Begini 4 Cara Teh Hijau Bantu Turunkan Berat Badan

219

Begini 4 Cara Teh Hijau Bantu Turunkan Berat BadanTeh hijau sudah tak dipungkiri lagi manfaat besarnya bagi tubuh yang bahkan diyakini jauh lebih berkhasiat daripada teh hitam dalam membantu proses diet. Kaya kandungan antioksidan membuat teh satu ini memang menjadi minuman kesehatan yang banyak dinikmati. Namun, bagaimana cara teh hijau menolong kita yang ingin menurunkan berat badan?

  1. Menekan Nafsu Makan

Teh hijau dapat menjadi cara menurunkan berat badan yang alami dan efektif karena meminumnya bakal otomatis menolong agar nafsu makan yang biasanya besar bisa lebih ditekan. Jika Anda yang terbiasa suka mengemil dan cenderung selalu ingin ngemil walau tak lapar sekalipun, maka minumlah teh hijau.

Dengan berkurangnya nafsu makan, asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh juga akan berkurang yang artinya lebih sedikit kalori yang masuk. Bukankah diet cara menguruskan berat badan adalah tentang pengurangan asupan kalori? Jadi, meminum teh hijau akan menekan nafsu makan supaya tak gampang ngemil dan alhasil berat badan bisa turun efektif.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme tubuh yang tinggi dan bekerja dengan cepat biasanya akan mendukung pembakaran kalori lebih cepat juga. Kalau proses pembakaran kalori saja bisa dipercepat dengan meminum teh hijau, maka untuk mendapatkan berat badan ideal sesuai harapan tentu tak sulit lagi.

Bukankah metabolisme setiap orang berbeda-beda dan tak bisa disamakan? Beberapa orang meyakini bahwa memang metabolisme orang ada yang cepat ada yang memang lambat dari sananya. Tapi minum teh hijau untuk efek percepatan metabolisme tentu tak ada salahnya untuk dicoba karena memang siapa tahu hal ini ternyata bisa cukup efektif bagi metabolisme tubuh Anda.

  1. Memberi Efek Kenyang

Selain menekan nafsu makan, minum teh hijau bisa sangat bermanfaat dalam memberi efek kenyang yang bertahan lama. Mungkin Anda yang terbiasa berdiet alami dapat mengatakan bahwa minum air putih pun memberikan efek yang sama, lalu kenapa harus memilih untuk minum teh hijau?

Minum air putih memang bekerja efektif dalam memberikan efek kenyang juga, tapi jika memilih teh hijau maka sifat antioksidan di dalamnya siap untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Tapi juga bukan berarti Anda harus menggantikan air putih dengan teh hijau, sebab teh hijau baik dikonsumsi 3-4 cangkir saja sehari dan tak lebih dari itu.

  1. Membantu Pembakaran Lemak

Kalau tadi kita bahas tentang bagaimana pembakaran kalori menjadi lebih maksimal karena metabolisme meningkat, maka minum teh hijau juga bisa jadi cara membakar lemak yang juga jitu. Ada suatu hasil studi yang menyatakan bahwa konsumsi teh hijau diimbangi dengan olahraga rutin mampu membantu pembakaran lemak 17 persen lebih banyak ketimbang orang-orang yang tak minum teh hijau.

Kandungan antioksidan yang tinggi bakal mendukung proses pembakaran lemak terjadi lebih cepat dan maksimal. Ini karena saat terjadi pemecahan sel-sel lemak, maka mereka akan kemudian berpindah ke aliran darah. Dengan rutin meminum 3-4 cangkir teh hijau per hari, maka lemak yang akan dibakar dapat semakin banyak.

Namun untuk bisa mendapatkan khasiat-khasiat tersebut dari teh hijau, pastikan untuk mengonsumsinya tanpa dicampur apapun, termasuk penambahan jeruk nipis, madu dan susu. Seduhan teh hijau murni dan berkualitas lebih dianjurkan bagi para pelaku diet yang ingin mencoba, apalagi menikmatinya sehabis olahraga serta setiap sebelum makan; dan tidak disarankan mengonsumsi sebelum tidur ya.