Susah Tidur? Inilah 5 Tips Agar Kualitas Tidur Terjaga Saat Puasa

108

Bulan puasa adalah waktu yang sangat dinantikan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia dan momen lebaran menjadi momen kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan puasa. Saat menjalankan ibadah puasa setiap hari, tentu membuat sebagian orang menjadi lemas dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya dan kebiasaan tidur tak teratur bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kualitas tidur dapat terjaga dengan baik, berikut ini diantaranya :

1. Tidur malam teratur

Saat anda sedang menjalankan ibadah puasa tentu akan banyak hal yang berubah dari pola kehidupan yang dilakukan, hal ini akan berdampak pada pola tidur yang jauh berbeda. Hal ini terjadi karena saat puasa anda akan bangun setiap subuh dan seharian tidak mengkonsumsi apapun, tapi aktivitas dituntun sama seperti biasa.

Salah satu tips berkualitas adalah dengan lakukan tidur cepat saat malam hari, biasakan tidur setelah melaksanakan shalat Tarawih atau sekitar jam setengah sembilan malam dan hal ini bisa menjaga kondisi badan agar tetap sehat.

2. Hindari begadang

Demi menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga dengan baik, sebaiknya hindarilah melakukan kegiatan begadang saat sedang melaksanakan kegiatan puasa. Hal ini perlu dilakukan, karena saat puasa tubuh akan kehilangan asupan energi pada siang hari dan salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh siang hari adalah dengan menghindari kegiatan begadang.

3. Rutin olahraga

Puasa bukan berarti membuat anda malas untuk melakukan berbagai hal positif, karena saat sedang puasa aktivitas harus tetap berjalan dengan baik. Puasa memang seringkali membuat porsi tidur menjadi terganggu dan cara untuk dapat tidur teratur saat sedang puasa adalah dengan melakukan kegiatan olahraga. Waktu terbaik untuk olahraga adalah jam 4-5 sore dan olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan seperti lari santai.

4. Perhatikan makanan saat berbuka puasa

Saat menjalankan puasa tentu momen yang banyak ditunggu adalah saat buka puasanya dan biasanya saat buka puasa akan banyak makanan yang disediakan. Faktor makanan yang dikonsumsi biasanya membuat anda tidak bisa tidur dengan nyenyak dan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi tentu akan membuat porsi tidur menjadi lebih terjaga.

5. Hindari stres

Stres saat sedang melaksanakan ibadah puasa memang bisa membuat anda menjadi sudah untuk tidur, hal ini akan berdampak pada kondisi kesehatan yang buruk dan salah satu cara menghilangkan stres saat puasa adalah dengan melakukan kegiatan yang disukai seperti main ps dan berbagai kegiatan lain yang bisa membuat hati jadi senang.

Demikian ulasan mengenai tips agar kualitas tidur terjaga saat puasa dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.