3 Bahaya Penyakit Flu Burung Dan Pencegahannya

Flu burung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Bahaya penyakit flu burung ini dikarenakan pada saat ini virus flu burung selalu melakukan adaptasi sehingga dari hari ke hari semakin kuat. Flu burung ini sesungguhnya merupakan virus yang menyerang pada unggas atau burung, namun apabila dikonsumsi atau berada di lingkungan sekitar manusia, maka manusia juga bisa tertular.

Flu burung ini jika sudah masuk ke dalam tubuh manusia tidak akan langsung menunjukkan gejala. Tetapi diperlukan masa inkubasi sekitar 3 sampai 7 hari terlebih dahulu. Baru setelah inkubasi, flu burung ini mulai menunjukkan gejala dan tanda tanda. Berikut ini adalah beberapa gejala flu burung:

Flu burung adalah penyakit yang mulai mewabah sejak tahun 2000 an. Pada awalnya penyakit ini hanya menyerang unggas saja, namun lama kelamaan virus ini bermutasi hingga bisa menyebar ke manusia. Virus flu burung yang bermutasi tersebut adalah jenis H5N1 dan H7N9. Kedua jenis virus tersebut sangat ganas karena selain unggas, banyak manusia juga yang menjadi korban.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan penularan flu burung:

  • Menyentuh unggas yang telah terinfeksi
  • Menghirup debu dari kotoran unggas yang telah terinfeksi
  • Mengkonsumsi daging/telur unggas yang kurang matang saat dimasak
  • Belanja di pasar unggas yang sanitasinya sangat buruk serta beberapa unggasnya terkena flu burung

Satu hal yang perlu diwaspadai dari flu burung ini adalah cara penularannya yang sudah kami catat di atas. Salah satu upaya mencegah flu burung adalah kita harus peka terhadap kondisi di sekitar kita. Apakah di lingkungan sekitar tempat tinggal kita ada beberapa unggas mati mendadak. Apakah di sekitar kita ada unggas mati yang tidak dibakar pada saat pemusnahannya. Atau apakah kita sudah benar benar memasak ayam atau unggas lain hingga benar-benar matang.

Semua upaya preventif harus kita lakukan karena jika terserang flu burung ini aka nada bahaya yang mengancam hidup kita. Meskipun saat ini sudah ada beberapa obat flu yang sudah bisa mengatasi flu burung. Tetapi kalau penanganannya terlambat, tentu nyawa kita akan terancam.

Berikut ini adalah bahaya penyakit flu burung jika tidak cepat ditangani:

  1. Sindrom Gagal Napas Akut

Berdasarkan kamus kesehatan, sindrom gagal napas akut adalah suatu masalah pada paru-paru yang terjadi ketika cairan tertumpuk di dalam paru, menyebabkan kegagalan bernapas dan kadar oksigen rendah di dalam darah. Dengan berkurangnya kadar oksigen di dalam darah, maka organ penting seperti otak, ginjal, dan jantung tidak bisa bekerja secara normal. Sehingga kemungkinan kegagalan organ akan tinggi dan bisa menyebabkan kematian. Fakta menyebutkan, 40% orang dengan penyakit ini tidak mampu bertahan hidup.

  1. Pneumonia

Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi yang terjadi pada paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru berisi cairan. Cairan tersebut merupakan cairan hasil metabolisme bakteri yang menginfeksi paru-paru. Pneumonia adalah penyakit yang berbahaya, dan apabila terjadi pada anak, persentase kematiannya tergolong cukup tinggi. Namun penyakit ini sudah ada vaksinnya, yakni vaksin pcv.

  1. Kegagalan Multi Organ

Jika kita terserang virus flu burung, maka saluran pernapasan kita akan terganggu dan menyebabkan suplai oksigen yang masuk ke paru paru menjadi berkurang. Jika hal ini terjadi, maka kadar oksigen dalam darah akan menurun sehingga organ lain tidak bisa berfungsi secara normal. Hal ini tentu akan mengganggu kinerja jantung, ginjal, dan juga otak. Jika ini terjadi, maka persentase kematiannya akan menjadi sangat tinggi.

Demikian artikel mengenai bahaya penyakit flu burung dan cara pencegahannya. Semoga dengan ini kita bisa lebih waspada terhadap penyebaran penyakit berbahaya ini.