Sup Kubis Untuk Diet Aman Tidak? Ini Penjelasan dan Tips Melakukannya

699

Pernahkah Anda dengar tentang sup kubis atau kol yang dapat menurunkan berat badan? Sup kubis untuk diet memang cukup jarang terdengar dan bahkan dilakukan, namun beberapa dari Anda mungkin akan tergiur setelah tahu betapa diet ini begitu menjanjikan karena kandungan lemaknya yang sangat rendah. Masalahnya, apakah sup kubis aman bagi yang ingin memraktekkan walau kubis sendiri adalah makanan sehat untuk diet?

Sup kubis aman tidak sih untuk diet?

Karena lemaknya yang terlalu rendah, banyak orang yang mungkin mengira bahwa diet dengan sup kubis justru terlalu ketat dan bahkan diet ini dianggap sebagai diet radikal. Namun jangan khawatir bagi Anda yang ingin mencobanya, sebab diet sup kubis tidaklah terlalu mengikat dan hasilnya luar biasa hebat.

Para pelaku diet sup kubis tak perlu harus terus-menerus setiap hari pagi siang dan malam mengonsumsi sup kubis; ya, diet ini tak seekstrim yang dibayangkan. Menurut situs Cabbage Soup Diet, ada aturan tersendiri untuk melakukan diet ini secara aman dalam waktu 1 minggu saja dan harus benar-benar total.

Demi hasil yang maksimal dan seperti yang diharapkan oleh pelaku diet, seminggu full adalah waktu untuk menurunkan berat badan dengan konsumsi sup kubis yang dikombinasi dengan menu lain tentunya. Berbagai testimoni dan bukti sejumlah orang sukses berdiet dengan cara ini ada pada situs tersebut dan hanya dalam seminggu 4-5 kg pun bisa diturunkan.

Namun, alangkah lebih baik bagi yang punya gangguan pencernaan pada lambung seperti penyakit maag dan asam lambung menghindari cara diet satu ini. Kubis adalah salah satu pantangan bagi penderita penyakit lambung, dan diet ini pun mungkin bakal terlalu ketat sehingga mampu memperparah kondisi lambung.

Bagaimana cara menjalankan diet dengan sup kubis?

Apabila Anda tertarik dengan cara menurunkan berat badan menggunakan sup kubis, maka aturan diet itu sendiri perlu diperhatikan. Dalam menjalani diet sup kubis, berikut ini adalah aturan dari hari pertama hingga ketujuh yang wajib diikuti dengan baik.

  • Hari Pertama – Sup kubis adalah yang utama di hari pertama dan tambahkan pula buah-buahan, apapun sesuai keinginan Anda dan dalam jumlah yang banyak. Hanya saja, dalam diet sup kubis hari pertama, buah yang tak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah pisang.
  • Hari Kedua – Sup kubis jelas menjadi menu utama juga di hari kedua diet Anda, tapi makanan tambahannyalah yang perlu diganti, bukan lagi buah. Di hari kedua, pastikan Anda siapkan sayur, baik itu mentah atau yang Anda masak dengan jumlah sebanyak yang Anda inginkan. Untuk makan malamnya, menu kentang panggang boleh ada dan boleh dikonsumsi dengan mentega.
  • Hari Ketiga – Menu utama tetap harus ada sup kubis, namun juga harus ada makanan tambahan lainnya seperti sayur dan buah (kali ini keduanya boleh Anda konsumsi). Bahkan makanan tambahan berupa sayur dan buah tersebut tidak dibatasi jumlahnya, tapi sayangnya kentang dan pisang di hari ketiga harus masuk pengecualian.
  • Hari Keempat – Sup kubis harus ada bahkan di hari keempat. Tak hanya itu, maksimal 8 buah pisang perlu Anda konsumsi dalam sehari di hari keempat ini. Lainnya, susu skim juga diperbolehkan untuk Anda konsumsi dengan takaran yang Anda ingin.
  • Hari Kelima – Lagi-lagi sup kubis, dan jangan bosan dulu ya. Sebagai makanan pendamping di hari kelima ini, Anda boleh makan daging ayam, tapi pastikan dagingnya tidak dengan kulit, berikut juga ikan atau daging sapi di mana totalnya 20 ons. Untuk buah pun kali ini diatur berbeda, sebab yang boleh dikonsumsi adalah 6 buah tomat.
  • Hari Keenam – Menu utama kali ini bukan lagi hanya sup kubis, melainkan sup kubis yang ditemani bersama daging sapi dan daging ayam tanpa kulit. Sementara itu, ikan dan sayuran jenis apapun boleh ada sesuai selera Anda sebagai tambahan menu.
  • Hari Ketujuh – Di hari terakhir diet ini, Anda perlu mengonsumsi sup kubis sekaligus nasi merah. Sebagai menu pendamping, sayuran apapun bisa Anda konsumsi sesuai selera, berikut juga jus buah tapi tanpa ditambah gula dan pemanis lainnya. Sementara menu pengecualian di hari terakhir adalah kentang.

Bagaimana cara membuat sup kubis yang benar untuk diet ini?

Setelah tahu jadwalnya, tentu bagi Anda yang tak punya ide bagaimana cara membuat sup kubis yang benar dapat memerhatikan resep di bawah ini untuk diikuti.

  • Sediakan kubis ½ potong, paprika hijau 2 iris saja, berikut bawang merah cincang 6 siung, irisan jamur 250 gram, tomat scukupnya, wortel 3 iris, seledri 1 ikat yang Anda harus cincang dulu, bubuk kari, cabai rawit, lada, garam secukupnya, kaldu sesuai selera, dan tak ketinggalan bawang merah kering 1 bungkus.
  • Bawang merah cincang harus lebih dulu dimasukkan ke panci, lalu minyak sayur bisa Anda tuang sedikit beserta paprika hijau yang selama semenit harus Anda panaskan.
  • Susul dengan memasukkan jamur, seledri, wortel hingga kubis serta cabai rawit sesuai selera berikut bubuk kari dan lada.
  • Penyedap rasa juga tak ketinggalan, yakni garam sedikit saja dan juga bawang merah kering.
  • Air 12 gelas bisa ditambahkan pada sup, lalu juga kaldu secukupnya.
  • Pastikan api kompor saat memasak pada ukuran sedang, dan sesudah sayuran melunak, Anda bisa angkat dan sajikan.

Karena tak semua orang bisa cocok melakukan diet yang sama, hal itu juga berlaku untuk diet dengan sup kubis. Jadi, sup kubis untuk diet aman tidak? Pada dasarnya tak ada efek samping yang terlalu berbahaya, namun berat badan yang turun dalam 1 minggu berpotensi besar untuk naik lagi. Jadi, tetap jaga pola makan dan juga imbangi dengan banyak olahraga supaya berat badan terjaga stabil walau sudah turun.