Home Featured Takut Berat Badan Naik Saat Weekend? Intip 5 Tips Menghindarinya

Takut Berat Badan Naik Saat Weekend? Intip 5 Tips Menghindarinya

by Erlita

Akhir pekan alias weekend selalu jadi alasan untuk bisa bersantai sambil ngemil atau makan makanan apapun yang disuka untuk melepas stres. Beberapa orang akan memanfaatkan waktu weekend untuk memuaskan diri yang biasanya bakal disesali karena ujung-ujungnya berat badan telanjur naik. Jadi, ada tidak ya cara menghindari kenaikan berat badan saat weekend?

  1. Menyetok Makanan Enak dan Sehat

Pastikan untuk menyetok makanan-makanan serta minuman yang enak tapi dijamin sehat di lemari penyimpan makanan maupun di kulkas. Buah segar apa saja yang menjadi favorit bisa dibeli sebelum akhir pekan tiba, atau juga popcorn tapi jelas dengan rasa dan kandungan kalori rendah.

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Jika akhir pekan adalah waktunya berbelanja kebutuhan sehari-hari, pastikan dari rumah sudah mengisi perut. Atau kalau memang lapar, hindari menuju bagian supermarket karena di sanalah kita akan mudah tergoda untuk mengambil banyak camilan kemasan yang kurang sehat dan memasukkannya ke troli.

Sebelum pergi ke supermarket untuk berbelanja, catatlah dulu apa yang menjadi kebutuhan dan belilah sesuai catatan tersebut. Pengendalian diri adalah yang paling penting untuk bisa melakukan hal ini, jadi kalau tak ingin tergoda dengan segudang snack menggiurkan tapi bisa bikin naik berat badan, makan dulu saja sebelum pergi belanja.

  1. Tidak Melewatkan Jam Makan

Memanjakan diri di rumah saat weekend sah-sah saja, tapi jangan kemudian melewatkan jam makan. Tetaplah sarapan, makan siang dan makan malam seperti biasa. Hindari untuk melewatkan jam makan pagi dan siang dengan tujuan agar malamnya bisa makan lebih banyak dan makan sesuka hati.

Jika demikian, yang kasihan justru adalah metabolisme tubuh yang bisa jadi kacau karena pola makan tak teratur. Bahkan hal ini bisa berdampak buruk bagi kadar gula darah. Selain itu faktanya, dengan sengaja melewatkan waktu makan malah hanya akan memperbesar keinginan untuk makan berlebihan. Inilah pemicu kenaikan berat badan yang seharusnya bisa dicegah.

  1. Menjaga Fisik dan Otak Tetap Sibuk

Ketika kita tak menjaga tetap sibuk di akhir pekan, rasa bosan cenderung cepat menghampiri dan sebagai efeknya, rasa ingin makan pun timbul. Mungkin tubuh terasa lelah dan rasanya pun tak ingin berolahraga, maka cobalah untuk tetap membuat otak sibuk dengan berbagai kegiatan positif.

Membaca novel, menulis jurnal, bermain puzzle atau lego, serta bermain game di ponsel atau komputer adalah contoh kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan sambil bersantai di rumah yang akan mengalihkan kita dari rasa ingin ngemil. Bahkan melakukan relaksasi dengan meditasi juga baik karena kita bisa meningkatkan konsentrasi, sebagai terapi menghilangkan stres, sekaligus mengurangi nafsu makan.

  1. Membatasi atau Menghindari Konsumsi Alkohol

Bagi yang senang menghabiskan weekend dengan minuman beralkohol sebagai teman baik, hati-hati karena minuman beralkohol pun tak lepas dari kandungan kalori tinggi. Dalam segelas anggur saja diketahui ada sekitar 125 kalori terkandung di dalamnya, maka memang lebih baik dan aman kalau mengonsumsinya sedikit lemon.

Itulah beberapa tips bagaimana menghabiskan waktu weekend tanpa memberi efek kenaikan berat badan. Namun, jika memang acara weekend begitu padat bersama teman-teman atau keluarga, bahkan meliputi makan-makan dan bahkan ber-cocktail ria sehingga mengasup kalori terlalu banyak, bagaimana? Hari Senin adalah waktunya untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat agar tubuh tidak tersiksa.

You may also like