Sering Begadang? Waspada, 5 Penyakit Ini Akan Mengintai

202

Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan begadang, baik karena adanya tugas atau pekerjaan penting maupun karena ingin bersenang-senang. Padahal kebiasaan tersebut tidaklah sehat, bukan hanya membuat tubuh menjadi cepat lelah namun juga dapat memicu munculnya sejumlah penyakit. Jika hanya dilakukan sesekali sambil diimbangi pola hidup sehat mungkin tidak akan berdampak buruk. Namun jika sering dilakukan sebaiknya Anda waspadai 5 penyakit yang mengintai orang-orang yang suka begadang berikut ini.

1. Imunitas Tubuh Menurun

Saat tidur, tubuh akan menghasilkan enzim cytokines, yang dapat mencegah terjadinya inflamasi. Jika sering begadang tentu jadwal tidur akan menjadi kacau hingga waktu tidur pun berkurang. Akibatnya pembentukan enzim tersebut terhambat, dan berdampak pada daya tahan tubuh. Orang yang sering begadang akan lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh menjadi lemah.

2. Hipertensi dan Penyakit Jantung

Antara penyakit hipertensi dan penyakit jantung memang saling berkaitan, karena itu seseorang yang telah mengalaminya tentu akan sangat berhati-hati dalam menjalani hidup agar bisa sehat dan beraktivitas dengan lancar. Sayangnya, kebiasaan tidur hingga larut malam justru dapat memicu dan memperburuk kedua penyakit tersebut. Karena itu, hindari kebiasaan begadang sekalipun ada perkejaan yang harus diselesaikan.

3. Obesitas

Banyak orang yang mengalami obesitas ketika sering begadang dan berlangsung untuk waktu yang lama. Hal ini dikarenakan saat kita terjaga di malam hari, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon yang merangsang rasa lapar, sehingga nafsu makan meningkat meski kita telah makan malam sebelumnya. Hal ini akan membuat kita makan berlebih di tengah malam dan memicu penimbunan lemak di tubuh yang berujung pada obesitas.

4. Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit lainnya yang tidak kalah berbahaya akibat kebiasaan begadang adalah penyakit diabetes. Penyakit ini dapat muncul karena ketika terjaga di malam hari, produksi hormon insulin sangat meningkat dan memperlambat pengolahan glukosa. Akibatnya, glukosa dalam dalam darah menjadi tinggi sehingga dapat memicu penyakit kencing manis. Saat tidur, pengolahan glukosa tetap terjadi, karena itu kita butuh tidur yang cukup agar kadar gula darah tetap stabil.

5. Perubahan Mood dan Depresi

Siapapun tidak akan nyaman berinteraksi dengan orang yang suasana hatinya sedang kacau. Jika Anda tidak ingin ini terjadi, sebaiknya hindari begadang. Jika tubuh kurang tidur dari 6 jam di malam hari, hormon kortisol yang merupakan hormon stres akan meningkat. Hal ini akan membuat seseorang mengalami depresi hingga mood yang buruk. Selain itu, tubuh juga menjadi sangat lelah dan tidak bersemangat untuk beraktivitas.

Penyakit di atas bisa dibilang cukup berbahaya, dan ada baiknya jika kita menghindari dengan tidur yang cukup berkualitas di malam hari. Lebih baik jika tidur di awal waktu untuk bisa bangun lebih cepat, sehingga pekerjaan yang tertunda bisa diselesaikan di pagi hari sebelum memulai aktivitas apapun.