Green Coffee Untuk Kurus, Efektifkah? Intip Penjelasan dan Tipsnya !

265

Kopi bukanlah minuman asing bukan? Rata-rata orang akan sangat membutuhkannya, apalagi bagi para pekerja dan orang-orang produktif. Banyak orang menyukai kopi, namun selain dari kopi hitam biasa, rupanya ada green coffee yang jika diminum diyakini dapat menjadi cara menurunkan berat badan. Jadi, apakah benar green coffee untuk kurus itu efektif?

Green coffee benar-benar dapat menguruskan tubuh atau tidak?

Kalau biasanya kita mengenal teh hijau, maka kini green coffee atau kopi hijau sedang populer di mana asam klorogenik terkandung di dalam biji kopi spesial ini. Asam klorogenik menawarkan sifat antioksidan cukup besar sehingga tak hanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan, tapi juga mengatasi tekanan darah tinggi.

Green coffee sendiri merupakan biji kopi yang memang berwarna hijau jika Anda menjumpainya dan warna tersebut adalah warna biji kopi sebelum disangrai atau dipanggang. Jadi, kopi hitam yang biasa Anda minum berasal dari biji kopi yang sudah melalui proses sangrai atau panggangan sehingga kandungan asam klorogenik yang seharusnya tinggi sudah berkurang.

Padahal, asam klorogenik adalah kandungan yang justru paling dibutuhkan tubuh karena memberikan berbagai khasiat bagi kesehatan seperti yang sudah dibuktikan oleh seorang ahli gizi, Jansen Ongko, MSc, RD yang dilansir dari laman situs Detik Food:

  • Menurunkan berat badan.
  • Melambatkan proses penyerapan gula dalam tubuh, khususnya pada pencernaan.
  • Mendukung peningkatan insulin.
  • Menurunkan potensi pengonsumsi green coffee untuk terkena diabetes.
  • Menurunkan risiko terbentuknya racun HIAPP.
  • Menjaga dan memberikan proteksi terhadap sel pankreas yang membentuk insulin.

Jadi, benar bahwa green coffee dapat membantu proses tips diet sehat yang Anda sedang jalani sambil juga memberikan berbagai macam manfaat kesehatan lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan merugi saat memutuskan menjadi pengonsumsi green coffee rutin.

Hanya saja, untuk hasil yang jauh lebih maksimal dan efektif, pastikan bahwa Anda mengonsumsi green coffee dengan diimbangi konsumsi air putih yang cukup dan banyak. Sebagai efek samping minum green coffee, Anda akan mengalami sering buang air kecil karena kopi hijau ini pun bersifat diuretik yang artinya juga menyehatkan bagi tubuh Anda.

Tips Konsumsi Green Coffee Supaya Kurus

Mengonsumsi apapun, baik itu minuman berupa green coffee atau kopi hitam sekalipun tetap harus dalam batas wajar supaya hasil maksimalnya bisa dirasakan oleh tubuh. Bahkan hanya mengonsumsi green coffee tanpa mengimbangi dengan asupan makanan bernutrisi lainnya maupun olahraga adalah hal yang salah dan tidak dianjurkan.

  • Minumlah green coffee tanpa tambahan gula maupun krim; sebab bila Anda menambahkan salah satu atau justru keduanya, bukan akan menghambat penurunan badan melainkan justru dapat memicu penimbunan lemak dalam tubuh.
  • Minumlah green coffee tanpa berlebihan (pastikan tidak lebih 1500 mg per hari dan hanya antara 400-500 mg dengan kandungan asam klorogenik 50% setiap kali minum), sebab konsumsi berlebih akan dapat memicu stres dan depresi.
  • Minumlah green coffee sebelum Anda memulai aktivitas olahraga.
  • Minumlah green coffee di malam hari sebagai teman menu salad yang Anda nikmati.
  • Jika ingin mengonsumsi suplemennya, pastikan Anda mengecek apakah suplemen yang Anda gunakan telah terdaftar BPOM serta memang telah terbukti ilmiah akan khasiat dan manfaatnya.
  • Minumlah green coffee dengan diimbangi pola makan seimbang serta rutin olahraga.

Untuk meminum green coffee sebagai penurun berat badan, cukup masukkan saja sesendok makan ke dalam sebuah cangkir atau gelas, tuang air panas secukupnya untuk menyeduh. Aduk sejenak dan biarkan dulu sampai asam klorogenik pada butiran kopi larut pada air. Barulah setelahnya Anda boleh meminum kopi dan Anda siap menikmatinya.

Saat hendak mengonsumsinya, pastikan bahwa Anda menyaringnya lebih dulu dan konsumsi setiap sebelum berolahraga atau setiap sehabis makan. Anda pun harus tetap mencegah dehidrasi dengan mengonsumsi air putih per harinya secara cukup karena terkadang minum kopi bisa berdampak pada kulit kering, sakit kepala dan sembelit karena dehidrasi terjadi, maka 8-12 gelas air putih jangan lupa untuk Anda konsumsi setiap hari supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

Jadi, green coffee untuk kurus apakah efektif? Ya, green coffee dapat membantu menurunkan berat badan asalkan diet yang dilakukan juga benar dan tidak terlalu ekstrem. Kelola stres dengan baik, tidur cukup, olahraga cukup, makan makanan bergizi, menghindari makanan-makanan yang bisa menimbun lemak dan rutin minum green coffee untuk bisa memperoleh hasil seperti yang diinginkan.