Intip 6 Cara Cegah Makan Berlebihan Saat Coba Turunkan Berat Badan

250

Intip 6 Cara Cegah Makan Berlebihan Saat Coba Turunkan Berat BadanBagi yang terbiasa makan banyak, ketika mencoba cara menurunkan berat badan maka membatasi asupan makanan akan terasa sulit setengah mati jadinya. Namun ada beberapa tips atau cara untuk mencegah makan secara berlebihan khususnya di saat memutuskan untuk diet dan turunkan berat badan.

  1. Merencanakan Pola Makanan

Supaya tidak makan berlebihan, penting agar di awal diet Anda bisa rencanakan hendak berapa kali makan, seberapa banyak dan makan apa saja. Biasanya yang paling efektif dalam turunkan berat badan justru ketika makan 5 sampai 6 kali dengan porsi kecil-kecil dibandingkan dengan normalnya makan 3 kali tapi dengan porsi besar.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Agar tidak makan berlebihan, biasanya yang paling bisa diandalkan adalah minum air putih. Ya, minum air putih lebih banyak adalah cara untuk menekan supaya tak makan berlebihan karena sudah ada efek kenyang lebih dulu yang ditawarkan dari 1-2 gelas air putih. Hal ini akan turut menjadi pencegah aktivitas ngemil sekaligus cara mencegah dehidrasi.

  1. Makan Sayuran

Penuhi tubuh dengan sayuran yang kaya akan serat jauh lebih dianjurkan karena makanan yang mengandung serat tinggi juga siap memberikan efek kenyang tahan lama pada tubuh. Ketimbang mengasup karbohidrat sederhana semacam nasi putih, pasta dan kentang, maka sayur-sayuran lebih bermanfaat.

  1. Mengunyah Makanan Perlahan

Setiap kali memasukkan makanan ke dalam mulut, kunyahlah secara perlahan. Bukan hanya supaya bisa menikmati makanan dengan lebih maksimal, cara ini baik untuk mencegah dari makan terlalu banyak atau berlebihan. Mengunyah pelan-pelan bakal memberikan efek kenyang lebih cepat sehingga menahan kita untuk makan banyak.

  1. Meletakkan Sendok atau Garpu Sebelum Menyuap Makanan Lagi

Mengunyah perlahan bukan hanya satu-satunya cara yang bisa dipraktekkan, melainkan Anda juga bisa coba letakkan lebih dulu sendok atau garpu sampai Anda selesai mengunyah dan menelan makanan, barulah kemudian ambil sendok dan suapkan makanan berikutnya. Pencernaan kita perlu waktu untuk merasakan kenyang, jadi ambil jeda untuk menaruh sendok atau apapun alat makan Anda, kunyah makanan sampai selesai dan ditelan, barulah masukkan suapan selanjutnya.

  1. Makan Hanya Saat Lapar

Ada berbagai jenis perasaan yang kerap disalahartikan sebagai rasa lapar, seperti stres, lelah, sedih, marah dan sebagainya. Banyak orang kemudian makan, makan, dan makan lagi bukan karena sedang benar-benar lapar, tapi karena nostalgia mungkin, stres dan ingin melarikan diri dari tekanan, hingga rasa bosan. Cobalah juga menghindari untuk tidak makan hanya karena makanan tersebut beraroma sedap dan tampak nikmat saja.

Di kala diet ingin kuruskan badan, cukup sulit untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Namun dengan cara-cara tersebut, kiranya bermanfaat bagi Anda dan berat badan dapat turun secara sehat dan alami.