apakah lari pagi bisa membuat badan lebih gemuk atau tidak? Bagaimana cara melakukan jogging yang benar agar tubuh senantiasa terjaga ideal tanpa menambah ukuran bobot?

Benarkah Jogging Pagi Membuat Gemuk?

Sebenarnya jogging pagi itu justru yang paling dianjurkan daripada melakukannya siang, sore atau malam karena pembakaran lemak justru lebih maksimal ketika tubuh belum terisi apapun di pagi hari. Hal ini kembali pada cara masing-masing orang dan bagaimana pola makan mereka juga. Sehingga hasil dari jogging pagi dipengaruhi oleh bagaimana anda menyeimbangkannya serta seperti apa tujuan utama anda.

Jogging pagi memang sehat, melatih nafas dan jantung. Namun disisi lain sebenarnya jogging akan memperbesar otot anda, khususnya bagian betis sampai ke paha. Tetapi jangan salah berfikir, jika banyak yang mengatakan bahwa jogging pagi bikin gemuk benar atau salah sebenarnya masih belum tentu benar. Karena dalam melakukan olahraga apa saja, ketika tubuh mengeluarkan keringat maka sudah ada kalori yang dibakar, entah sedikit atau banyak.

Hanya saja yang membuat seseorang terlihat lebih gemuk adalah pengaruh dari otot yang semakin besar dan kencang. Ada pula yang meyakini bahwa melakukan lari di siang hari, kalori yang dibakar semakin banyak sehingga antara otot yang semakin kencang dengan kalori yang dibakar perbandingannya lebih besar pembakaran kalori. Sehingga banyak mereka yang melakukan lari di siang hari secara teratur lebih menurun dibandingkan jogging di pagi hari dan Anda bisa mempertimbangkannya.

Tips Jogging Pagi Hari Agar Tidak Gemuk

Identiknya, jogging pagi sebenarnya untuk menyehatkan dan melatih jantung seperti yang di jelaskan di atas. Semua ada tips dan teknik tersendiri untuk cara menurunkan berat badan dengan jogging pagi. Berikut ini ada beberapa langkah jogging pagi yang benar untuk menurunkan berat badan:

1. Menggunakan Sepatu Lari

Untuk melakukan jogging yang baik di pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang sesuai. Tepatnya adalah dengan memilih sepatu khusus lari, karena kebanyakan dari orang yang melakukan jogging pagi sembarangan dalam memilih sepatu. Sepatu olahraga khusus lari selain nyaman juga memudahkan anda dalam beraktifitas.

Nantinya anda juga akan di topang dengan sponge yang cukup elastis serta mencegah cedera kaki. Akan tetapi sebagian kalangan ada yang takut akan bau kaki ketika menggunakan sepatu dalam aktivitas berat seperti lari ini. Namun jangan khawatir, jika memang itu alasan Anda maka terapkan cara mengatasi bau kaki karena sepatu berikut.

2. Memilih Pakaian

Selain pertimbangan penggunaan sepatu saat berlari, anda juga harus tepat dalam memilih outfit. Baju yang anda kenakan untuk jogging juga menentukan kenyamanan anda nantinya. Untuk membuat anda merasa nyaman sebaiknya gunakan baju yang mudah menyerap keringat dengan baik. Jangan menggunakan outfit yang justru membuat anda merasa gerah sehingga menimbulkan rasa trauma lantaran tubuh Anda mengalami keringat berlebihan sehingga malas untuk melakukan jogging pagi lagi.

3. Menapakkan Kaki

Posisi berlari ringan dan yang membuat anda tidak mudah lelah adalah setengah berjinjit. Jadi, tidak semua telapak kaki dihentakkan karena akan membuat anda mudah merasa lelah dan rasa tidak ingin melanjutkan berlari pasti ada. Sehingga untuk menghindari itu semua, lakukan gerakan lari dengan tepat yakni setengah berjinjit.

4. Mengatur Nafas dengan Benar

Atur nafas anda dengan benar ketika sedang melakukan jogging pagi. Pengaturan nafas dalam olahraga jogging sangatlah penting. Karena selain teknik berlari yang benar, atur pernafasan juga menentukan anda mudah lelah atau tidak. Buatlah hitungan 1 – 8, lalu dalam hitungan 1 – 3 tarik nafas dan di hitungan ke 4 hembuskan. Kalau Anda merasa nafas ketika berlari sangat pendek, coba terapkan cara agar nafas panjang saat berlari ini sehingga tubuh akan lebih betah untuk berlari lebih lama.

5. Memiliki Postur yang Benar

Postur jogging yang benar akan meningkatkan efektivitas dari olahraga ini. Caranya adalah dengan menjaga pandangan tetap lurus ke arah depan sementara bagian bahu dibuat serileks mungkin dan tangan posisinya ada di sisi pinggang supaya mencegah rasa pegal di pundak dan leher. Bahkan perlu juga menghindari ujung kaki lebih dulu yang menapak karena mempercepat rasa lelah datang.

6. Lakukan Durasi 45 Menit

Jogging pagi yang baik untuk membakar kalori lebih efektif yakni selama durasi 45 menit. Biasanya seseorang melakukan jogging hanya 10 – 15 menit saja, sebaiknya tambah waktu lagi. Dengan begitu, pembakaran kalori juga lebih optimal dan efektif.

7. Sarapan dengan Menu Sehat

Sarapan setelah jogging pagi hari juga sebaiknya tidak sembarangan. Walau setelah olahraga perut terasa lapar sekali, tetaplah pilih konsumsi makanan sehat seperti jus, buah, dan sayur agar tidak membuat badan gemuk. Biasakan mengonsumsi sumber-sumber makanan tersebut agar lebih cepat juga menurunkan berat badan.

Jogging pagi bikin gemuk memang tidak sepenuhnya benar, karena semua tujuan serta teknik tergantung pada diri anda sendiri bagaimana melakukannya. Dengan beberapa tips di atas, semoga bisa membantu anda yang melakukan jogging pagi agar bisa membakar kalori dengan efektif dan menurunkan berat badan mencapai angka idealnya. Akan tetapi jika Anda ingin membakar kalori lebih banyak lagi, coba terapkan olahraga yang membakar kalori super banyak sehingga tubuh Anda akan lebih ideal dan sehat.