Sponsors Link

41 Makanan yang Baik Untuk Diabetes – yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Ada beberapa jenis-jenis dari penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dalam diabetes tentu terdapat luka diabetes yang sangat membuat penderitanya menjadi menderita, karena luka diabetes sangat menyakitkan. diabetes bisa dibilang suatu penyakit yang mengerikan, bahkan diabetes bisa menyebabkan seseorang kehilangan organ tubuhnya seperti jari kaki, jari tangan dan bahkan tulang yang ada di dalam tubuh itu, pada saat gula yang dikonsumsi meningkat maka gula darah akan ikut mengingkat, oleh sebab itu gula pada darah juga akan meningkat, yang dalam artian kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi dan perlu dinetralkan, untuk menetralkan kadar gula darah maka diperlukan beberapa asupan makanan, asupan makanan tersebut diantaranya adalah

ads
  1. Bayam

Bayam memiliki kandunga lutein yang dapat menormalkan kadar gula dalam darah kembali, selain itu tanaman bayam ini sangat mudah ditemukan sehinga mampu untuk menjadi ramuan paling mudah digunakan, bayam memililiki kandungan letein diamana pada penelitian kandungan letein ini sangat bagus untuk pengobatan makula mata yang dapat digunanakan sebagai pencegahan kebutuaan, karena diabetes akut dapat menyebabkan kebutaan. Pada dasarnya diabetes memiliki dua jenis diabetes yaitu diabetes kering dan basah, adapun ciri-ciri diabetes kering dan basah sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

  1. Minyak zaitun

Dalam minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh sehingga dapat membuat lipoprotein dalam tubuh menjadi turun.

  1. Buah acai berry

Buah yang satu ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh terutama untuk penderita diabetes, pada buah acai berry mampu memperbaiki kerusakan pada sel-sel yang disebabkan oleh diabetes. Kandungan yang bermanfaat dari buah acaiberry ini adalah asam lemak omega 3 dan 6.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang rendah kolesterol jahat, paa dasarnya kolesterol ini akan memunculkan penyakit seperti diabetes, dengan mengkonsumsi bawang putih artinya mencegah kolesterol itu agar tidak menjadi diabetes. Bawang putih sangat baik untuk penderita diabetes karena  ia memiliki kandungan vitamin a dan vitamin B-1.

  1. Beras merah

Jenis makanan ini sudah tidak asing lagi, beras merah memiliki serat yang kaya sehingga dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Pada beras merah ini dipercaya mampu untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal, selain itu cara menjaga kadar gula darah agar normal masih ada banyak lagi, seperti mengkonsumsi buah rendah gula dan berhenti mengkonsumsi makanan junkfood.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang menghasilkan karbohidrat, namun karbohidrat yang dihasilkan oleh oatmeal ini tidak seperti nasi putih, sehingga ia tetap baik untuk penderita diabetes, selain itu oatmeal memiliki serat yang mampu mengontrol gula darah.

  1. Yogurt

Yogurt ada dua jenis, yogurt tanpa lemak dan yogurt yang memiliki banyak lemak, untuk penderita diabetes disarankan memilih yogurt rendah lemak.

  1. Buah naga

Buah naga memiliki kandungan B3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi buah naga akan membantu mencegah diabetes.

Sponsors Link

  1. Apel hijau

Apel hijau memiliki manfaat yang baik untuk diabetes, ternyata apel hijau tidak hanya mengandung vitamin a saja, tetapi ia memiliki vitamin B1 yang beramanfaat baik untuk diabetes. Bagi penderita diabetes sangat cocok mengkonsumsi apel hijau ini, karena rasanyapun tidak terlalu manis dan tidak pula terlalu masam. Penderita diabetes harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan jangan sampai makanan yang dikonsumsinya malah menjadi penyebab kadar gula darah di atas 200 yang tentunya itu sudah membahayakan bagi tubuh

  1. Buah mengkudu

Buah mengkudu memiliki vitamin E dan koenzim yang baik untuk tubuh, terutama ntuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan adanya sistem peningkatan kekebalan tubuh secara otomatis dapat bermanfaat baik bagi penderita diabetes. Agar kekebalan tubuh penderita dapat lebih kuat.

  1. Buah pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin C  yang mampu membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh akan tetap terjaga dan tidak mudah terluka, karena orang yang menderita diabetes kekebalan tubuhnya akan terganggu serta metabolisme pun terganggu yang menyebabkan setiap penyakit yang ada sulit untuk disembuhkaan.

  1. Alpukat

Alpukat sangat diperkaya berbagai macam manfaat bagi kesehtan, tidak terkecuali pada diabetes, alpukat mampu megurangi sindrom metabolik, diamna sindrom ini merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan diabetes, oleh sebab itu alpukat sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes

  1. Jambu air

jambosine dalam jambu air ini merupakan jenis alkaloid yang dapat mengontrol gula darah, sehingga gula darah pada penderita diabetes akan turun dan pegembangannyapun terhambat, karena alkaloid pada jambu air  menghalangi konversi pati menjadi gula

  1. Belimbing wuluh

Kalsium pada belimbing wuluh ini mampu memberikan kekuatan pada tulang agar tulang lebih kuat, terutama pada penderita diabetes karena pada penderita diabetes tulang pun dapat terserang dan menjadi lumpuh.

  1. Toge

Toge merupakan salah satu jenis sayurang yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Toge baik untuk diabetes karena kandungan kalori yang didalamnya sangat sedikit serta serat dalam diabetes sangat baik untuk penderita diabetes. Pada dasarnya diabetes memerllukan nutrisi yang banyak agar dapat mengobati diabetes kering, Ciri-ciri diabetes kering dan basah dapat diketahui dengan mudah jika melihatnya dengan jeli

  1. Lidah buaya

Lidah buaya selain dapat dimanfaatkan untuk prodak kecantikan karena vitmin E dan antioksidan yang baik ia juga bermanfaat untuk penderita diabetes.

  1. Kangkung

Kangkung sama halnya dengan bayam, kandungan dalam kangkung dengan bayam bermanfaat untuk penderita diabetes, yaitu menjaga daya tahan tubuh serta mengandung zat besi yang baik untuk keseimbangan tubuh.

  1. Kacang merah

Kacang merah termasuk jenis kacang-kacangan yang sangat beramanfaat untuk kesehatan, bahkan tidak hanya untuk diabetes saja, teapi juga untuk beberapa pengobatan penyakit lainnya.

  1. Kacang tanah

Kacang tanah yang sering disebut kacang brol ini memiliki banyak manfaat, sama seperti kacang merah ia pun memiliki manfaat, tak terkecuali untuk diabetes.

  1. Sawi hijau

sawi hijau memiliki kandungan antioksidan yang sudah jelas baik bagi tubuh, antioksidan bermanfaat untuk mengatur glukosa menjadi rendah sehingga gula darah dapat ditangani.

  1. Daun pandan

Daun pandan selain baik untuk masakan karena daun pandan merupakan pengharum makanan alami dan juga sehat, daun pandan sangat memiliki zat-zat bermanfaat bagi tubuh, terutama zat yang bermanfaat untuk diabetes. Pada penderita diabetes segala makanan yang membantu meredakan penyakit sangat bermanfaat.

  1. Daun selada

Sellada memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk diabetes, bahkan dalam penelitian di Amerika seorang yang menderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi selada karena memiliki warna yang gelap dan mengandung nutrisi serta karbohidrat yang baik.

  1. Pare

Pare memiliki rasa pahit sehingga baik untuk penderita diabetes, rasa pahit pada pare ini dapat digunakan penderita diabetes untuk menetrralisir gula darah yang tinggi yang ada dalam darah penderita,  pada saat mengkonsumsi pare zat rasa pahit pada pare akan bekerja dengan maksimal dan membuat tubuh menjadi normal kembali

  1. Daun serai

Daun serai sering kali digunakan untuk masak memasak, terutama masak daging dan lain sebagainya, pada saat memasak, daum serai digunakan untuk menetralisir rasa agar rasa lebih sedap dan mantap, begitu pula dengan tubuh ini, serai bermanfaat agar gula dalam darah dapat menjadi normal.

  1. Gandum

Gandum memiliki kandungan karbohidrat yang lebih baik dari pada nasi putiih, pada gandum kandungan karbohidrat tidak menyebabkan raasa cepat lapar sehingga penderita diabetes tidak terus-terusan makan, karena makanan yang dikonsumsi ditakutkan kurang baik bagi penderita.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh jadi baik untuk penceernaan, selain itu ubi jalar juga mengandung zaat yang mampu untuk memberikan energi pada tubuh agar glukosa pada darah tidak menjadi tinggi.

  1. Ketela pohon

Ketela pohon tentu sudah tidak asing lagi, ketela pohon yang sering akrab dikenal dengan sebutan telo ini mengandung banyak karbohidrat yang dapat dijadikan penganti nasi pula, selain itu ketela pohon ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Sehingga hal ini bagus untuk penderita diabetes

  1. Kentang

Pada penderita diabetes tentu membutuhkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan rendah akan kalori, hal itu terdapat pada kentang, kentang memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk penderita diabetes, namun untuk mengkonsumsi kentang ini diperlukan pengolahan kentang yang bagus, yaitu bukan digoreng melainkan dipanggang, karena kentang goring akan menyebbakan banyak lemak.

  1. Ikan tuna

ikan tuna mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan tubuh dan keseimbangan metabolism tubuh, dengan adanya ikan tuna, penderita diabetes tentu akan terbantu dalam proses penyembuhannya.

  1. Ikan salmon

Sama halnya dengan ikan tuna, ikan salmon pun memiliki fungsi demikian, hingga ikan salmon merupakan salah satu dari beberapa ikan yang direkomendasikan.

