Sponsors Link

32 Cara Mengobati Gagal Jantung Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Gagal jantung adalah sebuah kondisi yang masih menjadi bagian dari jenis-jenis penyakit jantung dan cukup mirip dengan penyakit jantung lemah di mana fungsi utama dari otot jantung dapat menurun sehingga tugasnya dalam memompa darah tidak maksimal. Bila darah tak dapat dipompa dengan baik, maka tentu kesehatan tubuh secara menyeluruh otomatis akan terganggu. Lalu, apa saja kira-kira cara mengobati gagal jantung agar tidak menjadi fatal dengan langkah yang alami?

ads

(Baca juga: ciri-ciri jantung lemah)

1.     Mengadakan Program Diet

Obesitas adalah masalah yang dihadapi oleh banyak orang di mana akan dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, jantung, diabetes dan masih banyak yang lainnya. Dengan mengikuti sebuah program diet dengan tujuan mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan, para penderita gagal jantung akan merasakan keuntungannya. Saat berat badan turun, ini artinya beban kerja jantung juga akan berkurang sehingga kesehatan jantung juga akan senantiasa terjaga. Tapi perhatikan juga seperti apa diet yang benar dan yang salah.

2.     Melakukan Olahraga

Olahraga adalah cara ampuh untuk menjaga kesehatan dan sekaligus menjadi cara yang alami untuk mengatasi gagal jantung. Tidak usah melakukan olahraga berat bila khawatir kondisi jantung dapat tiba-tiba menjadi terganggu setelahnya. Carilah olahraga sederhana yang bisa membawa kesehatan untuk jantung, seperti berjalan kaki agar fungsi jantung dalam memompa bisa bekerja lebih cepat dan optimal dalam proses penyaluran darah serta oksigen ke seluruh tubuh.

(Baca juga: cara melakukan olahraga yang baik dan benarbahaya olahraga yang berlebihan)

3.     Mengonsumsi Mahkota Dewa

Risiko kematian yang ditakutkan banyak orang yang menderita gagal jantung akan dapat dikurangi dengan mengonsumsi mahkota dewa. Buah satu ini memiliki antioksidan berupa flavonoid dan juga antibakteri yang tentunya akan memulihkan kesehatan jantung. Hasil dari penelitian juga menyatakan bahwa cangkang biji serta daging buah mahkota dewa mempunyai senyata tanin, polifenol, dan juga alkaloid selain dari flavonoid yang sangat berhubungan dengan aktivitas antikanker.

Untuk yang ingin mengobati gagal jantung dengan ramuan mahkota dewa, caranya mudah, yaitu dengan menyiapkan 15 gram daun dewa, 10 gram daun sambiloto yang kering, 15 gram daun pegagan serta 5 gram mahkota dewa yang diambil dagingnya saja. Bahan yang sudah terkumpul dapat dicuci lalu direbus dalam 5 gelas air. Setelah tersisa sampai 3 gelas, rebusan dapat disaring dan setelah itu tunggu dingin. Mengonsumsinya setiap hari 3 kali masing-masing 1 gelas akan memperlihatkan hasil terbaik bagi jantung.

(Baca juga: ciri-ciri penyakit jantung)

4.     Mengonsumsi Ikan Salmon

Penting untuk Anda ketahui bahwa obat alami untuk gagal jantung adalah ikan salmon di mana ikan salmon ini bisa dikonsumsi paling tidak seminggu 2-3 porsi ikan. Tak hanya kondisi gagal jantung yang akan diobati, tapi risiko penyakit jantung koroner pun akan dapat dikurangi meski memang tidak bisa cepat. Asam lemak omega-3 di dalam ikan salmon adalah kandungan terbaik yang akan mendukung pencegahan tidak teraturnya irama jantung dan juga menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab dari gagal jantung.

5.     Mengonsumsi Bawang Putih

Sponsors Link

Untuk mengobati gagal jantung, bawang putih adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu Anda karena bawang putih memiliki kemampuan dalam menghambat penebalan plak di arteri untuk berkembang lebih lanjut. Tekanan darah yang tinggi juga bisa diturunkan secara natural oleh kandungan yang dinamakan allicin sehingga otomatis kadar kolesterol jahat juga dapat diperangi. Mengonsumsi bawang putih per harinya akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung terlepas dari adanya efek samping bawang putih, serta dapat menjaga tubuh untuk selalu sehat.

6.     Mengonsumsi Kulit Manggis

Bahan alami lainnya untuk obat gagal jantung serta penyakit-penyakit serius lainnya adalah kulit manggis di mana penelitian telah membuktikan bahwa kadar LDL tinggi dapat diturunkan oleh mangostin di dalam kulit manggis. Bahan ini juga dipercaya sangat mampu untuk menurunkan tekanan darah karena kandungan antioksidannya yang terbilang tinggi. Kulit manggis adalah pilihan tepat tak hanya untuk mencegah penyakit jantung tapi juga untuk mengobatinya.

(Baca juga: bahaya kolesterol ldl tinggikolesterol ldl dan hdl ciri-ciri bahaya dan cara mendeteksinya)

7.     Mengonsumsi Sarang Semut

Terdengar asing mungkin sarang semut ini, tapi telah dibuktikan bahwa sarang semut mampu memperlancar sirkulasi darah yang tadinya terhambat. Bahkan sarang semut adalah obat yang baik untuk membuat pembuluh darah lebih kuat sehingga penyaluran darah makin maksimal. Kabar baiknya jika mengonsumsi sarang semut adalah bahwa tidak hanya organ tertentu yang bakal diobati, tapi juga seluruh organ di dalam tubuh. Adanya kombinasi dari beberapa zat aktif pada sarang semut, kondisi keseluruhan tubuh akan dapat diperbaiki dan dibantu untuk lebih seimbang dari sebelumnya.

Jantung bengkak/jantung membesar, lemah jantung, bocornya jantung, jantung koroner, serta sakit jantung bawaan adalah yang akan mampu diobati oleh sarang semut selain penyakit gagal jantung kongestif. Kandungan magnesium serta kaliumnya yang tinggi mampu membuat jantung dan seluruh organ tubuh lebih sehat sehingga penderita jantung dapat merasakan redanya segala keluhan.

8.     Mengonsumsi Kacang Hijau

Untuk mengobati gagal jantung, pola hidup memang harus lebih baik dari sebelumnya dan para penderitanya bisa mengandalkan kacang hijau yang merupakan bahan alami dalam mengurangi risiko parah gagal jantung. Tidak harus selalu mengonsumsi kacang hijau dengan jumlah yang sangat banyak karena hanya ½ cangkir saja setiap harinya pun penderita tetap bisa mendapatkan manfaat baiknya. Kesehatan jantung terbukti dapat dipelihara dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin.

Alasan mengapa kacang hijau baik untuk penderita gagal jantung adalah karena serat larut yang terdapat di dalamnya beserta zat lainnya sangat menguntungkan dalam membuat kolesterol tinggi menjadi turun. Jantung juga akan diberikan perlindungan dari senyawa flavonoid di dalam kacang hijau sehingga terjadinya adhesi trombosit yang pada darah dapat dihambat. Dengan demikian, penderita gagal jantung akan dicegah juga dari risiko terkena stroke.

9.     Mengonsumsi Kismis

Salah satu cara alami dalam mengatasi gagal jantung dan mengobatinya secara perlahan adalah dengan mengonsumsi kismis yang berperan sebagai antioksidan. Kadar antioksidan ditemukan cukup tinggi di dalam buah kismis sehingga segala jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gusi dapat dicegah dan diperangi dengan baik. Ingat bahwa risiko gagal jantung dapat terjadi dan semakin serius ketika seseorang diketahui memiliki penyakit gusi; dengan kismis, pertumbuhan bakteri akan diperangi secara efektif.

(Baca juga: makanan penurun kolesterol tinggi super cepat)

10. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt telah dibuktikan mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit gusi di mana jika dibiarkan maka akan memperparah kondisi penyakit jantung seseorang. Telah ditunjukkan oleh beberapa penelitian di mana probiotik atau bakteri baik di dalam yogurt begitu tinggi sehingga gusi akan terjaga selalu kesehatannya. Dipercaya oleh para ahli bahwa pertumbuhan bakteri penyebab penyakit gusi di mulut akan dapat dilawan oleh probiotik ini.

Selain dari yogurt, fermentasi makanan lain seperti halnya kefir atau susu fermentasi pun sangat baik untuk kesehatan gusi sebab probiotik yang merupakan kultur aktif hidup ada di dalam makanan tersebut. Telah ditunjukkan pula oleh sebuah studi bahwa pencernaan dapat diperbaiki sehingga kekebalan tubuh dapat ditingkatkan.

11. Mengonsumsi Pisang

Buah berukuran panjang berwarna kuning ini begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena di dalamnya dapat dijumpai adanya kandungan kalium. Kalium ini sangat siap dalah membuat fungsi jantung terjaga dengan baik dan bahkan air serta natrium di dalam tubuh akan mampu dijaga untuk selalu seimbang. Fungsi ginjal dalam proses ekskresi natrium yang lebih dapat dibantu oleh kalium ini sehingga menjadikan jenis mineral ini salah satu yang terpenting untuk didapatkan tubuh, terutama Anda yang mengonsumsi diuretik untuk mengobati gagal jantung.

(Baca juga: khasiat buah pisang untuk kesehatanefek terlalu banyak makan buah pisang)

12. Mengonsumsi Apel

Untuk mendukung pola hidup sehat, buah satu ini tak dapat dilewatkan karena apel adalah buah penting dan tepat untuk mengurangi risiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung koroner yang juga ada hubungannya dengan penyakit gagal jantung. Bahkan dalam sebuah studi di Iowa telah ditunjukkan bahwa apel juga mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Sebuah data ditunjukkan oleh para peneliti Finlandia bahwa pria dan wanita yang sangat rutin mengonsumsi buah apel akan otomatis membuat risiko menderita jantung dan stroke menjadi lebih rendah.

Untuk para penderita gagal jantung, apel akan dapat menyelamatkan hidup Anda secara perlahan karena adanya kaempferol, epigalokatehin, epikatekin dan kuersetin yang termasuk di dalam flavonoid pada apel. Semua ini memiliki fungsi agar oksidasi LDL atau kolesterol jahat dapat dicegah dan plak-plak yang menumpuk di dalam arteri serta terjadinya peradangan akan dihambat. Pektin di dalam apel pun sangat kaya di mana kolesterol dapat diturunkan oleh bentuk serat larut ini sehingga sangat penting dikonsumsi oleh para penderita gagal jantung.

(Baca juga: gejala gagal jantung)

13. Mengonsumsi Tomat

Sebagai bagian dari program diet, tomat adalah jenis buah/sayur yang akan mampu mengobati penyakit jantung secara alami. Kandungan gizi tomat sangat banyak, termasuk serat, kalium, vitamin A, serta vitamin C. Bahkan dapat ditemukan juga adanya lycopene pada tomat yang akan mengobati sekaligus mencegah gagal jantung menjadi semakin serius dengan bekerja bersama mineral dan vitamin lainnya. Kombinasi nutrisi yang bisa ditemukan pada tomat telah dibuktikan mampu membuat risiko penyakit kardiovaskular ikut berkurang sehingga dipastikan tomat sangat berguna bagi tubuh.

14. Mengonsumsi Coklat Hitam

Mungkin beberapa penderita gagal jantung masih ragu apakah mereka boleh mengonsumsi coklat dan apakah coklat masuk di dalam pantangan para penderita jantung. Khusus untuk coklat hitam, bahan alami ini mampu mengobati gagal jantung dengan kandungan flavanolnya yang dapat mengencerkan darah kental di dalam tubuh. Hal ini otomatis membuktikan bahwa kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik di mana sistem kekebalan tubuh pun akan ditingkatkan dan peradangan pun akan berkurang.

Penyakit jantung dapat muncul ketika pembuluh darah tersumbat dan aliran darah tidak lancar, maka dengan adanya flavanol pada coklat, fungsi dan kesehatan pembuluh darah akan ditingkatkan. Inilah yang akan membuat risiko hipertensi juga menurun, berikut juga penyakit demensia, ginjal serta diabetes tipe 2. Epikatekin adalah senyawa di dalam coklat hitam yang akan membantu meningkatkan oksida nitrat (zat penting bagi kesehatan pembuluh darah); normalnya tekanan darah sangat didukung oleh berlimpahnya oksida nitrat ini.

(Baca juga: makanan kaya serat alami dan produk olahan)

15. Mengonsumsi Biji-bijian

Biji-bijian adalah pilihan makanan tepat untuk orang-orang yang sedang berada dalam program diet karena orang yang mengonsumsi biji-bijian pun telah terbukti dapat memiliki tubuh yang ramping serta jauh dari risiko penyakit jantung. Karena di dalam biji-bijian terdapat pitosterol, fitoestrogen serta antioksidan, maka para penderita gagal jantung maupun jantung koroner dapat dilindungi dengan baik. Diet tinggi serat biasanya dihubungkan dengan biji-bijian karena kadar serat di dalamnya sangat tinggi.

Menurut penelitian dari Harvard, risiko terkena penyakit jantung rupanya 40 persen lebih rendah ketika melakukan diet tinggi serat dibandingkan dengan orang-orang yang diet rendah serat. Karena jenis serat di dalam biji-bijian adalah serat larut, maka kolesterol jahat akan dapat diturunkan. Jagung adalah sumber biji-bijian yang serat larutnya tinggi sehingga Anda dapat mengonsumsinya sesering mungkin.

(Baca juga: bahaya jantung koroner)

16. Mengonsumi Kedelai

Kacang kedelai dan segala produknya sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita gagal jantung karena ini adalah cara paling tepat untuk mengobati kondisi penderita secara alami. Anda perlu menambahkan kandungan protein ke dalam diet Anda dengan mengonsumsi kedelai tanpa harus khawatir akan tingginya kolesterol dan lemak. Lemak tak jenuh di dalam produk kedelai akan membantu jantung kembali berfungsi seperti semula berikut juga dengan kandungan mineral, vitamin dan seratnya.

Kedelai juga dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengurangi tekanan darah pada orang-orang yang mengadakan diet tinggi karbohidrat olahan. Dibandingkan dengan protein lainnya dan juga susu, protein kedelai termasuk paling baik karena mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau yang kita sebut juga dengan istilah LDL. Daripada susu tinggi lemak jenuh, susu kedelai yang kaya protein jauh lebih baik; ingat akan bahaya lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan.

17. Mengonsumsi Teh Hijau

Sudah diketahui banyak orang bahwa teh hijau adalah sumber minuman terbaik untuk kesehatan berdasarkan berbagai penelitian dan ini bukanlah omong kosong. Karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan, maka meminumnya setiap hari secara rutin akan baik bagi penderita gagal jantung. Kesehatan jantung otomatis akan dapat ditingkatkan.

(Baca juga: perbedaan kolesterol dan trigliserida)

18. Mengonsumsi Kentang

Karbohidrat yang baik untuk para penderita gagal jantung bisa didapat dari kentang. Selama pengolahannya bukan dengan digoreng atau dimasak untuk masakan berlemak, Anda dapat secara aman mengonsumsinya yang akan memulihkan kesehatan jantung secara berangsur. Kaya akan potasium, bahaya darah tinggi penyebab penyakit gagal jantung juga akan dapat diturunkan dengan kentang ini. Selain itu, seratnya yang tinggi makin membuktikan bahwa kentang bukanlah karbohidrat olahan sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

19. Mengonsumsi Delima Merah

Delima merah atau yang juga kita sebut dengan pomegranate adalah jenis buah yang akan memberikan banyak keuntungan bagi penderita gagal jantung karena segala plak yang tertimbun di arteri akan dapat dikurangi sehingga tekanan darah tinggi akan berkurang juga. Penelitian juga menunjukkan ada senyawa baik di dalam buah delima merah yang disebut dengan antosianin. Antosianin inilah yang dipercaya sangat bermanfaat berikut juga antioksidan yang kadarnya paling tinggi dibandingkan dengan anggur merah, cranberry dan juga blueberry.

