Payudara Mengecil – Penyebab dan Cara Mengatasi

Ada beberapa kasus kesehatan wanita di mana ukuran payudara tiba-tiba menjadi lebih kecil dari biasanya. Hal ini bisa saja menjadi hal yang mengkhawatirkan karena payudara sendiri merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang dianggap sebagai daya tarik. Payudara yang terlihat indah dan kencang tentunya merupakan dambaan hampir seluruh wanita, lalu jika payudara mengecil sendiri, apa kira-kira penyebab serta cara mengatasinya?

Baca juga:

  1. Penurunan Berat Badan

Bobot tubuh yang menurun kiranya bisa menjadi penyebab mengapa payudara seorang wanita bisa mengecil. Ketika penurunan bobot tubuh terjadi drastis, maka memang akan cukup mengejutkan, namun bila demikian, tak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan bukan?

Secara umum, payudara ukurannya tak akan menyusut atau mengecil pada wanita yang masih berada di usia produktif. Kalaupun terjadi, salah satu faktor yang bisa menjadi dugaan paling besar adalah penurunan berat badan yang mungkin saja efek dari program diet. Namun tetap waspadai juga akan penurunan berat badan yang disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, khususnya kalau tak sedang diet.

  1. Pertambahan Usia

Selain penurunan bobot tubuh, seorang wanita bisa saja mengalami ukuran payudara yang mengecil atua menyusut dikarenakan faktor usia yang bertambah. Ketika usia seseorang bertambah, organ tubuh otomatis pasti mengalami perubahan yang cukup signifikan pada bagian fisik. Bukan hanya rambut saja yang bisa beruban, namun ukuran payudara pun dapat berubah.

Ketika menua, payudara akan kelihatan kendur dan mengecil di mana penyebabnya adalah karena kelenjar susu yang juga menjadi lebih kecil. Ini kemudian menjadi pemicu adanya ruang kosong di pembungkus payudara. Jika ingin pertambahan usia tak sampai berpengaruh terhadap payudara terlalu drastis, carilah perawatan yang benar untuk payudara Anda sedari muda.

  1. Salah Memilih dan Memakai Bra

Payudara mengecil bisa saja dikarenakan mengendur saja dan hal ini biasanya ada hubungannya erat dengan pemilihan dan penggunaan bra yang salah. Jangan anggap sepele tentang pemilihan bra karena justru bra adalah masalah paling umum yang menjadi penyebab payudara akhirnya kelihatan kurang indah jadinya.

Bra sembarangan mampu menjadi penyebab kekenduran payudara dan inilah yang juga menjadi pemicu mengapa kemudian payudara tampak lebih kecil dari biasanya. Bahkan ada pula pemilihan bra yang salah sehingga menjadi penyebab payudara makin kecil tapi juga disertai dengan rasa sakit. Memakai bra yang kebesaran mampu membuat payudara makin kendur nantinya.

Baca juga:

  1. Menopause

Pada wanita yang sudah memasuki masa menopause, hal ini tak salah lagi dapat menjadi faktor yang menyebabkan ukuran payudara menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Hal ini pun tentunya juga berhubungan erat dengan kondisi usia yang bertambah dan kelenjar susu yang mengecil.

Mengalami menopause adalah hal yang wajar bagi wanita yang telah memasuki usia 50 tahunan. Namun bukan berarti payudara yang mengecil karena menopause dan faktor usia tak bisa diatasi. Kekencangan payudara dan juga kekenyalannya bisa coba untuk dikembalikan lagi asalkan dengan cara yang tepat. Alangkah baiknya kalau Anda bisa mendapatkan cara alami untuk hal tersebut.


  1. Pasca Menyusui

Payudara kelihatan atau terasa lebih kecil? Coba lihat sekitar, apakah Anda baru saja memiliki anak? Sehabis melahirkan dan sibuk menyusui tentunya dapat berpengaruh cukup besar pada kondisi payudara wanita. Hal ini termasuk wajar dan juga tak perlu terlalu dicemaskan karena kekencangannya bisa dikembalikan lagi nanti.

Payudara yang mengecil karena menyusui bukanlah hal serius karena setelah menyusui, otomatis terjadi penyusutan di bagian kelenjar susu sehingga muncul ruang kosong terutama pada pembungkus payudara seperti penjelasan pada faktor usia tadi. Kalau sudah telanjur kendur, tak masalah karena Anda bisa mengembalikan kekencangannya setelah anak Anda tak lagi menyusui.

  1. Kekurangan Lemak

Saat tubuh mengurus atau kehilangan berat badan, biasanya ini akan berdampak pada kekurangan lemak di dalam tubuh. Ya, diet adalah tentang bagaimana cara membakar lemak dan menghilangkannya karena penumpukan lemak hanya akan membuat tubuh kelihatan gemuk. Jangan kaget kalau tiba-tiba mendapati ukuran payudara makin kecil saat Anda sedang berkomitmen mengecilkan tubuh.

Tidak salah memang apabila seorang wanita dengan berat badan berlebih berkeinginan untuk melakukan progran atau tips diet sehat demi memperoleh badan langsing nan indah. Namun, lemak juga sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Bagian payudara wanita pun tampak berisi karena adanya lemak, maka ketika lemak hilang, ukurannya dapat mengecil atau mengendur.

Baca juga:

  1. Kekurangan Nutrisi

Faktor lainnya yang diduga mampu menjadi pemicu mengecilnya payudara adalah tubuh yang kekurangan nutrisi. Ketika tubuh kekurangan nutrisi, terutama protein nabati, payudara dapat mengendur sehingga kelihatannya ukurannya akan lebih kecil. Perhatikan lagi apakah pola makan Anda sudah benar dengan menu yang sehat dan seimbang nutrisinya.

Protein nabati di sini artinya meliputi makanan seperti kedelai, tahu dan tempe, serta sayur-sayuran. Tubuh memerlukan nutrisi-nutrisi dari bahan-bahan makanan tersebut, termasuk bagian payudara agar tak gampang kendur. Bila nutrisi tersebut dipenuhi dengan baik dan benar, maka biasanya tak akan ada masalah dengan ukuran payudara.

  1. Kurang Olahraga

Pola hidup yang sehat salah satunya adalah meliputi olahraga yang rutin, namun ketika olahraga saja jarang dan kurang, bisa jadi memengaruhi kekencangan payudara wanita. Payudara yang mengendur sebagai efeknya akan terlihat dan terasa mengecil. Demi kekencangan dan ukuran yang tetap pada payudara, mulailah mencari olahraga tepat untuk menjaganya.

  1. Kanker

Perhatikanlah apakah penyusutan pada payudara Anda juga disertai dengan gejala-gejala dalam bentuk lainnya. Bila payudara berukuran tambah kecil atau menyusut belum ditambah dengan perabaan yang lebih keras, muncul rasa nyeri, puting masuk ke dalam, permukaan yang mirip kulit jeruk, serta adanya cairan tak wajar keluar dari puting, hati-hati karena ini bisa menandakan adanya kanker.

Baca juga:

Cara Mengatasi Mengecilnya Payudara

Telah kita lihat bersama apa saja kemungkinan faktor ukuran payudara dapat mengecil. Penyebabnya ada yang sama sekali tak berbahaya, namun bila ada keluhan-keluhan lain yang kurang wajar bisa menjadi tanda adanya keganasan sel kanker di bagian payudara Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk Anda pertimbangkan dalam mengatasi payudara yang mengecil.

  • Berolahraga – Ketika penurunan berat badan terjadi karena diet dan memengaruhi ukuran payudara yang ikut menyusut, ini biasanya tandanya diet tak diseimbangkan dengan olahraga yang teratur. Faktor usia bertambah dan kehamilan serta masa menyusui juga identik dengan masalah kulit yang mengendur yang juga bakal terjadi di bagian payudara sehingga terasa mengecil. Berolahragalah, khususnya melakukan olahraga yang memang bertujuan mengencangkan bagian dada agar payudara kembali kencang dan berisi.
  • Pemijatan – Agar payudara kencang dan mungkin lebih besar juga, maka pemijatan khusus dapat dilakukan untuk bagian payudara. Walau belum ada bukti secara empiris, namun sangat bisa dicoba karena sudah ada beberapa wanita juga yang membuktikan efektivitas pemijatan payudara ini.
  • Makanan Berkandungan Hormon Estrogen – Pertumbuhan payudara dan kekencangannya kiranya dapat diperoleh kembali ketika Anda memilih obat maupun makanan yang memang mampu meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh.
  • Memenuhi Asupan Nutrisi – Tubuh memerlukan asupan nutrisi lengkap dan oleh karena itulah baik itu lemak atau protein nabati serta nutrisi-nutrisi lainnya perlu untuk tetap dijaga. Pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh bukan hanya akan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh kita, melainkan juga menjaga supaya payudara tetap kencang dan kelihatan indah.
  • Periksa ke Dokter – Apabila gejala-gejala lainnya yang kurang wajar turut muncul, jangan ragu untuk segera ke dokter. Adanya kemungkinan sel kanker harus segera ditangani sebelum akhirnya berkembang dan makin sulit diatasi.

Baca juga:

Itulah beberapa penyebab payudara mengecil yang dapat kita pahami sehingga dapat mengamati dengan baik masalah mana yang menjadi pemicu ukuran mengecilnya payudara. Atasilah sesuai dengan penyebabnya atau bila ragu, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling benar.

, ,
Post Date: Sunday 10th, September 2017 / 19:09 Oleh :
Kategori : Kesehatan Wanita