  1. Popron tawar

Popron tawar memang baik untuk diabetes, bahkan ini menjadi camilan untuk penderita diabetes, harus diingat bahwa yang baik adalah popcorn tawar, bukan popron beraneka warna.

ads
  1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak adalah daging yang cara pengolahannya tidak digoreng, sudah diketahui bukan bahwa daging yang dikonsumsi sesuai dengan porsinya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

  1. Jus tanpa gula

Pada saat mengkonsumsi jus, pasti lebih enak jus yang memiliki rasa manis bukan ? padahal sebenarnya jus yang bermanfaat adalah jus yang murni tanpa gula, tapi bukan berarti jus dengan gula tidak beramanfaat, tidak, bukan demikian. Namun lebih bagus saja mengkonsumsi jus tanpa gula, karena jus dengan gula apalagi rasa yang terlalu manis akan mengaggu kadar gula sehingga kadar gula menjadi naik dan menjadi kadar gula tinggi yang dapat menyebabkan diabetes.

  1. Tahu

Tahu sangat baik bagi penderita diabetes, tahu memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh yang tentunya dapat mengontrol gula darah yang berada dalam tubuh.

  1. Susu rendah lemak

Susu mengandung banyak protein yang mampu mencegah terjadinya kerusakan pada tubuh, sehingga hal ini akan membantu mencegah kerusakan akut pada penderita diabetes.

  1. Kopi

Kopi bagi penderita diabetes menduduki dua tempat, yang pertama kopi ini memiliki manfaat bagi diabetes, tetapi ternyata kopi juga memiliki bahaya bagi diabetes, kopi memiliki rasa pahit sehinga baik untuk diabetes karena membantu menetralkan kadar gula dalam darah, namun rasa manis pada kopi (tambahan gula) ini yang berbahaya untuk diabetes.

  1. Coklat hitam

Makanan ini kaya akan flavonoit sehingga mampumeningkatkan sensitivitas insulin, insulin akan memudahkan glukosa darah dalam pengolahan sehingga glukosa darah akan cepat diulah, dengan demikian makan akan hilang nafsunya. Artinya ini akan membantu penderita diabetes agar tidak makan terlalu banyak, sehingga makanannya pun terjaga.

  1. Blueberry

serat tak larut dalam blueberry akan membantu tubuh menghilangkan lemaknya dan juga akan mengendalikan kadar gula lebih bai karena serat tak mudah larut dan dapat lebih lama diolah. Dengan demikian kadar glukosa dalam darah dapat diturunkan.

  1. Kacang kenari

Pada kacang kenari terdapat lemak tak jenuh yang dapat menurunkan tingkat peradangan, selain itu ia memiliki omega- yang baik untuk mencegah pengembangan diabetes. Sehingga diabetes tidak berkembang terus dan tidak akan merusak sel-sel yang menyebabkan cacat.

  1. Kayu manis

Kayu manis mempu menurunkan kadar gula sebesar 30% dalam konsumsi satu gram kayu manis, data ini sesuai dengan jurnal “diabetes care”. 30 % kadar gula ini turun pada penderita diabetes tipe 2.

  1. Tomat

tomat dapat mengurangi penggumpalan darah pada nadi peredar darah, karena adanya vitamin c yang memberikan kelancaran dalam proses peredaran darah. Selain itamin c tomat memiliki zat besi dan antioksidan yang juga penting untuk mengatasi diabetes.

Dengan mengkonsumsi makanan rendah gula berarti sama saja membantu tubuh untuk menetralkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga penderita diabetes pun akan dapat ditolong dengan cepat dan mudah. Selain mengetahui makanan yang baik bagi penderita diabetes tidak ada salahnya mengetahui pula makanan yang buruk untuk penderita diabetes

Makanan yang harus dihindari

  1. makanan instan

makanan instan seperti mie instan, dan minuman seduh itu harus dihindari dari penderita diabetes, karena itu akan merusak pencernaan dan akan mengaggu proses pemulihan gula darah juga, selain itu bahaya mie instan bagi penderita diabetes ini akan menyebabkan penderita diabetes semakin lama untuk sembuh

  1. telur

bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi banyak telur,  bahaya telur bagi penderita diabetes ini harus diketahui, agar jangan sampai penderita mengkonsumsi telur dan malah membuat penderita semakin menderita

  1. Madu

Madu yang bermanfaat untuk lambung ternyata memiliki bahaya bagi penderita diabetes, ada beberapa bahaya madu untuk diabetes yang harus diperhatikan agar diabetes tidak semakin akut.

  1. Buah berbahaya

Ada beberapa buah berbahaya untuk diabetes, dianta buah-buah itu seperti buah-buah yang memiliki kandungan manis yang sangat banyak. Salah satu buah berbahaya bagi penderita diabetes adalah jeruk, bahaya jeruk bagi penderita diabetes ini juga harus diperhatikan dengan seksama, jangan sampai malah membuat penderita semakin akut.

  1. Alkohol

Yang tak kalah bahaya adalah alkohol, bahaya pengaruh alkohol bagi penderita diabetes harus benar-benar diwaspadai, bahkan bagi penderita diabetes bukan hanya konsumsi saja yang dihindari tetapi juga menghirup alkohol harus dihindari.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari oleh penderita diabetes, pada artikel kali ini sudah dibahas mengenai makanan apa saja yang baik untuk penderita diabetes dan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, dengan begitu anda harus cermat memilih dan memilah makanan agar tidak terjadi kesalahan dalam mengkonsumsi makanan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 14th, July 2016 / 06:12 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat