5 Cara Memasak Ikan Salmon Untuk Diet Anda Bisa Sukses

1010

Salmon adalah jenis ikan yang tak hanya menguntungkan bagi kesehatan otak dan sendi karena kandungan omega-3 nya yang tinggi. Ada berbagai macam nutrisi lain yang ditawarkan oleh ikan ini sebagai pendukung program diet Anda, khususnya dalam menurunkan berat badan. Karena rendah kalori tinggi protein, ikan salmon mampu menjadikan diet Anda berhasil secara sehat.

Ikan salmon sebagai makanan diet penurun berat badan telah dibuktikan oleh sebuah studi terbitan the International Journal of Obesity di tahun 2007. Pada hasil studi yang melibatkan beberapa pria obesitas tersebut menunjukkan bahwa ada pengurangan berat badan sebanyak 0,9 hingga 1 kg dengan melakukan diet rendah kalori di mana salmon sebagai menu utamanya.

Bila Anda tertarik dengan diet salmon, maka ada beberapa cara memasak ikan salmon untuk diet bisa sukses. Berikut ini adalah beberapa langkah pengolahan yang bisa Anda ikuti dan praktekkan.

  1. Salmon Bakar

Metode memasak secara dry-heat adalah pengolahan tepat bagi salmon yang masih ada kulitnya, yakni dengan dijadikan fillet tebal maupun steak salmon. Ketika Anda memilih metode dibakar, kulit yang masih menempel pada ikan salmon akan menjadi pelindung bagian tubuh ikan salmon agar tak mudah berantakan. Namun, ada aturan tertentu yang perlu Anda perhatikan saat membakar salmon:

  • Pastikan alat bakaran yang Anda pakai sudah bersih sebab ikan pasti akan menempel pada panggangan karena adanya kotoran atau pasir di sana.
  • Pada alatnya, Anda bisa oles dengan minyak sayur secukupnya lalu panggang ikan salmon sekaligus memberi bumbu sedikit lada dan garam.
  • Tambahkan juga olesan minyak zaitun pada ikan salmon yang Anda bakar.
  • Sisi salmon yang ada kulitnya bisa ada di atas, lalu tutuplah dan tunggu kurang lebih 4 menit sebelum boleh dibalik lagi.
  • Dalam menyajikannya, Anda bisa menambahkan sayuran seperti buncis hingga cabai jika suka pedas.
  1. Salmon Panggang Oven

Kalau sebelumnya dibakar, maka salmon panggang di dalam oven pun bisa coba Anda lakukan, namun tentunya dengan menggunakan sedikit margarin atau minyak. Terlalu banyak menggunakan minyak atau margarin justru hanya akan menambah asupan kalori serta lemak bagi tubuh Anda. Berhubung salmon panggang ini untuk diet, perhatikan untuk penggunaan bahan-bahan lainnya.

  • Baik itu steak salmon atau fillet bisa Anda bungkus lebih dulu menggunakan aluminum foil.
  • Terserah Anda apakah ingin menambahkan minyak zaitun atau tidak; Anda juga bisa menambahkan garam, lada hingga rempah segar lainnya sesuai selera.
  • Letakkan ikan salmon yang sudah dibungkus foil tadi di atas loyang sebelum dimasukkan ke dalam oven.
  • Atur tingkat kepanasannya 400 derajat Fahrenheit dan pangganglah selama 10 menitan.
  • Pada tiap porsinya, Anda bisa coba tambahkan perasan lemon segar, perasan jeruk nipis atau bahkan minyak zaitun supaya lebih sehat.
  1. Salmon Orak-Arik

Pilihan cara memasak salmon lainnya adalah dengan membuat orak-arik salmon. Kalau biasanya telurlah yang menjadi bahan utama orak-arik, kali ini Anda bisa menggunakan salmon tapi tidak dengan menambahkan garam.

  • Salmon steak bisa Anda cincang kasar lebih dulu, lalu dipanggang bersama bawang putih, cabai, dan bawang bombay.
  • Untuk sayurannya, Anda bisa menumis dan memasaknya setengah matang, yang terdiri dari margarin sedikit, bawang putih, brokoli dan wortel (pilihan sayur lain boleh-boleh saja, sesuaikan dengan selera Anda).
  • Sayuran yang ditumis terpisah bisa disajikan bersama salmon orak-arik tadi.
  1. Salmon Kukus

Pilihan cara memasak salmon lainnya yang patut Anda coba karena terjamin sehat adalah dengan cara mengukusnya. Bahkan Anda tak perlu menggunakan mentega/margarin maupun minyak dalam pengolahannya. Untuk salmon kukus, cara masak satu ini lebih sesuai diterapkan pada fillet salmon.

  • Peralatan kukusan apapun bisa Anda gunakan untuk mengolah dan memasak salmon selama ikannya tidak terpapar air.
  • Untuk fillet salmon, biasanya Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit saja.
  • Apabila tak memiliki alat khusus untuk mengukus, Anda bisa cukup meletakkan ikan salmonnya di atas sebuah piring dan menutupnya dengan piring yang lain, lalu taruh di atas sebuah panci yang sudah diisi dengan air mendidih.
  • Anda bisa mengukus tanpa tambahan bumbu apapun, namun jika ingin membumbui, pastikan lada, garam maupun rempah lainnya tak terlalu banyak.
  1. Salmon Rebus

Untuk menikmati daging ikan salmon yang lembut dan lembab, merebusnya bisa jadi salah satu cara memasak yang mudah. Metode ini jauh lebih pas diterapkan pada fillet.

  • Awali dengan menaruh salmon di dalam sebuah panci lebar yang tak begitu dalam.
  • Tambahkan air secukupnya untuk hingga salmon tersebut tertutup, tunggu hingga 10 menit.
  • Air yang bisa ditambahkan untuk mengolah salmon pada metode ini antara lain adalah kaldu sayur, kaldu ikan, anggur (wine), susu dan air biasa.
  • Bila ingin menambahkan kalori tambahan yang sehat, kaldu sayur atau kaldu ikan bisa ditambahkan. Jika tidak ingin menambah kalori, maka air putih atau air matang biasa sudah cukup.

Itulah beberapa metode olahan atau cara memasak ikan salmon untuk diet Anda agar berhasil. Selain bisa menurunkan berat badan, tentunya mengonsumsi ikan salmon juga mencegah penyakit jantung sekaligus Alzheimer. Supaya memperoleh nutrisi lengkap dari salmon seperti omega-3, vitamin E, vitamin D, vitamin B12, vitamin B6, thiamin, niacin, protein, kalium, folat dan selenium, perhatikan cara pengolahannya.