9 Fungsi Hormon Insulin Bagi Tubuh yang Dibutuhkan

485

Insulin merupakan salah satu hasil prioduk dari sistem endokrin tubuh yang sering disebut dengan hormon. Hormon ini adalah hormon yang terdiri dari protein yang akan menjalankan fungsi tertentu. Sebagaimana dengan hormon lainnya, hormon insulin merupakan honor yang berupa protein dengan berat molekul rendah. Keberadaan hormon insulin ini sangat penting dalam tubuh manusia. Hormon insulin memiliki kaitan erat dengan keseimbangan glukosa rendah. Seperti kita ketahui bahwa glukosa merupakan nutrisi yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Kekurangan hormon insulin akan menyebabkan berbagai dampak buruk seperti penyakit yang berkaitan dengan metabolism tubuh. Anda disarankan juga mengetahui tentang penyebab diabetes.

Artikel berikut akan membahas tentang 9 fungsi hormon insulin yang wajib anda ketahui. Dengan demikian anda diharapakan akan memenuhi asupan makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon insulin. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Mengatur Keseimbangan Glukosa Darah

Fungsi hormon insulin yang pertama adalah untuk mengatur keseimbangan glukosa darah. Hormon insulin akan bekerja secara terbalik dengan hormon glukosa. Ketika hormon glukosa meningkat maka hormon insulin yang akan menetralkan kembali. Sebaliknya ketika hormon insulin naik, maka hormon glukosa yang akan mengembalikan menjadi normal. Dengan glukosa darah yang stabil akan membuat kesehatan anda semakin terjaga dan akan terhindarh dari segala penyakit yang akan menyerang darah. Anda disarankan juga mengetahui tentang ciri-ciri gula darah tinggi.

  1. Meningkatkan Metabolisme Glukosa pada Sel Otot

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk meningkatkan metabolisme glukosa pada sel otot. Ketika otot sedang bekerja maka membutuhkan energi yang biasanya diknela dengan ATP. Salah satu cara untuk mendapatkan energi tersebut adalah dengan cara memecahkan molekul glukosa. Sehingga hormon insulin inilah yang akan bekerja untuk menstimulasi pada proses metabolism sehingga otot akan bekerja dengan optimal. Anda disarankan juga mengetahui tentang sakit kepala.

  1. Meningkatkan Penyimpanan Glukosa

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah meningkatkan penyimpanan glukosa. Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, maka beberapa glukosa akan disimpan dalam proses metabolisme dan disimpan di hati. Untuk dapat memainkan peran itu, maka hormon insulin akan bekerja sama dengan meningkatkan aktivitas dari enzim glukonase. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menjaga asupan makanan yang dapat meningkatkan hormon insulin. Anda disarankan juga mengetahui tentang gejala kekurangan gula.

  1. Meningkatkan Penggunaan Glukosa

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah meningkatkan penggunaan Glukosa. Caranya adalah dengan jalan menginduksi enzim yang bertugas memecahkan glikogen berubah menjadi glukosa yang ada di dalam hati. Fungsi ini akan dapat bekerja dengan baik apabila makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan kadar hormon insulin. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mencukupi asupan makanan yang dapat meningkatkan hormon insulin dalam tubuh anda. Anda disarankan untuk mengetahui tentang khasiat daun insulin.

  1. Merangsang Peningkatan Penyerapan Glukosa

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk merangsang peningkatan penyerapan glukosa. Hormon insulin akan mempercepat proses pengangkutan glukosa menuju ke organ-oorgan lainnya di dalam tubuh sehingga organ tercukupi dengan glukosa dan dapat bekerja dengan sangat optimal. Oleh karena itu anda disarankan untuk mencukupi kandungan makanan yang dapat meningkatkan hormon insulin. Anda disarankan juga untuk mengetahui tentang gejala penyakit gula.

  1. Mendorong Terjadinya Lipognesis

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk mendorong terjadinya lipognesis. Ketika energi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak seimbang dengan energi yang tersedia yang terjadi adalah disfungsi dari organ yang ada di dalam tubuh. Kondisi akan semakin membahayakan karena akan beresiko adanya penyakit mematikan seperti serangan jantung, komplikasi dan bahkan kematian. Oleh karena itu, agar fungsi ini dapat berjalan dengan sempurna, maka disarankan untuk anda mengsonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh anda. 

  1. Menghambat Pelepasan Asam Lemak

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk menghambat pelepasan asam lemak. Hal ini diperlukan karena asam lemak dalam tubuh sebenarnya tidak semuanya harus dilepaskan. Melainkan dapat bermanfaat dalam proses aktivitas enzim lipase sensitive hormon. Oleh karena itu, asam lemak akan dihambat oleh hormon insulin.

  1. Membantu Pengangkutan Hasil Lipogenesis Ke dalam Sel-sel Adposit

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk membantu mengangkut hasil lipognesis ke dalam sel-sel adposit. Peran hormon insulin selanjutnya adalah mengangkut senyawa yang dilepaskan oleh sel-sel yang ada di hati. Senyawa ini kemudian akan disimpan selanjutnya dalam sel-sel adiposit. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menjaga asupan makanan yang dapat meningkatkan hormon insulin dalam tubuh anda.

  1. Mengangkut Asam Amino dalam Sel

Fungsi hormon insulin selanjutnya adalah untuk mengangkut asam amino di dalam sel. Asam amino yang diangkut oleh hormon insulin adalah vialin, venilalanin, leusin, isoleusin, dan tirosin. Asam amino sangat dibutuhkan oleh sel-sel agar dapat bekerja dengan sangat optimal dalam tubuh. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menjaga asupan makanan yang dapat meningkatkan kandungan hormon insulin dalam tubuh anda. hal itu akan menghindarkan kesehatan anda dari serangan penyakit mematikan.