(Baca juga: makanan yang mengandung antioksidan)

ads

20. Mengonsumsi Aneka Buah Berry

Anda penggemar buah-buah berry seperti acai berry, raspberry, bilberry, blueberry dan bahkan stroberi? Rupanya buah-buah ini sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi Anda yang mengalami gagal jantung. Buah berry tersebut beserta jenis buah berry lainnya telah terbukti memiliki kemampuan dalam menaikkan kolesterol baik atau membuat HDL tinggi di dalam tubuh yang berarti tekanan darah tinggi bakal dapat diturunkan dengan mudah.

Polifenol adalah kandungan di dalam aneka buah berry yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kesehatan jantung dan organ lain lebih baik; ini terdiri dari asam ellagic dan antosianin. Kadar oksida nitrat yang akan menjaga jantung tetap sehat akan ditingkatkan oleh polifenol ini, termasuk juga pembuluh darah akan dibuat menjadi lebih rileks. Hal ini kemudian berimbas pada tekanan darah yang turun.

(Baca juga: hdl rendah)

21. Menggunakan Minyak Zaitun

Ketimbang menggunakan minyak goreng biasa, dalam memasak Anda perlu memanfaatkan minyak zaitun jika menderita gagal jantung. Risiko penyakit lainnya juga mampu dikurangi oleh minyak zaitun dengan mengonsumsinya paling tidak 4 sendok makan setiap harinya. Sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal, kadar kolesterol tinggi berikut kadar gula darah yang tak normal akan dikembalikan seperti semula. Cobalah tambahkan minyak zaitun ketika Anda mengonsumsi salad.

(Baca juga: ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara mengatasinya)

22. Mengonsumsi Anggur Merah

Anda yang mendengar atau melihat bahwa anggur merah disebut dalam salah satu cara pengobatan gagal jantung agaknya pasti terkejut karena anggur merah jelas-jelas minuman beralkohol. Kenyataannya, anggur merah atau jumlah kecil jenis alkohol apa saja bisa menurunkan risiko penyakit jantung (tapi bila meminumnya secara berlebihan maka akan menaikkan risiko gagal jantung makin parah). Polifenol disebut-sebut menjadi kandungan baik pada anggur merah yang akan membantu mengobati penyakit jantung, berikut juga resveratrol.

(Baca juga: penyebab kolesterol tinggi)

23. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau sudah pasti baik untuk kesehatan, termasuk untuk mengobati gagal jantung selama pemulihan di rumah. Pada sayuran hijau ditemukan adanya karotenoid yang tinggi sehingga memberikan efek baik bagi kesehatan jantung. Peran dari karotenoid adalah sebagai antioksidan yang bisa membuat tubuh terbebas dari senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Mineral, serat dan vitamin yang terkandung di dalam sayuran hijau juga sangat mendukung kesembuhan jantung Anda. Bayam, kale dan brokoli adalah sayuran hijau terbaik untuk dikonsumsi; bahkan asam lemak omega-3 terdapat di dalam kale dan diketahui berkadar tinggi.

(Baca juga: makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat)

24. Mengonsumsi Alpukat

Salah satu buah lezat dan nikmat yang biasanya dinikmati dalam bentuk jus dan diberi coklat ini rupanya menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk para penderita jantung, termasuk sebagai obat bagi penderita gagal jantung. Masukkan alpukat ke dalam menu diet Anda karena buah ini akan memberikan asupan lemak sehat bagi tubuh. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada buah alpukat akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Kandungan kalium dan antioksidan di dalam alpukat juga akan sangat berkhasiat dalam menurunkan tingginya kadar kolesterol. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa ditambah apapun, atau bisa juga dimakan bersama dengan tomat di mana keduanya akan meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung.

(Baca juga: bahaya kekurangan kalium)

25. Mengonsumsi Oatmeal

Sepertinya sudah tak perlu ditanya atau diragukan lagi bahwa oatmeal dapat mengobati penyakit gagal jantung di mana serat larutnya berkadar tinggi sehingga akan mampu menurunkan kadar kolesterol. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi oatmeal instan yang banyak beredar di pasaran karena produk-produk tersebut kebanyakan mengandung gula. Akan jauh lebih baik bila Anda mengonsumsi oatmeal yang dimasak cepat ketimbang yang instan.

(Baca juga: efek samping obat jangka panjang)

Cara Mengobati Gagal Jantung secara Medis

Setelah mengintip banyaknya cara alami untuk mengobati gagal jantung, ada juga cara mengobati secara medis yang juga bisa dipertimbangkan. Obat-obat yang digunakan dan diresepkan oleh dokter untuk menangani gagal jantung adalah seperti berikut ini:

  1. Diuretik. Obat ini kerap disebut juga dengan istilah pil air di mana penderita gagal jantung yang mengonsumsi pil ini akan otomatis buang air kecil secara lebih sering dan akan menjaga cairan tubuh Anda. Diuretik adalah obat yang baik yang juga berfungsi mengurangi cairan menumpuk di paru-paru sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih leluasa. Karena diuretik akan membuat asupan magnesium dan potasium berkurang, dokter pun akan meresepkan Anda suplemen kedua mineral penting tersebut. Dokter akan memberikan pengawasan akan asupan cukup magnesium dan potasium pada darah selama Anda mengonsumsi diuretik melalui cek darah rutin agar Anda tidak menanggung akibat kekurangan magnesium.
  2. Ivabradine. Dokter akan memberikan resep ini sebagai obat alternatif apabila obat-obat lainnya tidak mempan dalam fungsinya memperlambat detak jantung. Kegunaan utama obat ini adalah untuk memperlambat detak jantung, tapi hanya yang memiliki ritme jantung normal yang boleh menggunakan obat ini karena terbukti lebih cocok.
  3. Digoxin. Dokter biasanya akan meresepkan obat ini ke penderita gagal jantung saat diuretik tidak dapat bekerja secara efektif dalam meredakan gejala gagal jantung. Digoxin juga akan diberikan ketika ARB, ACE inhibitor dan obat penghambat beta tidaklah berfungsi seperti yang diharapkan. Fungsi dari digoxin adalah untuk membuat denyut jantung menjadi lambat dan akan menaikkan kekuatan kontraksi otot.
  4. ARB atau Obat Penghambat Reseptor Angiotensin. Mirip dengan ACE inhibitor, ARB adalah obat yang berfungsi untuk menormalkan tekanan darah dan cara kerjanya adalah dengan membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar. Candesartan, losartan, telmisartan serta valsartan adalah contoh dari obat ARB.
  5. ACE Inhibitor atau Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin. Dokter meresepkan obat ini dengan tujuan agar jantung dimudahkan ketika pemompaan darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah akan dibuat lebih lebar dan tekanan darah juga akan dikurangi oleh obat ini. Ramipril, enalapril, losinopril, perindopril dan juga captopril termasuk di dalam obat ini.
  6. Obat Penghambat Beta. Fungsi dari obat ini adalah untuk membuat detak jantung menjadi lebih lambat. Organ jantung juga akan diberikan perlindungan dari zat noradrenalin dan adrenalin yang ada di dalam tubuh. Obat ini bakal diresepkan khususnya untuk penderita jantung yang diakibatkan ventrikel kiri sehingga pemompaan darah berjalan lanjar ke seluruh tubuh. Bisoprolol, carvedilol dan nebivolol merupakan contoh obat penghambat beta.
  7. Obat Penghambat Aldosteron. Dokter meresepkan obat ini supaya cairan yang terdapat berlebihan di dalam tubuh bisa berkurang. Cara kerja dari obat ini tidak jauh beda dari diuretik, bedanya hanyalah obat penghambat aldosteron ini tak memicu terbuangnya potasium dan risiko munculnya kerusakan otot jantung akan diminimalisir. Spironolactone dan eplerenone merupakan contoh obat penghambat aldosteron.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 21st, April 2016 / 15:35 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung