Begini 13 Tips Agar Puasa Tidak Lemas dan Tetap Semangat

500

Saat berpuasa tubuh akan kehilangan banyak peluang untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang pada siang dan sore hari karena lambung hanya diberi kesempatan untuk terisi makanan pada saat sahur saja dan harus menunggu kembali terisi pada saat berbuka puasa.

Solusi

Tubuh yang lemas  atau tidak saat berpuasa ditentukan dari kebiasaan dan gaya hidup seseorang saat sahur, Keadaan ini harus segera diatasi agar tubuh terhindar dari lemas dan mudah lelah yang akhirnya akan menyebabkan munculnya rasa kantuk dan tidak semangat untuk melakukan kegaiatan apapun.

1.Pola makan

Salah satu tips agar puasa tidak lemas adalah memperbaiki pola makan misalnya menghindari makanan berminyak dan berlemak, Makanan terlalu asam atau pedas, Hindari makanan jenis jeroan, Dan mempernayak makanan yang mengandung protein untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat siang hari dan melindungi jarinhgan otot agar tetap stabil sehingga btubuh terhindar darim kelelahan dan mudah capek.

2.Gaya hidup

Mengubah gaya hidup yang buruk menjadi lebih sehat saat berpuasa dapat berdampak positif bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh dan baik jika tetap terus dipertahankan untuk dijalankan selamanya. Misalnya Tinggalkan merokok, Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit berlebihan, Malas olahraga, Begadang dan lain lain , Dimana kegiatan itu hantya menurunkan daya tahan  tubuh selama berpuasa.

3.Minum air putih

Minum air putih yang cukup saat sahur sangat disarankan agar tubuh terhindar dehidrasi pada siang hari. Kebutuhan cairan tubuh yang memadai hingga waktu imsak tiba sangat baik untuk memgurangi rasa lemas tubuh pada siang hari. Hindari minum air kopi atau teh terlalu banyak saat sahur karena salah satu bahaya akibat kurang minum air putih dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lemas.

4, Hindari tidak sahur

Banyak orang yang malas melakukan sahur pada pertengahan bulan atau menjelang bulan puasa berakhir, Kondisi  ini justru mengejutkan  lambung yang berdampak pada nyerinya area perut pada siang hari. Perut yang kosong karena tidak sahur memicu meningkatnya asam lambung . Keadaan ini akan menimbulkan rasa nyeri berulang yang hanya akan menyebabkan tubuh menjadi lemas pada siang dan semakin lemas  di sore hari.

5. Olahraga

Siapapun tahu bahwa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat banyak , Termasuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai sambil menghirup udara pagi yang masih kental dengan oksigen setelah atau sebelum waktu subuh tiba sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sistem pernafasan. Jika jantung dan sistem pernafasan dalam kondisi terbaiknya maka tubuh akan tetap merasa bugar di siang hari dan cara ini efektif sebagai tips agar puasa tidak lemas.

6.Hindari sahur berlebihan

Saat sahur hindari makan yang berlebihan hingga menyebabkan jaringan perut mendapat tekanan dari gundukan makanan dalam lambung sehingga usus harus bekerja keras untuk mencernanya, Akibatnya perutakan  terasa begah, Nyeri  dan ulu hati terasa tidak nyaman berkepanjangan,  Kondisi ini dapat mempengaruhi keadaan tubuh setelahnya yaitu menyebabkan tubuh menjadi lemas.

7. Suplemen omega 3

Mengkonsumsi suplemen omega 3 yang bagus dan paling aman wajib coba untuk segala usia terutama pada saat berpuasa adalah baik untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan kuat sepanjang hari sebelum waktu berbuka puasa tiba. Mengkonsumsi suplemen sebaiknya disesuaikan dengan kondisi medis atau kebutuhan nutrisi pada tubuh.  Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi tentang suplemen yang aman dan tidak menyebabkan tukak lambung, Agar puasa tetap bisa berjalan lancar tanpa gangguan munculnya rasa lemas dan mudah capek.

8. Tidur malam cukup

Salah satu tips agar puasa tidak lemas adalah tidur malam secara teratur dan cukup. Penyakit akibat kurang tidur malam hari sangat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan  jaringan termasuk munculnya masalah kekurangana zat besi pada tubuh, Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh selalu lemas dan tidak berenergi yang akibatnya tubuh akan mudah lelah meskipun sedang tidak melakukan kegiatan berat.

9. Tidur siang 20 menit

Agar tubuh tetap kuat dan bugar sebaiknya lakukan tips agar puasa tidak lemas dengan jalan tidur siang secara teratur tetapi hanya 20 menit saja. Waktu 20 menit sudah cukup untuk mengembalikan vitalitas tubuh untuk beberapa jam kedepan sebelum saat berbuka puasa tiba. Tidur siang yang teratur dapat melancarkan peredaran darah seluruh tubuh dan memperbaiki sel sel tubuh.

10.Hindari minuman bersoda

Minuamn bersoda memang nikmat dan mengeyangkan tetapi tidak disarankan untuk diminum saat sahur seacra berlebiahn, Karena zat gula yang ada didalamnya dapat menekan saraf saraf dan menghambat aliran darah sehingga bisa menyebabkan tubuh cepat merasa lelah dan lemas.

11.Susu sapi murni

Minum susu sapi murni secara  teratur saat sahur merupakan tips agar puasa tidak lemas yang cocok untuk anak anak dan remaja yang sedang menunaikan ibadah puasa. khasiat  susu sapi murni bagi kesehatan yang sangat mengejutkan adalah didalam satu gelas susu terdapat nutisi yang sama takarannya dengan sepiring nasi lengkap beserta lauk pauknya, Sehingga nutrisi pada susu terutama protein , kalsium, Mineral dan vitaminnya mampu menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari kekurangan gizi selama satu hari berpuasa. 

12.Hindari makanan mengandung gas

Tips agar puasa tidak lemas pada siang hari maka hindarilah makan makanan yang mengandung gas tinggi misalnya kol, Kubis, Durian dan lain lain,. Makanan yang mengandung gas cenderung menekan dinding lambung dan meningkatkan asam lambung sehingga efeknya dapat membuat tubuh gampang capek dan lemas.

13.Tidak langsung tidur

Masih banyak orang yang langsung tidur kembali beberapa saat sahur selesai, Keadaan ini sangat  tidak baik bagi pencernaan. Saat tidur pencernaan akan mengalami kesulitan menggiling makanan dengan lancar sehingga akan menimbulkan cedera pada dinding lambung dan tekanan pada organ usus, Akibatnya akan memicu munculnya asam lambung. Asam lambung yang terus menerus meningkat akibat setelah sahur langsung tidur akan menyebabkan tubuh menjadi lemas saat siang hari. Tips agar pauasa tidak lemas hindari tidur setelah sahur. Berilah waktu 2 jam pada pencernaan untuk melakukan aktivitasnya menggiling makanan dengan lancar.