9 Tips Diet Pasca Melahirkan Ini Alami dan Aman Diterapkan

Beberapa wanita usai bersalin dan memiliki bayi yang menggemaskan rupanya masih juga dikhawatirkan dengan masalah berat badan yang naik. Setelah melahirkan, kebanyakan wanita pastinya fokus pada menyusui si kecil lebih dulu dan tak memikirkan tentang diet cara menurunkan berat badan. Padahal, ada lho tips diet pasca melahirkan yang aman tanpa memengaruhi proses menyusui.

  1. Mengonsumsi Protein Sehat

Dalam diet pasca melahirkan, pilih protein yang mampu mengurangi asupan kalori, mengurangi selera makan, tapi dapat meningkatkan metabolisme. Protein yang sehat untuk diasup selama diet sehat adalah ikan, telur, biji-bijian, produk olahan susu, dan kacang-kacangan. Daging tanpa lemak pun dapat diasup asal semuanya tak berlebihan.

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Supaya berat badan tak terlalu naik dan bisa menjaga kestabilannya atau bahkan sukses menurunkannya sambil menyusui, konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi. Tak hanya mengurangi asupan kalori, makanan kaya serat siap memberi efek kenyang lebih cepat dan tahan lama, jadi perbanyak juga ya makan sayur dan buah.

  1. Menghitung Kalori

Agar asupan kalori tercukupi dengan baik tanpa berlebihan, tentu hal ini harus dihitung dengan baik. Miliki agenda yang berisikan catatan makanan apa saja yang diasup setiap hari atau gunakan saja suatu aplikasi untuk smartphone yang bisa memonitor makanan apa saja yang dimakan sepanjang hari setiap hari sehingga lebih terkontrol.

  1. Menghindari Karbohidrat Olahan (Refined Carbs) dan Gula

Segala makanan yang merupakan karbohidrat olahan, seperti biskuit, pasta dan roti sebaiknya dibatasi dan tak tak dikonsumsi terlalu banyak. Hal ini berlaku juga pada segala makanan bergula tinggi lainnya alias makanan yang manis-manis. Pastry, kue, jus buah yang mengandung tinggi gula, dan minuman serta makanan manis lainnya sebaiknya mulai dikurangi.

  1. Makan Cemilan Sehat

Kalau biasanya mungkin memilih cemilan berupa biskuit dan kue-kuean, cobalah kini mengonsumsi cemilan sehat, mulai dari yogurt, buah-buahan, kacang-kacangan (almond lebih dianjurkan), dan sayuran. Selalu menyetok makanan dan cemilan sehat akan membuat kita terbiasa mengonsumsinya nanti di kala lapar.

  1. Minum Air Putih Cukup

Untuk menurunkan berat badan di kala menyusui setelah melahirkan sebenarnya juga tak lepas dari asupan air putih yang cukup per harinya. Cukupi paling tidak 1-2 liter sehari supaya bisa mendukung pembakaran 30 persen kalori lebih. Banyak minum juga menjadi cara agar asupan kalori berkurang dan menurunkan selera makan berlebih.

  1. Menghindari Makanan Olahan

Roti, minuman ringan, daging olahan (sosis dan nugget), keripik, buah kalengan, sereal untuk sarapan hingga makanan cepat saji atau makanan instan sebaiknya dibatasi lebih dulu jika ingin berat badan tak bertambah naik. Daripada mengonsumsi makanan olahan, cobalah mulai lebih banyak menikmati makanan dan minuman segar dan bergizi tinggi.

  1. Tidur Cukup

Ketika tak memperoleh kualitas tidur yang cukup, biasanya ini adalah faktor yang meningkatkan risiko meningkatkan berat badan. Memang tak mudah untuk istirahat cukup di kala baru punya bayi, namun mengupayakan diri untuk tidur cukup tetap bisa dilakukan kok.

  1. Berolahraga Ringan

Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu sulit pasca melahirkan, sebab jenis aktivitas fisik seperti bersepeda, jogging ataupun sekadar jalan kaki akan sangat membantu sebagai cara membakar lemak dan kalori yang aman dan alami. Bahkan latihan fisik tersebut bisa menjadi penurun risiko diabetes, hingga beberapa jenis kanker maupun masalah jantung.

Bukan tidak mungkin seorang wanita melakukan tips diet pasca melahirkan asal semuanya seimbang dan tidak ekstrem. Penuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan makan makanan yang tepat, berolahraga ringan yang rutin, dan tidur cukup akan memberikan kualitas ASI sekaligus pengaruh baik untuk berat badan sendiri.