Mengapa Menimbang Berat Badan Setiap Pagi Penting Saat Diet?

77

Ketika Anda sedang diet maka ada beberapa kebiasaan baru yang dilakukan oleh semua pelaku diet. Beberap kebiasaan ini seperti menimbang berat badan, memeriksa makanan, berlatih dan mengatur pikiran untuk berdiet. Semua ini memang sangat efektif karena Anda harus mengawasi berat badan Anda sendiri. Menimbang berat badan menjadi kegiatan yang cukup menegangkan, apakah berat badan naik atau turun.

Lalu mengapa menimbang berat badan setiap pagi penting saat diet? Berikut ini penjelasannya.

  1. Membuat Anda Bisa Bertanggung Jawab

Setelah melakukan beberapa cara menurunkan berat badan maka Anda perlu mengendalikan diri. Salah satu caranya adalah dengan menimbang berat badan setiap pagi. Dari kegiatan rutin ini Anda akan tahu apakah berat badan turun,naik atau sudah mencapai target diet.

Kebiasaan ini menjadi tanggung jawab yang sangat baik untuk menunjang keberhasilan diet. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam penelitian yang dicantumkan pada Journal of Telemedicine dan Telecare, dimana menimbang berat badan saat diet justru membantu diet bisa terwujud.

  1. Menjaga Target Anda

Berbagai macam diet direncanakan tidak hanya untuk menurunkan berat badan tapi juga untuk menjaga kesehatan. Misalnya untuk orang yang mengalami obesitas, maka menimbang berat badan akan menjaga tubuh untuk mencapai target tertentu. Naik dan turunnya proses diet penting untuk mencapai berat badan yang direncanakan. Dengan begitu Anda tidak berani untuk melanggar aturan diet karena selalu ada risiko buruk untuk tubuh.

  1. Membantu Rencana Diet Selanjutnya

Menimbang berat badan setiap pagi juga bisa membantu rencana diet selanjutnya. Termasuk jika diet tersebut berhasil atau gagal. Hanya saja langkah ini harus dilakukan dengan bijaksana. Jangan sampai terobsesi sampai mengalami gejala anoreksia karena impian diet yang sangat kurus. Pada dasarnya timbangan berat badan Anda harus membantu langkah untuk menjaga kesehatan.

Efek Buruk Menimbang Berat Badan Setiap Pagi

Meskipun menimbang berat badan setiap hari juga bisa memberi manfaat, tapi juga bisa menyebabkan efek buruk. Berikut ini beberapa efek buruk yang perlu Anda waspadai.

  1. Menjadi Kecewa

Banyak orang yang sedang diet selalu ingin mencapai tujuan dengan cepat. Namun ketika menimbang berat badan hasilnya sangat mengejutkan. Karena itu efek dari menimbang berat badan setiap pagi justru membuat kecewa dan risiko stres yang bisa mengarah sampai kelainan seperti anoreksia. Perilaku ini juga menyebabkan efek buruk seperti kurang produktif dan marah pada diri sendiri.

  1. Perilaku Tidak Sehat

Menimbang berat badan setiap pagi juga bisa membuat Anda memiliki perilaku tidak sehat. Hal ini sering terjadi jika ternyata Anda berusaha untuk membatasi makanan tertentu. Karena Anda terobsesi dengan berat badan tertentu maka Anda justru akan kekurangan nutrisi. Kondisi inilah yang menyebabkan dampak serius dari diet yang salah. Jadi inilah pentingnya memerlukan penasehat diet.

Inilah beberapa alasan mengapa menimbang berat badan setiap pagi penting saat diet? Dari efek baik dan buruknya maka Anda bisa mengambil keputusan dengan bijaksana saat diet.