Apakah Minum Teh Bikin Kurus? Intip Penjelasannya !

466

Banyak orang yang pastinya memiliki anggapan bahwa minum teh mampu menjadi cara menurunkan berat badan yang ampuh dan bahkan secara cepat. Apakah minum teh bikin kurus dan langsing? Teh apa saja yang bisa menguruskan badan? Ataukah seluruh jenis teh bisa membantu menguruskan tubuh? Anda sebaiknya mengenali dulu teh-teh apa saja yang dapat mendukung diet Anda.

Benarkah mengonsumsi teh membuat tubuh kurus?

Bagi para pecinta teh dan yang ingin menurunkan berat badan, kabar baik bagi Anda bahwa para pengonsumsi teh memang bisa menjadi lebih langsing atau kurus menurut penelitian yang dilakukan dan dinyatakan oleh The American Journal of Clinical Nutrition. Jadi, ya benar bahwa teh akan berpengaruh pada berat badan Anda.

Menurut hasil penelitian dari para ilmuwan Belanda, beberapa jenis teh tertentu memang mampu menurunkan berat badan karena kandungan kafein dan katekin di dalamnya. Tanpa harus beraktivitas secara khusus, meminum teh dengan kandungan katekin dan kafein rupanya kandungan-kandungan tersebut justru malah mendukung pembakaran kalori dan keluarnya energi lebih dari tubuh.

Benar memang bahwa teh bahkan memiliki kemampuan untuk membuat lemak terpecah dalam tubuh, tapi bukan lantas berarti Anda cukup mengonsumsi teh saja supaya berat badan turun. Agar hasil maksimal bagi penurunan berat badan secara sehat, Anda perlu mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur dan menjaga agar pola makan tetap seimbang.

Seperti halnya apakah lari bisa menurunkan berat badan? Tentu bisa, tapi tergantung dari kebiasaan sesudah lari, apakah Anda kembali makan banyak dan sembarangan? Jika demikian, rajin olahraga tak akan ada artinya karena cara tersebut bukanlah termasuk tips diet sehat dan seimbang. Minum teh saja tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat tentu akan kurang maksimal hasilnya.

Teh apa saja yang bisa membantu tubuh untuk kurus?

Konsumsi teh yang dilakukan secara tepat pasti akan memberikan efek positif bagi tubuh, namun Anda juga perlu tahu bahwa tak semua jenis teh bisa menguruskan badan. Berikut ini adalah beberapa teh yang ampuh dalam membantu menghambat penyerapan dan penumpukan lemak dalam tubuh dan melangsingkan tubuh Anda.

  • Teh Oolong – Teh satu ini dapat Anda konsumsi secara rutin sebagai cara membakar lemak yang efektif, apalagi kalau Anda bisa meminumnya sehari 2 cangkir. Tak hanya membantu menurunkan berat badan karena menghambat penyerapan lemak, tapi minum teh oolong juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan Anda.
  • Teh Hijau – Seperti kita ketahui bahwa teh hijau berkandungan antioksidan tinggi sehingga kerap kali dikonsumsi sebagai pencegah kanker maupun penyakit stroke. Namun Anda juga perlu tahu bahwa teh hijau pun dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dapat terjadi seharinya hingga 70 kalori. Jadi meminumnya 2-3 cangkir sehari setelah menyeduhnya pada suhu 85 derajat Celsius selama 2 menit sangatlah dianjurkan.
  • Teh Bunga Lawang – Pada umumnya, jenis teh ini lebih sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan secara efektif. Jadi untuk penderita mual hingga diare dapat meminum teh ini untuk meredakan gejala-gejalanya. Namun menyeduh teh ini selama 10 menit, meminumnya rutin sambil juga ditambah dengan madu akan sangat baik untuk juga menangani segala masalah pencernaan yang membuat berat badan Anda mudah naik atau sulit turun,
  • Teh Putih / White Tea – Belum banyak yang tahu bahwa teh putih ini tanamannya sama dengan teh hijau di mana menurut hasil penelitian teh ini justru jauh lebih efektif dalam melawan kuman ketimbang teh hijau karena kandungan antijamur dan antiviralnya jauh lebih tinggi. Tak hanya memerangi penyakit akibat kuman, rupanya minum teh putih pun terbukti berpengaruh baik bagi berat badan pengonsumsinya.
  • Teh Mawar – Selain bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kecantikan kulit, teh ini menawarkan nutrisi lengkap yang menguntungkan bagi pencernaan. Jika Anda memiliki masalah sembelit yang kemudian memengaruhi kenaikan berat badan, maka minumlah teh mawar ini untuk bisa menurunkan atau setidaknya menstabilkan berat badan.
  • Teh Peppermint – Untuk membakar kalori cukup banyak yang juga berpengaruh pada penurunan berat badan, Anda perlu mengonsumsi teh peppermint ini. Masukkanlah daun peppermint sesendok makan daun peppermint kering atau segar dan tunggulah terseduh dengan baik selama 4-5 menit sebelum kemudian disaring. Jangan lupa menambahkan madu jika suka atau dirasa perlu, teh peppermint pun siap dinikmati.

Jadi, apakah minum teh bikin kurus? Tergantung teh jenis apa yang Anda konsumsi, sebab teh-teh yang telah disebutkan di atas tersebutlah yang biasanya paling efektif dalam menurunkan berat badan paling jitu. Hanya saja konsumsi teh-teh tersebut pun harus dibarengi dengan pola makan sehat, berolahraga, pengelolaan stres yang tepat, serta cukup istirahat setiap harinya.