10 Suplemen Omega 3 Yang Bagus dan Paling Aman Wajib Coba

Tubuh yang sehat merupakan dambaan semua orang. Agar tubuh selalu sehat, banyak nutrisi yang perlu dipenuhi oleh tubuh setiap harinya. Salah satunya adalah nutris dari Omega 3. Omega 3 adalah zat dari salah satu jenis lemak tak jenuh yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Untuk mendapatkan omega 3 ini seseorang harus mengkonsumsi makanan atau suplemen omega 3 yang bagus. Omega 3 banyak berasal dari kandungan berbagai jenis ikan. Omega 3 ini tentunya memiliki berbagai manfaat dalam tubuh sehingga hampir kebanyakan produk mengklaim mengandung nutrisinya.

Omega 3 terdiri atas 3 jenis zat seperti :

  • Dokosaheksaenoat (DHA)
  • Eikosapentanoik (EPA)
  • Alfa-linolenik

Zat-zat ini kemudian diproses oleh tubuh hingga kemudian menjadi asam lemak omega 3. Seperti kebanyakan nutrisi yang banyak dihasilkan oleh bahan alami, Omega 3 juga bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen omega 3 yang bagus.

Manfaat Omega 3 Bagi Tubuh

Omega 3 memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Manfaat ini antara lain dapat menjaga tubuh dari berbagai gangguan kesehatan seperti:

  1. Mencegah demensia

Penyakit yang banyak menyerang seseorang yang telah berusia 65 tahun keatas ini adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan berkurangnya kemampuan berpikir, menurunnya kecerdasan mental, susah memahami sesuatu serta menurunnya fungsi otak lainnya.

  1. Gangguan pada perkembangan janin

Omega 3 memiliki kandungan yang sangat penting bagi penglihatan dan neurologis bayi. Omega 3 ini nantinya akan digunakan oleh bayi untuk mengembangkan sistem syarafnya serta untuk memproduksi ASI bagi ibu.

  1. Mengurangi resiko kanker

Belum ada study lebih lanjut yang mengatakan bahwa omega 3 dapat mengurangi resiko kanker. Namun dengan mengkonsumsi suplemen omega 3 diyakini dapat bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan dan menaikan berat badan bagi pengidap kanker stadium lanjut.

  1. Mencegah gangguan penglihatan

Dengan mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3 diyakini akan dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula yaitu gangguan pada bagian daerah belakang retina akibat faktor usia.

  1. Mengurangi resiko peradangan pada artritis rematoid

The American College of Rheumatology menyatakan setelah mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi peradangan pada pengidap artritis rematoid.

  1. Mengurangi resiko depresi

Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi omega 3 secara teratur dapat membantu menangani resiko akibat depresi.

  1. Menurunkan berat badan

Omega 3 dapat membantu mengurangi kadar lemak tubuh yang menjadi penyebab bertambahnya berta badan. Bagi anda yang tengah menjalani diet sangat cocok mengkonsumsi Omega 3 ini secara teratur.


  1. Menjaga kesehatan kulit

Omega 3 dapat digunakan sebagai pelindung kulit dari sinar UV yang berakibat pada jerawat dan sel kulit mati.

  1. Penyakit jantung

Penyakit ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Penyakit jantung dalam istilah medis disebut sebagai penyakit jantung koroner. Tumpukan kolesterol dalam pembuluh darah inilah yang akhirnya menyumbat dan menyebabkan peradangan. Dengan mengkonsumsi omega 3 secara rutin dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah

Omega 3 memang memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung koroner dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 melindungi sistem jantung dan pembuluh darah melalui struktur :

  • Menormalkan irama jantung (antiaritmik)
  • Mencegah terbentuknya proses pembekuan darah manusia (antitrombosis)
  • Mencegah terjadinya timbunan lemak pada pembuluh darah (antiaterosklerotik)
  • Anti radang
  • Perbaikan fungsi endotel
  • Penurunan tekanan darah
  • Penurunan kadar lemak darah trigliserid.

Sumber Omega 3

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa omega 3 merupakan zat lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh namun tidak dapat dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Sehingga ketika tubuh membutuhkan nutrisinya, diperlukan adanya kegiatan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tersebut.

Omega 3 selain dari suplemen juga dihasilkan oleh bahan-bahan alami seperti Tuna, Ikan Mackerel, Salmon, Herring dan minyak ikan lain. Selain jenis-jenis ikan, omega 3 juga terdapat dalam kandungan minyak biji-bijian seperti Minyak Kenari, Minyak Canola, Minyak Biji Rami, Minyak Kedelai dan Minyak Biji Labu. Sayuran seperti Kale, Bayam, Brokoli dan Selada juga dapat dikonsumsi untuk menambah suplay omega 3 anda.

Suplemen Omega 3 Terbaik

Selain dari bahan alami, Omega 3 juga dihasilkan oleh suplemen. Dipasaran sudah banyak jenis suplemen omega 3 yang bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa produk Suplemen omega 3 yang bagus yang bisa didapat dipasaran seperti :

1. Suplemen Optimum Nutrition Fish Oil Softgels

Suplemen omega 3 yang terbuat dari optimum nutrium ini mengandung 1000 mg minyak ikan per kapsulnya. Tidak hanya itu bahan-bahan berkualitas lainnya juga menjadi penyusun komposisinya.

2. Suplemen Muscle Pharm Fish Oil

Muscle Pharm Fish Oil mengandung 1000 mg minyak ikan dan 700 mg asam lemak yang dilapisi kapsul dengan rasa jeruk untuk menjaga kesegaran tiap kapsulnya.

3. Suplemen Muscle Tech Platinum 100% Fish Oil

Produk ini mengadung 100% minyak ikan yang telah melalui proses penyaringan. Produk ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau tanpa mengurangi manfaatnya.

4. Suplemen MRM Smart Blend

Suplemen omega 3 ini dalam satu botolnya menggabungkan Smart Blend yang terdiri atas omega 3, omega 6, EPA, DHA, asam lemak GLA dan CLA. Suplemen ini cocok bagi anda yang menjalani profesi sebagai atlet agar dapat mengoptimalkan fungsi jantung.

5. Suplemen Betancourt Nutrisi Omega-3 EFA-Stack

Mengandung lemak esensial suplemen asam dari Betancourt Nutrisi yang tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

6. Suplemen NOW Ultra Omega-3

Suplemen omega 3 yang mengandung 1000 mg minyak ikan, 500 mg EPA dan 250 mg DHA yang membuat suplemen ini sangat baik bagi kesehatan jantung anda.


7. BSN Fish Oil DNA

Suplemen yang mengandung 100 mg minyak ikan esensial per kapsulnya sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan omega 3 dalam tubuh anda.

8. Suplemen OxiMega Fish Oil

Suplemen OxiMega Fish Oil ini mengandung omega 3 yang dibuat dari gabungan minyak ikan murni dan campuran antioksidan yang kuat untuk memenuhi kebutuhan harian anda.

9. Suplemen Ultra Potency Omega 3 Fish Oil 

Suplemen Ultra Potency Omega 3 Fish Oil tiap kapsulnya mengandung 1250 mg minyak ikan dan 850 mg asam lemak esensial yang dapat dipilih sebagai suplemen andalan tubuh.

10. Suplemen Universal Nutrition Animal Omega 

Kandungan lemak sehat berupa lemak esensial dalam satu produk untuk memenuhi kebutuhan suplemen omega 3 tubuh.

Tips Memilih Suplemen Omega 3 Yang Baik

  • Periksalah dosis dari tiap kapsul. Suplemen omega 3 yang bagus terdiri atas 1000 mg DHA dan EPA. Gabungan antara kedua nutrisi ini akan menghasilkan kandungan omega 3 yang baik. Kandungan gabungan keduanya secara efektif menurunkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung.
  • Bagi ibu menyusui, utamakan yang memiliki kandungan DHA paling tinggi. Ini dikarenakan DHA baik untuk perkembangan kognitif bayi.
  • Omega 3 dari bahan alami merupakan kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi. Namun jika tidak dapat dipenuhi anda dapat menggantinya dengan suplemen yang mengandung nutrisi serupa.
  • Pastikan kemurnian suplemen agar tidak tercampur dengan kandungan merkuri dan bahan berbahaya lainnya.

Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kendati demikian omega 3 tetaplah hanya suplemen yang manfaatnya sebagai pelengkap yang memiliki efek tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika anda ingin memenuhi kebutuhan omega 3 dalam tubuh, konsumsilah bahan-bahan alami yang memiliki kandungan nutrisi serupa.

, ,
Oleh :
Kategori : Vitamin