Ngeri!! Ngantuk Setelah Makan Pagi dan Siang : Penyebab, Bahaya, Cara Mengatasi

Makan pagi dan siang menjadi salah satu menu wajib yang tidak bisa ditinggalkan. Makan pagi sangat dianjurkan karena bisa membuat kondisi pencernaan pagi hari lebih baik. Selain itu juga mencegah kegemukan karena ada sumber energi yang bisa dipakai dari makan pagi hingga jelang makan siang. Sementara makan siang menjadi kebutuhan utama terutama setelah tubuh melakukan berbagai aktifitas dan memerlukan energi yang besar. Namun semua orang selalu mengeluh karena makan pagi dan makan siang menyebabkan rasa mengantuk yang hebat.

Proses dalam tubuh yang terjadi setelah kita makan adalah aliran darah dan energi untuk mencerna makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh. Tubuh menghasilkan berbagai jenis enzim untuk menghancurkan bahan makanan. Kemudian proses ini akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis. Akibatnya pankreas akan melepaskan insulin ke darah secara langsung. Insulin inilah yang akan meningkatkan kadar melatonin dan serotonin dalam otak dan kemudian memicu rasa mengantuk.

Beberapa faktor pemicu mengantuk setelah makan pagi dan siang adalah sebagai berikut.

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat juga bisa menyebabkan rasa mengantuk berlebihan setelah makan. Hal ini disebabkan karena tubuh memberikan respon dari nutrisi makanan yang didapatkan. Tubuh membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk memecah komponen karbohidrat yang kemudian akan di serap oleh sel-sel tubuh. Makanan yang terlalu padat seperti nasi putih, roti, dan semua jenis makanan cepat saji akan membuat Anda merasa lebih mengantuk setelah makan. (baca juga : akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh)

  1. Makanan dengan Nilai Indek Glikemik Tinggi

Semua jenis makanan yang memiliki nilai glikemik indeks yang tinggi akan menyebabkan Anda menjadi lebih mengantuk setelah makan. Hal ini disebabkan karena makanan ini memerlukan insulin yang berlebihan untuk memecah kadar gula dalam darah. Insulin yang  berlebihan dalam tubuh berarti akan meningkatkan kadar melatonin dan serotonin dalam otak. Kedua jenis zat inilah yang akan memerintahkan otak ke tubuh untuk menjadi lebih mengantuk. Terkadang jika tubuh tidak tidur maka akan membuat tubuh tidak nyaman dan gelisah. Konsumsi makanan yang mengandung nilai glikemik tinggi juga bisa menjadi penyebab diabetes.

  1. Makanan Mengandung Lemak Tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung lemak dalam jumlah tinggi akan menyebabkan respon mengantuk untuk tubuh. Hal ini disebabkan karena makanan ini mempengaruhi sistem kerja hormon dalam tubuh serta menyebabkan efek saraf yang spontan. Berbagai jenis makanan yang paling sering menyebabkan mudah mengantuk setelah makan adalah semua jenis makanan yang digoreng, daging ayam dengan kulit, daging merah berlemak tinggim keju, dan camilan dengan kalori tinggi. (baca juga : akibat kelebihan lemak dalam tubuh)

  1. Minuman Mengandung Kafein

Selama ini minuman yang mengandung kafein dipercaya tidak akan membuat mengantuk. Namun sebuah penelitian yang dilakukan di Thailand membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman kafein pagi dan siang hari justru menyebabkan rasa mengantuk. Hal ini disebabkan karena kafein akan meningkatkan denyut jantung dan juga tekanan darah.

Efek sesaat kafein akan membuat Anda menjadi lebih segar dan semangat, tapi setelah itu justru tubuh Anda akan merasa sangat lelah dan mengantuk. Terlebih jika Anda minum kafein setelah mengkonsumsi makanan berat seperti karbohidrat dan daging berlemak. Selain itu efek bahaya kafein bagi tubuh juga sangat fatal.

  1. Alergi Zat dalam Makanan

Tidak semua orang bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan bebas. Beberapa jenis makanan tertentu penyebab alergi juga bisa menyebabkan rasa mengantuk setelah makan pagi dan siang. Semua jenis makanan yang mengandung gluten bisa menyebabkan reaksi seperti ini. Alergi makanan akan mendorong tubuh untuk melakukan proses pencernaan dengan berat. Akibatnya maka tubuh akan menjadi terasa sangat lelah kemudian reaksi otak akan membuat tubuh mengantuk.

  1. Terlalu Banyak Makan

Jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa menyebabkan rasa kantuk yang berat setelah makan pagi dan siang. Terkadang beberapa orang merasa khawatir tidak dapat makan tepat pada waktunya sehingga banyak makan ketika ada kesempatan. Terlalu banyak makan akan membuat perut merasa kenyang berlebihan. Selanjutnya proses ini memicu tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang sangat besar, sementara pankreas tidak bisa memenuhinya. Kemudian tubuh akan memberikan reaksi mengantuk untuk bisa mengolah semua makanan.

  1. Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes juga bisa menyebabkan reaksi tubuh mengantuk sangat berat baik setelah makan pagi maupun makan siang. Hal ini disebabkan karena ada masalah produksi hormon insulin yang tidak cukup untuk tubuh dalam memecah gula dari makanan yang sudah masuk ke pencernaan. Bagi penderita diabetes maka kondisi mengantuk ini sering disertai dengan beberapa gejala lain seperti tubuh yang terasa sangat lemah, sakit kepala dan perasaan gelisah. (baca juga : cara mengobati diabetes)

Bagi penderita diabetes bisa mengelola kadar gula dengan jenis makanan tertentu seperti :

  1. Obesitas

Orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan biasanya juga akan mengalami mengantuk setelah makan pagi dan siang. Kondisi ini menjadi sistem dalam tubuh yang tidak dapat dihindari. Pengaruh kebutuhan insulin dan serotonin yang tinggi menjadi penyebab rasa mengantuk setelah makan. Jika kondisi ini tidak diatasi dengan cepat maka juga bisa meningkatkan resiko bahaya obesitas terhadap kesehatan.

Orang yang mengalami obesitas bisa melakukan beberapa perubahan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, seperti:

  1. Anemia

Anemia disebabkan karena tubuh tidak memiliki zat besi dalam jumlah yang cukup. Sementara zat besi diperlukan untuk memberikan oksigen ke sel-sel darah. Kondisi kekurangan zat besi akan membuat tubuh menjadi lebih lelah dan mengantuk setelah makan. Bahkan zat besi juga tidak bisa terserap hingga bagian usus kecil yang akan membuat tubuh menjadi lebih lemah. Konsumsi berbagai jenis makanan untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh sangat disarankan.

Bahaya Mengantuk Setelah Makan Siang dan Pagi

  1. Membuat tubuh Anda tidak bisa produktif karena mengantuk akan membuat tubuh menjadi lebih lemah dan tidak bertenaga. Jika Anda bekerja maka kemungkinan pekerjaan Anda tidak bisa diselesaikan dengan baik.
  2. Menurunkan prestasi menjadi salah satu bahaya yang terjadi pada anak sekolah atau mahasiswa yang merasa mengantuk setelah makan. Rasa kantuk akan membuat otak dan tubuh tidak bisa bekerja dengan seimbang. Anak sekolah yang mengalami masalah ini biasanya tidak memiliki prestasi yang baik.
  3. Fungsi otak menurun. Ketika tubuh merasa mengantuk maka sebenarnya perintah itu berasal dari otak sebagai reaksi dari saraf dan hormon dalam tubuh. Proses ini membuat otak tidak bisa bekerja maksimal sehingga mempengaruhi semua fungsinya seperti kepekaan yang menurun, tingkat konsentrasi yang rendah dan merasa tidak bersemangat.
  4. Membuat lambung dan bagian dada menjadi tidak nyaman. Karena mengantuk maka Anda akan menguap berlebihan. Ketika menguap maka bisa membuat asam lambung naik dan menyebabkan ada beberapa bagian makanan yang masuk ke pencernaan seperti akan kembali ke atas. Kondisi ini bisa menyebabkan pencernaan menjadi tidak nyaman.
  5. Mengantuk setelah makan akan membuat Anda merasa ingin tidur. Jika Anda benar-benar tertidur walaupun hanya beberapa menit saja maka bisa menyebabkan berat badan meningkat. Hal ini akan menempatkan tubuh Anda pada beberapa resiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

Cara Mengatasi Mengantuk Setelah Makan Pagi dan Siang

  1. Makan Pagi dalam Jumlah yang Cukup Saja

Makan pagi memang sangat penting karena bisa menjadi sumber energi hingga waktu makan siang hari. Bahkan dengan makan pagi maka Anda tidak akan mengambil jumlah makan siang yang berlebihan. Namun jumlah makanan yang dimakan saat makan pagi harus dalam jumlah yang cukup, tidak  berlebihan dan tidak kekurangan. Sejumlah makanan yang sangat disarankan misalnya seperti roti, sereal, yogurt, susu rendah lemak, ubi, dan buah-buahan. Hindari makan berat dengan karbohidrat tinggi seperti nasi beras putih.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Terkadang gaya hidup perkotaan yang cukup sibuk membuat beberapa orang tidak bisa menyiapkan makan pagi dengan baik. Cara instan yang paling sering dilakukan adalah mengkonsumsi makanan cepat saji yang lebih praktis. Namun ternyata makanan cepat saji tidak baik untuk pencernaan karena mengandung banyak garam, karbohidrat, lemak, perasa makanan dan juga gula. Selain itu jumlah kalori juga lebih tinggi. Hal ini akan membuat orang merasa mengantuk setelah makan pagi. Jadi lebih baik membuat sarapan sendiri. (baca juga : dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan)


  1. Batasi Asupan Gula dan Karbohidrat

Pilih jenis makanan yang tepat untuk tubuh juga bisa menghindari rasa mengantuk setelah makan. Konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat hanya akan membuat tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang lebih besar. Akibatnya maka tubuh akan lebih merasa mengantuk. Untuk itu lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan tubuh. Cara ini bisa Anda terapkan untuk makan pagi dan siang.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi juga akan sangat baik untuk tubuh. Namun Anda tetap harus memilih makanan yang tidak mengandung karbohidrat dalam jumlah yang besar. Makanan yang seharusnya dihindari misalnya seperti kentang, nasi putih, kue manis dan mie. Sementara Anda bisa menggantinya dengan sayuran seperti kubis, brokoli, lobak, selada, sawi, bayam, dan sayuran lain. Beberapa jenis kacang-kacangan dan produk makanan dari kedelai juga sangat disarankan sebagai pengganti karbohidrat. (baca juga : makanan yang mengandung protein super tinggi)

  1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Untuk makan pagi dan siang maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Makan yang terlalu banyak hanya akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih berat, bahkan produksi insulin juga bisa terhambat sementara kebutuhan insulin untuk memecah gula menjadi sangat tinggi. Jika hal ini terjadi maka produksi serotonin dalam otak meningkat sementara oksigen dalam tubuh tidak tercukupi. Hal ini yang akan membuat tubuh Anda menjadi lebih mengantuk. Jadi hindari makan banyak.

  1. Hindari Kopi Siang hari

Terkadang segelas kopi menjadi salah satu pendamping makan siang, terutama untuk orang yang sibuk bekerja. Mereka merasa kopi bisa membuat konsentrasi tubuh tetap tinggi dan tidak mudah mengantuk setelah makan. Tapi ternyata kopi tidak membuat tubuh merasa lebih baik karena efek konsentrasi dan terjaga hanya untuk sesaat saja. Setelah itu tubuh menjadi lebih lemah sehingga rasa mengantuk justru lebih berat. Jadi hindari kopi setelah makan siang dan lebih baik jika minum kopi diantara makan pagi dan siang seperti saat jam 10 pagi. (baca juga : bahaya kopi bagi kesehatan)

Mengantuk setelah makan pagi dan makan siang memang sering dialami oleh semua orang. Kondisi ini bisa terkait dengan jenis penyakit tertentu atau pola makan yang salah. Jadi, mulai sekarang kita bisa melihat penyebab dan bagaimana cara untuk merubah kebiasaan ini.

, ,
Post Date: Monday 21st, September 2015 / 03:32 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit