21 Cara Menahan Lapar untuk Diet yang Sehat

Ketika rasa lapar datang, ini sebenarnya adalah sebuah tanda atau alarm di mana tubuh perlu makan segera. Menahan lapar adalah yang paling sering dilakukan oleh orang-orang yang melakukan program diet. Karena selapar apapun, mereka berpikir untuk menahannya sampai jam makan berikutnya supaya menghindari ngemil. Hati-hati terhadap risiko menahan lapar karena hal ini dapat memicu masalah pencernaan dan lambung, seperti gejala penyakit maag dan gangguan kesehatan lainnya.

Cara menahan lapar sewaktu Anda melakukan diet bisa dibagi menjadi dua, yaitu mencegah supaya rasa lapar tidak mudah menghampiri serta memperbolehkan tubuh menerima makanan kecil saat terasa lapar. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa Anda praktikkan apabila Anda diet dan ingin supaya tidak cepat lapar atau menghindari godaan untuk makan.

(Baca juga: penyebab cepat lapar)

1. Minum Air Putih

Diet air putih tampaknya sudah cukup populer di mana-mana dan untuk mengganjal perut alias menahan lapar terlalu mengganggu, minumlah air putih 1 gelas saja. Anda akan merasa baikan setelah meminumnya karena rasa lapar tak akan mudah muncul. Beberapa waktu kemudian mungkin perut Anda akan mulai berbunyi lagi sebagai tanda lapar, maka minumlah air putih 1 atau 2 gelas dan begitu seterusnya hingga jam makan tiba. Hal ini akan membuat nafsu makan secara otomatis tertekan dan perut terasa kenyang sementara.

2. Berolahraga Rutin

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga dipilih banyak orang, tapi tak sedikit dari mereka yang akan makan lebih banyak sesudah berolahraga yang padahal kalori baru saja dibakar melalui aktivitas tersebut dengan alasan lapar. Salah satu cara untuk membuat perut tahan terhadap rasa lapar adalah dengan melakukan kegiatan di mana tubuh dibuat aktif . Aktivitas fisik yang Anda sukai dapat dilakukan supaya rasa lapar tak begitu terasa lagi. Menari, bersepeda atau berenang bisa menjadi solusi menahan lapar sekaligus membakar kalori lebih.

3. Mengendalikan Stres

Rasa lapar dapat timbul karena Anda mengalami stres, setujukah Anda dengan hal ini? Peningkatan jumlah hormon tertentu bakal terjadi saat Anda mendapat tekanan atau mengalami stres dan makan adalah pelarian terbaik bagi banyak orang yang stres. Makan adalah suatu kegiatan yang sebenarnya tidak terlalu penting dan hanya dilakukan untuk membuat nyaman saja. Makanan mengandung gula dan lemak adalah pelarian terbaik pelepas stres karena memicu rasa nyaman, itulah mengapa mengontrol stres perlu dilakukan supaya perut tak akan lapar.

(Baca juga: bahaya akibat tidak makan seharian)

4. Mendapatkan Waktu Tidur Cukup

Membiasakan istirahat dengan waktu yang cukup, yaitu 7-8 jam sehari untuk tidur, mampu membuat perut tidak mudah lapar. Dijamin bahwa perut Anda akan menjadi lebih kuat ketimbang saat Anda terus-terusan begadang dan tidak mendapatkan waktu istirahat berkualitas. Ditunjukkan oleh sebuah penelitian bahwa seseorang yang makan lebih banyak, khususnya makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi adalah seseorang yang biasanya kurang tidur; maka, tidur cukup bisa menjadi prioritas Anda sekarang.

(Baca juga: bahaya tidak tidur di malam hari)

5. Makan Tepat Waktu


Konsistensi adalah yang dibutuhkan dan bahkan disukai oleh tubuh kita, tak terkecuali soal makan. Makan tepat waktu adalah cara paling ampuh membuat perut tahan lapar, seperti misalnya sarapan setidaknya dilakukan sejam sesudah Anda bangun dan setelah itu tunggulah 3-4 jam lagi untuk menikmati makan siang dan begitu untuk hari-hari berikutnya. Keinginan untuk mengemil juga otomatis akan berkurang dan bobot tubuh Anda tidak akan mudah naik dengan demikian.

(Baca juga: gemetar saat lapar)

6. Mengonsumsi Bawang Putih

Saat jam makan utama tiba, demi bisa menahan lapar di jam makan utama berikutnya, seperti dari makan siang ke makan malam, cobalah untuk menambahkan bawang putih ke makanan Anda. Alasan mengapa harus bawang putih adalah karena menurut penelitian, sinyal kenyang dapat dikirimkan oleh bawang putih ke otak kita dan inilah yang membuat Anda mampu mengatur porsi makan. Pembakaran kalori di dalam tubuh juga akan didukung dengan baik oleh bawang putih berkat kandungan baik di dalamnya terlepas dari adanya bahaya bawang putih mentah juga untuk tubuh dan kesehatan.

7. Minum Teh Sebelum Makan

Cara menahan rasa lapar dan mengontrol nafsu makan supaya tidak berlebihan adalah dengan mengonsumsi teh tepat sebelum Anda makan di jam makan utama, seperti sebelum makan siang. Dengan melakukannya secara rutin, rasa lapar akan lebih gampang dikendalikan dan nafsu makan juga otomatis tidak akan muncul secara berlebihan.

(Baca juga: bahaya makan malam sebelum tidur)

8. Mengawali Makan dengan Menikmati Sup

Supaya tahan lapar, saat akan menikmati makan siang atau makan malam, Anda bisa menyiapkan sup sebagai hidangan pembuka sebelum Anda bisa menikmati hidangan utamanya. Ambil sup dan kuatnya secukupnya dan tidak usah banyak-banyak. Anda pun tidak akan tertarik untuk mengambil porsi makanan utama terlalu banyak seperti biasanya sebab sup yang bergizi berikut sayur-mayurnya sudah membuat perut kenyang lebih dulu, dan ini akan dapat membuat Anda tak mudah lapar di jam-jam berikutnya juga.

(Baca juga: diet mayo)

9. Minum Yogurt

Entah saat sarapan atau makan siang, meminum yogurt diimbangi dengan porsi makan yang tidak terlalu banyak akan membantu Anda untuk menahan lapar dari waktu sarapan ke makan siang serta dari waktu makan siang ke waktu makan malam. Rasanya yang segar nan unik akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama di perut Anda, hal ini dikarenakan juga oleh kadar proteinnya yang tinggi. Anda yang diet dan takut tidak bisa tahan lapar, yogurt mampu menahan rasa lapar yang juga akan membuat berat badan lebih stabil.

(Baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan protein)

10. Makanan Kaya Serat untuk Makan Besar

Supaya mampu menahan lapar, cara ampuh dan sehat adalah dengan menyiapkan hidangan utama yang kaya akan serat. Tubuh termasuk mudah dalam mencerna makanan berserat dan kenyangnya juga akan tahan lama di perut. Sebagai sumber karbohidrat untuk menyeimbangkan serat, Anda bisa mengonsumsi beberapa sendok nasi putih, sementara lainnya adalah sayuran dan lauk berserat tinggi. Baik sarapan, makan siang maupun makan malam bisa mengonsumsi makanan kaya serat.

(Baca juga: makanan kaya serat alami dan produk olahan)

11. Menjauhi Tempat yang Ada Makanan

Jika Anda tahu bahwa Anda adalah tipe orang yang mudah tergoda, maka jauhi tempat-tempat yang ada makanannya, seperti dapur. Rasa lapar terkadang bukan hanya dari perut, melainkan juga dari penglihatan dan penciuman serta juga dari pikiran kita. Kalau Anda memasak sendiri, simpan dulu masakan yang sudah jadi yang jauh dari jangkauan mata dan penciuman supaya Anda tak mudah tergoda.

(Baca juga: makanan untuk diet cepat dan sehat dengan kalori rendah)

12. Menghindari Membuka Kulkas

Ini terjadi pada beberapa orang yang tengah merasa lapar dan tidak tahu ingin melakukan apa sehingga salah satu yang dilakukan adalah mengecek kulkas. Saat menemukan makanan di dalamnya, maka otomatis akan gampang tergoda dan akhirnya memutuskan untuk mengemil. Sebelum Anda menyesal karena sudah makan sebelum waktunya, tahanlah rasa lapar itu dengan tidak mendekati dapur maupun kulkas yang biasanya penuh dengan makanan yang disimpan.

(Baca juga: daftar contoh menu makanan sehat sehari-hari)

13. Menghindari Sarapan

Ketika Anda makan pagi alias sarapan misalnya saja jam 8 pagi, perut akan mulai berbunyi menandakan Anda sudah lapar di sekitar jam 1 siang, lalu perut akan kembali meraung di sekitar jam 7 malam. Menghindari sarapan dengan mengundurkannya hingga jam 11 siang misalnya (otomatis menjadi waktu makan siang), Anda tidak akan mudah lapar dan ini cara menahan lapar yang sederhana serta ampuh. Kemungkinan besar rasa lapar akan datang lagi di dekat-dekat jam makan malam yang artinya Anda berhasil mengurangi 1 porsi makan pagi untuk menyukseskan diet Anda.

(Baca juga: makanan pengganti nasi untuk diet sehat)

14. Menghindari Mengecek Jam

Salah satu cara dalam menahan lapar adalah dengan tidak sering-sering melihat atau mengecek jam, entah itu arloji atau jam dinding. Saat terlalu sering melihat ke arah jam, maka rasa lapar pun tidak akan dapat terhindarkan karena secara otomatis akan mulai ada keinginan untuk makan. Pola makan biasanya sudah terpatok pada jam yang telah ditentukan selama bertahun-tahun dan meski Anda belum lapar pun, Anda akan menjadi lapar ketika jam makan biasanya tiba. Misal Anda tidak memiliki jam di rumah, kemungkinan hanya 2 kali sehari saja Anda makan.

(Baca juga: makanan untuk penderita maag kronis yang sehat)

15. Mengalihkan Perhatian

Demi dapat menahan lapar, mengalihkan perhatian ke hal-hal yang membuat Anda sibuk adalah cara yang ampuh supaya pikiran tidak berfokus ke rasa lapar atau makanan. Saat di rumah, Anda akan lebih sulit menahan lapar ketimbang saat berada di kantor atau di tempat lainnya, maka lakukan secara intens segala aktivitas yang Anda suka agar mengalihkan rasa lapar. Baik itu memperbaiki mobil, berkebun, bermain game, menonton, atau membaca, pastikan Anda sibuk dan tidak ada waktu memikirkan soal makan. Atau tidur karena Anda kemungkinan ngantuk setelah makan pagi dan siang.

16. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Menahan lapar tidak perlu sulit-sulit karena permen karet yang bebas gula dapat menjadi solusi. Jika Anda tak percaya, buktikan sendiri bahwa mengunyah permen karet dapat menahan rasa lapar tanpa harus bersusah-payah. Banyak orang mengatakan bahwa cara ini begitu efektif sebab Anda mungkin hanya ingin sesuatu yang membuat mulut nyaman dan ada sesuatu yang bisa Anda rasakan. Permen karet tanpa gula adalah ide cemerlang untuk dicoba, tapi waspadai pula beberapa bahaya permen karet.

17. Makan Permen

Permen adalah ide yang bagus bagi Anda yang mencari cara menahan lapar tanpa mengemil makanan berlemak. Permen memang berkandungan gula namun setidaknya permen akan menyelamatkan Anda dari rasa lapar yang berkepanjangan dan mengganggu. Dengan makan permen, pikiran Anda untuk makan secepatnya karena perut mulai berbunyi dijamin akan teralihkan sehingga Anda berhasil menahan lapar.

(Baca juga: bahaya anak menelan permen karet)

18. Makan Gandum sebagai Menu Sarapan

Dari jam sarapan ke jam makan siang memang sangat penuh godaan dan Anda pasti merasa akan cepat lapar. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi gandum sebagai menu sarapan setiap pagi karena gandum dan olahannya telah diteliti mampu membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, di dalam gandum terdapat lemak sehat sehingga pasti aman untuk Anda yang diet dan gandum pun memiliki fungsi memenuhi asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Ingat bahwa pola makan berlebihan adalah salah satu penyebab obesitas.

19. Menekan Kepala Setengah Menit

Ada banyak cara yang Anda bisa lakukan untuk menahan lapar sewaktu menjalankan program diet, termasuk menekan kepala ini. Cara ini telah diteliti mampu menahan lapar dan mengurangi nafsu makan yang besar tanpa memberi efek sakit kepala atau semacamnya hanya dengan menekan dahi atau kepala selama setengah menit alias 30 detik saja dengan menggunakan 1 jari.

20. Mengingat Kejadian Sedih

Rasa lapar akan mampu ditahan dengan baik ketika Anda mulai memikirkan atau mengingat kembali kejadian-kejadian sedih di masa lalu. Rasa kecewa akan timbul ketika bayangan-bayangan tersebut muncul pada benak Anda sehingga otomatis menjadikan nafsu makan yang semula besar menjadi tertahan dengan sendirinya. Seperti pada umumnya orang yang tengah bersedih, mereka akan menjadi malas untuk makan karena nafsu makan berkurang dan Anda bisa mencoba trik ini.

(Baca juga: makanan untuk diet)

21. Makan Apel saat Sarapan

Mengonsumsi apel ketika makan pagi akan membuat Anda lebih mampu menahan rasa lapar dari jam sarapan ke makan siang. Buah sehat pun bermanfaat dalam mencegah segala penyakit menghampiri Anda. Pektin yang terdapat di dalam apel mampu membuat kecepatan sistem pencernaan menurun sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama dan seratnya yang tinggi juga sangat membantu saat Anda tengah diet. Bahkan saat makan siang pun dengan porsi hidangan yang sedikit, Anda bisa makan apel supaya tahan lapar hingga jam makan malam.

, , ,
Post Date: Friday 22nd, April 2016 / 01:33 Oleh :
Kategori : Tips Diet