Sponsors Link

15 Cara Mengobati Batuk Berdarah Alami Terbaik

ads

Batuk yang disertai darah sebaiknya tidaklah Anda remehkan karena batuk darah dapat juga dianggap sebagai gejala dari sejumlah kondisi gangguan kesehatan. Bila batuk berdarah terjadi pada seseorang dengan riwayat kesehatan buruk, terutama dialami oleh perokok, potensi jenis batuk satu ini sebetulnya bisa menandakan penyakit serius. Batuk berdarah juga sebetulnya dapat menyerang seseorang yang masih muda dengan riwayat kesehatan baik, yang mengartikan bahwa ada penyakit serius di dalam tubuhnya.

Ada sejumlah penyebab batuk berdarah yang kiranya Anda bisa waspadai karena kondisi-kondisi tersebut cukup serius untuk segera mendapatkan penanganan.

  • Sakit maag atau tukak lambung.
  • Luka berat yang diakibatkan oleh senjata tajam atau kecelakaan lalu lintas.
  • Kanker paru-paru.
  • Kanker tenggorokan.
  • Efek samping pemakaian obat terlarang.
  • Efek samping konsumsi obat pengencer darah.
  • TBC atau tuberkulosis.
  • Emboli paru.
  • Edema paru.
  • Infeksi paru-paru.
  • Bronkiektasis
  • Batuk parah yang terus-menerus dan tak kunjung sembuh.
  • Bronkitis
  • Pendarahan pada hidung, mulut, atau tenggorokan yang kemudian bercampur bersama air liur sehingga akan terjadi batuk.

Apapun penyebabnya, Anda tetap bisa mencari cara mengobati batuk berdarah secara alami yang akan menyembuhkan secara ampuh tanpa efek samping berbahaya.

(Baca juga: penyebab dahak berdarah)

1. Memakai Daun Pegagan

Di dalam daun pegagan ada segudang kandungan senyawa baik yang sangat membantu penyembuhan batuk Anda. Bersifat manis dan menyegarkan, daun ini juga mengandung anti infeksi, anti racun, peluruh air seni dan penurun panas sehingga baik dijadikan sebagai obat tradisional.

  • Caranya: Sediakan daun pegagan sebanyak 60-90 gram yang masih segar, kemudian Anda bisa merebusnya dengan air secukupnya. Air rebusan daun pegagan inilah yang perlu Anda minum setiap hari agar batuk berdarah mereda dan lekas membaik.

2. Menggunakan Madu

Madu yang asli dan murni akan sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Madu juga sangat berperan dalam kesembuhan penyakit batuk, baik itu batuk kering, basah, hingga berdarah. Sifat antibakterinya bisa Anda andalkan dan akan mempercepat pemulihan kondisi Anda, maka carilah cara membedakan madu asli dan palsu bila Anda memerlukannya.

  • Caranya: Sediakanlah madu murni organik sebanyak 1 sendok makan yang bisa langsung Anda minum 3 kali sehari setiap harinya. Madu inilah yang akan mengendalikan batuk Anda dan sangat bagus bila diminum sebelum Anda tidur agar tidak mudah batuk di malam hari. Lakukan pengobatan ini hingga batuk jauh lebih baik.

(Baca juga: penyebab batuk kering dan berdahak)

sponsored links

3. Tidak Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang bisa merusak kesehatan paru-paru dan batuk berdarah sebetulnya juga dapat menjadi tanda ada yang tidak beres pada kesehatan paru-paru. Ketika Anda mengalami batuk berdarah, itu tandanya Anda harus berhenti merokok, atau batuk tersebut akan berkondisi lebih buruk.

Tidak merokok atau menjauhi kebiasaan tersebut diketahui dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh penderita batuk dengan darah. Apabila batuk darah terjadi dikarenakan adanya iritasi paru-paru, maka berhenti merokok akan mengurangi iritasi tersebut. Parah atau tidak, sebaiknya memang tidak menyentuh rokok sama sekali karena di dalam rokok itu sendiri terkandung banyak racun yang berbahaya bagi tubuh.

4. Minum Air Putih

Mungkin Anda sudah tahu betul bahwa bahaya dehidrasi dapat mengincar orang-orang yang jarang minum air putih sehari-harinya. Apabila batuk berdarah ini disebabkan oleh gangguan kesehatan paru-paru, ini tandanya bahwa pada paru-paru kemungkinan pun ada cairan lendir kental. Supaya cairan tersebut dapat lebih encer, minum banyak air putih adalah solusinya.

Selain itu, memang ada bahaya akibat kurang minum air putih bagi kesehatan lainnya yang harus Anda pertimbangkan, seperti tenggorokan yang kering. Untuk menyehatkan tenggorokan, mulut serta paru-paru Anda, memenuhi asupan cairan dalam tubuh secara cukup. Minumlah 8-12 gelas air setiap harinya supaya tubuh senantiasa terhidrasi.

(Baca juga: gejala batuk kering)

5. Istirahat

Mendapat istirahat yang cukup akan dengan cepat memulihkan keadaan seseorang apapun penyakitnya. Batuk berdarah pun adalah suatu kondisi yang mengharuskan Anda banyak istirahat dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup atau bahkan sedikit lebih banyak. Ketika tidur atau beristirahat, inilah waktunya tubuh memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang sedang terganggu.

6. Tidak Berolahraga

Jika sudah diketahui jelas bahwa penyebab  dari batuk berdarah Anda adalah masalah pada paru-paru, sebaiknya Anda tidak membuat paru-paru bekerja lebih keras. Contoh memaksa paru-paru bekerja terlalu berlebihan adalah ketika Anda melakukan banyak aktivitas fisik, terutama berolahraga. Bila biasanya olahraga adalah solusi menyembuhkan penyakit dan mendukung kebugaran tubuh, kali ini Anda harus total istirahat dan melewati waktu olahraga supaya lekas membaik.

7. Menghangatkan Badan

Batuk disertai darah bisa jadi berasal dari adanya infeksi pada paru-paru, seperti misalnya penyakit pneumonia. Jadi akan lebih baik apabila Anda tetap menjaga kehangatan tubuh dan menjauhi suhu dingin. Selalu sedia selimut, jaket, kaos kaki, maupun baju-baju tebal untuk membantu Anda tetap berada dalam keadaan hangat agar tidak mudah batuk-batuk lagi.

(Baca juga: buah yang mengandung vitamin c super tinggi)

8. Menggunakan Anggur

Anggur adalah jenis buah bernutrisi cukup lengkap yang memang berkandungan air sangat tinggi. Di dalamnya ada 20 persen zat gula dan 70 persen air yang bisa juga dikonsumsi untuk menjaga tubuh terhidrasi. Tidak lupa juga bahwa di dalamnya ada juga kandungan polifenol, resveratol, kalsium, zat besi, mangan, fosfat, glukosida dan asam galat yang akan menutrisi tubuh dengan baik.

  • Caranya: Untuk meredakan dan menyembuhkan batuk berdarah Anda, silakan membuat jus anggur. Ambil jus anggur 2 sendok teh yang dicampurkan bersama 2 sendok teh madu murni. Minumlah obat alami ini sehari 3 kali untuk penyembuhan lebih cepat dan efektif. Anda akan merasakan batuk tidak lagi seintens sebelumnya dan cairan darah yang keluar akan berkurang juga ketika mengobati secara rutin dengan cara satu ini.

9. Memakai Jahe

Terlepas dari adanya efek samping jahe, rempah ini sudah terbukti ampuh dalam mengobati batuk. Lalu apakah jahe juga efektif dalam menyembuhkan batuk berdarah? Anda boleh membuktikannya sendiri.

  • Caranya: Ambil jus atau sari jahe setengah sendok teh saja yang kemudian bisa ditambahkan dengan sesendok teh madu murni. Campurkan kedua bahan ini barulah Anda minum secara teratur 2-3 kali dalam sehari. Obat ini akan secara efektif meredakan batuk darah.

(Baca juga: obat batuk berdahak tradisional)

10. Minum Susu Hangat

Susu dengan kandungan kalsiumnya kerap menjadi solusi bagi yang ingin memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Tapi ternyata segelas susu hangat pun dapat menjadi obat manjur bagi yang mengalami masalah batuk darah.

  • Caranya: Sediakan susu hangat segelas saja yang kemudian bisa ditambah dengan madu secukupnya (bisa juga madu digunakan sebagai pemanisnya). Konsumsilah sehari 2 kali karena ini bakal secara ampuh meredakan kekeringan serta iritasi pada saluran pernapasan dan tenggorokan Anda. Untuk batuk berdarah Anda, obat ini pun mujarab asalkan diminum secara rutin hingga benar-benar sembuh.

11. Menggunakan Daun Parthenium Krisan

Daun parthenium krisan mungkin agak jarang terdengar namanya atau malah sama sekali asing bagi Anda. Tapi bila Anda mengetahui dan mudah menemukannya, Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat tradisional obat berdarah. Penyakit pernapasan apapun yang menyebabkan batuk disertai darah dapat Anda obati dengan daun ini.

  • Caranya: Ambil ekstrak daun parthenium krisan dengan menyediakan daunnya sebanyak 5 lembar. Rebuslah bersama secangkir air selama 30 menit, dan tunggulah sampai dingin lebih dulu. Selanjutnya, Anda boleh menyaringnya baru diminum 2 sendok teh ekstrak tersebut sehari 2 kali untuk menyembuhkan batuk darah lebih efektif dan cepat.

(Baca juga: buah untuk obat batuk)

Sponsors Link

12. Memakai Daun Kemangi

Daun kemangi biasanya adalah lalapan nikmat yang membawa banyak manfaat kesehatan. Ramuan obat dari daun kemangi ditambah dengan beberapa bahan lainnya akan mendukung pemulihan batuk berdarah Anda jauh lebih maksimal.

  • Caranya: Sediakan daun kemangi dan juga jus jahe secukupnya, bersama dengan bubuk lada hitam sebanyak ½ sendok teh. Campurkan ketiga bahan tersebut pada secangkir air. Ramuan dapat dikonsumsi sebanyak 1 sendok teh saja setiap harinya di mana sehari bisa diminum 2-3 kali. Ketiga bahan ini diyakini mampu meredakan batuk secara alami dan efektif.

13. Menggunakan Kencur

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa kencur sangat baik untuk batuk, namun mungkin tak banyak yang tahu bahwa batuk berdarah sekalipun dapat diatasi dengan bahan satu ini. Salah satu obat batuk darah paling baik dapat Anda temukan pada kencur yang dikombinasikan dengan kunir.

  • Caranya: Sediakan kencur dan kunir secukupnya, bersihkan dengan air lalu kupaslah kedua bahan tersebut. Kencur dan kunir pun dapat Anda tumbuk sampai benar-benar lembut atau jika ingin lebih sederhana, Anda dapat memblendernya. Setelah diblender, ambil airnya dengan memerasnya. Air perasan inilah yang bisa Anda rebus sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Tambahkan pemanis alami seperti gula jawa secukupnya saja, ketika sudah dingin Anda bisa meminumnya 2 kali sehari, yakni pagi dan sore sampai batuk sembuh.

(Baca juga: ciri-ciri batuk bronkitis)

14. Memakai Serai

Serai adalah tanaman yang juga bisa digunakan sebagai obat batuk berdarah. Akar tanaman ini dapat Anda siapkan untuk membuat ramuannya.

  • Caranya: Sediakan akar tanaman serai secukupnya dan cucilah lebih dulu sampai bersih sebelum Anda rebus bersama air 1 gelas selama semenit saja. Angkat ketika mendidih, dinginkan lebih dulu barulah nantinya bisa diminum. Meminumnya rutin akan membantu menyembuhkan batuk berdahak secara lebih efektif.

15. Daun Sirih

Daun sirih pun adalah obat batuk herbal yang sudah banyak digunakan orang. Untuk batuk berdarah pun daun sirih boleh menjadi solusinya.

  • Caranya: Sediakan daun sirih 1-2 lembar saja yang kemudian dapat direbus bersama dengan jahe secukupnya yang sudah Anda potong kecil-kecil. Air rebusan yang sudah matang dapat ditunggu dulu hingga lebih hangat. Minumlah sehari sekali sampai ada progres.

(Baca juga: gejala batuk kering)

Cara mengobati batuk berdarah manakah yang ingin Anda coba? 15 cara tersebut sangat efektif dan penting untuk Anda pertimbangkan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, September 2016 / 03:00 Oleh :
Kategori : Batuk