12 Pertolongan Pertama Sesak Nafas Karena Maag Kambuh

Saat maag sedang kambuh, terkadang juga disertai dengan sesak nafas yang merupakan salah satu gejala dari sakit maag. Sesak nafas yang dalam istilah kedokteran dinamakan dengan dispnea ini umumnya digambarkan seperti kesulitan menghirup udara atau terjadi sensasi seperti tercekik. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan sering juga disertai dengan mual, perut yang terasa penuh dan juga sering bersendawa. Saat hal ini terjadi, maka pertolongan pertama sesak nafas karena maag harus segera dilakukan dan beberapa caranya bisa anda lihat pada ulasan singkat dari kami berikut ini.

1. Kompres Air Hangat

Anda bisa mengompres area dada dan punggung dengan handuk yang sudah dibasahi memakai air hangat untuk mengatasi penyebab sesak nafas karena sakit maag. Pada area dada dan juga punggung terdapat banyak saraf yang saling berkaitan dengan saluran pernapasan. Saat area ini dihangatkan, maka akan melegakan saluran pernapasan supaya anda bisa bernapas lebih lega.

2. Lakukan Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan juga menjadi cara mudah untuk mengatasi nafas pendek dan berat karena maag. Ini sangat membantu untuk mengatur laju pernapasan anda sehingga udara yang terperangkap pada paru paru bisa dilepaskan.

  • Rilekskan otot leher dan bahu anda kemudian secara perlahan ambil nafas lewat hidung dalam dua hitungan dan tutup mulut anda.
  • Tempelkan bibir seperti akan bersiul dan hembuskan nafas secara perlahan dan lembut melewati bibir hingga sampai hitungan keempat.

3. Duduk

Beristirahat sambil duduk juga sangat membantu untuk membuat tubuh lebih rileks sehingga masalah gejala sesak nafas karena maag bisa teratasi dengan cepat. Anda bisa duduk di kursi dengan telapak kaki yang rata di lantai lalu condongkan tubuh anda sedikit ke depan. Letakkan siku anda pada lutut atau memegang dagu dengan tangan anda serta jaga otot leher dan bahu agar rileks.

4. Berdiri

Berdiri juga menjadi cara mudah untuk obat sesak nafas alami yang disebabkan karena sakit maag yang kambuh. Anda bisa berdiri dekat dengan dinding menghadap ke depan kemudian istirahatkan pinggul anda pada dinding dan jaga lebar telapak kaki agar saling berjauhan. Tempatkan telapak tangan anda pada paha dengan bahu yang rileks dan sedikit condong ke depan lalu tarik nafas dengan perlahan.

5. Tidur Dengan Posisi Rileks

Saat sesak nafas yang disebabkan karena maag sedang kambuh terjadi di rumah, maka anda bisa berbaring dengan bantal yang diletakkan antara kaki dan tinggikan kepala dengan bantal. Jaga punggung anda tetap lurus atau juga bisa berbaring telentang dengan kepala yang ditinggikan serta lutut yang ditekuk. Kedua posisi ini sangat membantu tubuh dan juga saluran udara agar bisa rileks sehingga anda bisa bernafas lebih lega.

6. Lakukan Pernafasan Diafragma

Pernafasan diafragma juga bisa membantu mengatasi penyebab dada sesak akibat maag. Anda bisa duduk di kursi dengan lutut yang ditekuk dan posisi bahu, kepala dan leher yang santai. Lakukan pernafasan lewat hidung dan anda harus bisa merasakan perut bergerak di bawah tangan anda. Saat sedang menghembuskan nafas, kencangkan otot dan hembuskan nafas lewat mulut dengan bentuk bibir yang mengerucut. Ulangi cara ini beberapa kali hingga sesak nafas bisa dihilangkan.

7. Kipas Angin

Dari sebuah penelitian dibuktikan jika udara sejuk yang dihasilkan kipas angin bisa membantu sebagai obat tradisional sesak nafas yang diakibatkan karena maag. Arahkan wajah anda ke depan kipas angin dan lakukan beberapa saat hingga gejala sesak nafas bisa reda.


8. Kopi Hitam

Minum satu cangkir kopi hitan juga sangat ampuh untuk obat maag alami sekaligus mengatasi sesak nafas. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa mengurangi kelelahan otot pernafasan sekaligus meningkatkan fungsi saluran nafas dengan cara cepat dan sederhana. Pastikan anda hanya minum kopi hitam tanpa ditambahkan dengan gula untuk meredakan sesak nafas tersebut.

9. Hirup Uap

Sesak nafas karena maag juga bisa diatasi dengan cara menghirup uap panas sehingga saluran hidung bisa lega sekaligus melarutkan lendir agar lebih mudah dikeluarkan. Anda bisa mengisi wadah dengan air panas lalu tambahkan dengan minyak esensial peppermint dan letakkan di depan wajah anda kemudian tutup kepala anda dengan handuk supaya uap panas tidak terbuang. Hirup uap tersebut dalam dalam selama beberapa menit hingga sesak nafas karena maag yang anda alami bisa disembuhkan.

10. Jahe

Jahe merupakan ekspektoran yang sangat baik untuk obat sesak nafas karena maag. Beberapa komponen dalam jahe juga ampuh untuk menghambat sekresi lendir sehingga bisa bernafas lebih mudah sekaligus mengurangi rasa sakit pada maag. Konsumsi segera air jahe atau juga bisa makan irisan jahe segar saat sesak nafas sedang anda rasakan.


11. Teh Hangat

Saat sesak nafas menyerang dan diketahui berasal dari penyakit maag Anda, segera konsumsi teh hangat agar sesak nafas mereda. Bahkan dengan cara menghirup aroma dari teh tersebut saja akan sangat menolong dalam memberikan kesegaran dan kelancaran pada pernapasan.

12. Melonggarkan Pakaian

Maag yang kambuh sampai menyebabkan sesak nafas bisa coba diatasi dengan cara membuat pakaian yang tengah dikenakan menjadi lebih longgar. Pakaian yang terlalu ketat justru mampu menyebabkan kesulitan bernafas bagi penderita, jadi bila seandainya sedang mengenakan pakaian yang ada kancingnya, cobalah membuka kancing-kancingnya agar pernapasan lancar kembali.

Pertolongan pertama sesak nafas karena maag sangat penting untuk dilakukan. Sebab jika dibiarkan, hal ini bisa bertambah parah dan bahkan menyebabkan penderita pingsan karena kehabisan nafas. Semoga beberapa cara yang sudah kami berikan diatas bisa dijadikan solusi cepat mengatasi sesak nafas yang disebabkan karena maag.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup