9 Efek Kelebihan Asam Folat Bagi Tubuh

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin yang biasa di kenal dengan sebutan B9. Khasiatnya mampu mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan yang baik untuk otak. Bukan hanya itu, ternyata kandungan asam folat juga meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah gangguan kardiovaskuler seperti penyakit jantung.

Vitamin merupakan salah satu unsure makro nutrient yang harus di penuhi oleh tubuh. Namun jangan khawatir, meski masuk ke dalam unsure makronutrient, konsumsi vitamin tidak harus banyak kadarnya. Hanya saja jika tidak memenuhinya, maka akan ada gangguan atau difungsional tubuh anda. Karena kebutuhan nutrisi tubuh hanya memerlukan sedikit, maka harus di ingat jangan sampai kelebihan pula. Hal ini mampu menimbulkan dampak buruk untuk tubuh. Sama seperti saat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, makan overdosis asam folat pun bisa terjadi.

Dosis Konsumsi Asam Folat

Asam folat bisa didapatkan dari mana saja. Misalnya dari sayuran hijau, daging, hati, bibit gandum, kacang kering, ragi, susu, sereal, serta buah buahan (terutama jus jeruk). Dalam rangka memenuhi nutrisi cukup gizi, pastilah anda berusaha untuk selalu makan dengan pola makanan 4 sehat 5 sempurna. Jika hal ini anda lakukan dengan pas dan benar, tentu saja pola mengkonsumsi vitamin B9 sudah dalam dosis yang cukup.

Tapi jika anda bukan orang yang memiliki tipe makan dengan empat sehat lima sempurna, tentu kebutuhan gizi ini tidak bisa di penuhi secara seimbang. Oleh sebab itu di sarankan dokter menambah kan suplemen sebagai salah satu pemenuhan gizi anda. Disinilah yang perlu anda perhatikan. Pemenuhan gizi setiap umur manusia itu berbeda-beda. Semakin tua dan dewasa seseorang, gizi yang harus dipenuhi juga lebih banyak jika dibandingkan dengan anak-anak. Berikut adalah rinciannya :

  • Usia di bawah 3 tahun : < 300 mcg
  • Usia 4 – 8 tahun : < 400 mcg
  • Usia 9 – 13 tahun : < 600 mcg
  • Remaja : < 800 mcg
  • Dewasa : < 1000 mcg

Bagaimana jika mengalami kelebihan asam folat pada tubuh?? berikut ini adalah efeknya :

1. Mengganggu asupan vitamin B12

Ketika kebutuhan untuk memenuhi dosis vitamin B9 sudah lebih dari cukup. Bahkan sampai terlalu banyak, akan sangat berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan B12.Interaksi akan terjadi antara B12 dengan B9 jika kadar dari B9 terlalu banyak. Sehingga pemenuhan makanan yang mengandung B12 akan terhalangi, padahal tidak dipungkiri bahwa tubuh juga harus memenuhi B12 pula. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka tubuh akan mengalami defisiensi B12.


2. Merasa sulit tidur

Seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau biasa dikenal dengan insomnia, juga merupakan indikasi adanya kelebihan B9 asam folat. Meskipun tidak semua orang yang mengalami kesulitan tidur disebabkan karena kelebihan dosis asam folat. Namun ini mampu menjadi salah satu indikasi yang cukup serius. Kesulitan tidur ini, juga bisa terjadi karena :

3. Ruam di kulit

Adanya ruam ruam kemerahan yang ada dikulit juga merupakan salah satu efek kelebihan asam folat. Hal ini menjadi gejala primer yang pasti terjadi ketika seseorang mengalami asam folat yang banyak dalam tubuh. Meskipun tidak semua ruam ruam yang muncul adalah gejala dari kandungan asam folat yang banyak pada tubuh. Kondisi ruam kulit ini juga bisa diakibatkan oleh macam macam penyakit kulit.

4. Terjadi kejang

Gejala kejang-kejang juga menjadi salah satu gejala yang pasti terjadi ketika seseorang mengalami asam folat berlebih. Hal ini terjadi karena dosis yang tinggi mengganggu sistem tubuh. Oleh sebab itu munculah kejang yang merupakan gejala primer seseorang yang mengalami kelebihan asam folat. Kejang ini juga bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti :

5. Muncul rasa kesemutan

Sering kesemutan adalah efek dari seseorang yang mengalami kekurangan kandungan B12. Terjadinya defisiensi ini di sebabkan karena kelebihan asam folat di dalam tubuh, sehingga ketika ada vitamin b12 masuk akan terhalangi oleh banyaknya asam folat. Untuk mencegah terjadinya hal itu adalah dengan mengurangi dosis asam folat. Hal ini adalah satu satunya cara agar vit B12 bisa masuk ke dalam tubuh.

6. Efek jangka panjang mati rasa

Salah satu efek panjang jika tubuh anda terus terusan tidak mendapat asupan vitamin B12 adalah mati rasa. Hal ini terjadi karena sistem tubuh anda lama kelamaan akan menjadi rusak. Salah satu tandanya dengan tubuh anda yang mati rasa. Defisiensi vit B12 memang cukup berbahaya. Oleh sebab itu kendalikan asupan vit 9 atau asam folat.

7. Terasa mual

Asam folat yang berlebihan akan mempengaruhi tingkat keasaman lambung anda. Hal ini yang menyebabkan salah satu efek yang di timbulkan jika asam folat berlebih di dalam tubuh. Penyebab sering mual ini akan berdampak pada kondisi seperti :

8. Kelelahan

Anda merasakan lelah yang sangat? Namun ketika akan tidur, mata tidak bisa terpejam? Mungkin itu adalah salah satu tanda bahwa kadar asam folat di dalam tubuh anda terlalu banyak. Tapi masalah kelelahan ini tidak semata-mata karena asam folat saja, namun beberapa kondisi berikut ini juga berpengaruh seperti :

9. Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Salah satu lagi efek yang di timbulkan ketika seseorang terkena asam folat tinggi adalah tekanan darahnya naik. Kondisi seperti ini yang terus menerus dapat berakibat pada terjadi darah tinggi. Kondisi darah tinggi perlu perawatan yang intensif seperti :

Trik Mencegah Kelebihan Asam Folat

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Pepatah ini memang benar. Mencegah akan mengurangi biaya yang anda keluarkan. Sebab anda hanya mengurangi hal hal tertentu atau menghindari konsumsi makanan tertentu. Sedangkan berobat membuat anda harus membayar tagihan rumah sakit, perawatan, obat obatan dan sebagainya.

Berikut ini ada beberapa langkah dan cara untuk menghindari asam folat berlebih, yakni :

Variasikan menu makanan anda – Cukup banyak makanan yang mengandung vitamin B9. Seperti jenis kacang kacangan, bayam, jeruk dan sebagainya. Kandungan vitamin dari bahan alami akan menghindari anda dari dosis berlebih. Sebab dalam satu makanan tidak hanya aka nada satu jenis vitamin dan mineral saja. Cukup banyak dalam dosis normal. Sehingga sangat baik di konsumsi meskipun dalam jumlah banyak.

Hindari mengkonsumsi supplemen vitamin B9 – Meski anda tidak mampu mengkonsumsi secara langsung makanan alami, salah satu pilihannya adalah dengan konsumsi vitamin B9 kapsul. Biasanya malah makanan seperti ini dosisnya hanya prefer ke satu vitamin saja. Padahal anda bukan hanya harus penuhi satu vitamin, tapi banyak jenisnya. Untuk itu sarannya konsumsilah multivitamin. Ia malah lebih kompleks kandungannya.

Semoga artikelnya bisa bermanfaat bagi anda….

, ,
Post Date: Friday 02nd, October 2015 / 04:19 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi