Sponsors Link

18 Obat Tradisional Sesak Nafas Termujarab

Sponsors Link

Gangguan sistem pernapasan yang paling umum adalah sesak nafas dan penyakit ini kerap dihubungkan dengan kondisi asma meski tak selalu demikian. Terjadinya sesak nafas bisa juga dikarenakan adanya gangguan pada organ paru-paru dan bisa juga menjadi pertanda adanya penyakit jantung. Lalu untuk mengatasinya, adakah obat tradisional sesak nafas yang bisa diandalkan?

ads

(Baca juga: nafas pendek dan berat)

1. Daun Sembung, Kayu Manis dan Daun Dewa

Anda pasti sudah cukup familiar dengan daun sembung dan daun dewa yang banyak digunakan untuk mengobati masalah-masalah kesehatan. Untuk sesak nafas, Anda hanya perlu mengombinasikan keduanya ditambah dengan kayu manis.

  • Caranya: Sediakan daun dewa sebanyak 15 gram, kayu manis 1 jari saja, lalu daun sembung 15 gram. Setelah itu, seluruh bahan dapat Anda cuci bersih sebelum kemudian direbus bersama air sebanyak 600 cc sampai sisa setengahnya. Saring dan minumlah air rebusan secara teratur sehari 2 kali dengan masing-masing takaran 150 cc sampai Anda merasa baikan dan sesak nafas tidak lagi mengganggu.

2. Melati Kering dan Kenanga

Rupanya kenanga dan melati kering juga bisa dikombinasikan sebagai obat tradisional bagi Anda yang menderita sesak nafas dengan meramunya secara sederhana.

  • Caranya: Sediakan bunga kenanga sebanyak 5 kuntum serta melati kering 3 gram yang Anda bisa bersihkan dengan mencucinya lebih dulu sampai bersih, lalu siapkan juga gula pasir 2 sendok makan untuk dimasukkan saat merebus. Setelah bahan dicuci, Anda dapat merebus bahan-bahan tersebut ke dalam 400 ml air, didihkan hingga berkurang separuhnya atau 200 ml. Saringlah sebelum diminum; anjuran konsumsi adalah sehari 2 kali.

3. Serai

Apapun yang menjadi penyebab dada sesak nafas, Anda bisa menggunakan serai apabila menginginkan obat yang alami dan efektif serta sederhana dalam meramunya.

  • Caranya: Sediakan serai sebanyak 10 batang saja bersama dengan 2 gelas air dan tidak lupa gula merah secukupnya. Anda perlu mencuci serainya lebih dulu sampai bersih sebelum merebusnya bersama air 2 gelas tadi dan masukkan juga gula merah. Angkat sesudah mendidih dan berkurang sampai 1 gelas. Tunggu dingin dan saringlah sebelum diminum; minumlah obat ini setiap sebelum sarapan.

4. Jahe, Adas dan Kulit Jeruk Mandarin Kering

Meski ada efek samping jahe yang Anda perlu tahu dan waspadai, jahe tetap adalah rempah yang bermanfaat. Untuk sesak nafas, Anda bisa jadikan jahe ini sebagai obat ebrsama kulit jeruk mandarin kering dan adas.

  • Caranya: Seluruh bahan perlu Anda cuci bersih lebih dulu sebelum kemudian Anda rebus di dalam air sebanyak 400 ml. Didihkan hingga akhirnya air bersisa separuhnya atau 200 ml. Angkat, saringlah dan minum secara teratur sampai sesak nafas tak lagi mengganggu.

(Baca juga: obat sesak nafas karena maag)

5. Minyak Adas

Obat tradisional untuk mengatasi sesak nafas lainnya yang cukup simpel dan memiliki efektivitas tinggi adalah minyak adas.

  • Caranya: Sediakan minyak adas dengan mengambil 10 tetes saja, lalu campur ebrsama dengan sesendok makan air panas. Ramuan sederhana inilah yang bisa Anda minum selagi masih hangat sehari 3 kali. Lakukan setiap hari sampai keadaan Anda membaik.

6. Hati Kelelawar

Mungkin agak mengejutkan karena obat tradisional lainnya yang bisa Anda pakai adalah hati kelelawar. Walaupun kurang begitu umum, namun Anda perlu mencoba sendiri dan membuktikan keefektifannya.

  • Caranya: Sediakan hati kelelawar sebanyak 5 buah saja, lalu cucilah lebih dulu sampai bersih. Selesai dicuci, Anda dapat menggorengnya, dan silakan konsumsi dengan memakannya sesudah digoreng 1 minggu 3 kali.
sponsored links

7. Bawang Merah

Sifat anti inflamasi di dalam bawang merah jelas dapat menjadi alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan bumbu dapur ini sebagai obat sesak nafas. Dibandingkan dengan beberapa rekomendasi obat tradisional sebelumnya, bawang merah jauh lebih mudah didapat. Anda pun pasti di rumah selalu sedia akan bumbu dapur satu ini terlepas dari efek samping bawang merah bagi kesehatan.

  • Caranya: Karena dapat mengurangi inflamasi, Anda bisa menggunakan bawang merah ini dengan cara mengambil bagian jusnya. Anda bisa menumbuknya sampai halus lebih dulu, lalu peras untuk memperoleh sarinya. Jus atau sarinya inilah yang Anda butuhkan untuk melegakan pernapasan sehingga tak lagi sesak nafas.

8. Umbi Lili dan Umbi Anggrek Tanah Kering

Untuk alternatif obat yang pas dan aman untuk penderita sesak nafas, umbi lili serta umbi anggrek tanah kering adalah solusi berikutnya yang bisa Anda gunakan.

  • Caranya: Sediakan umbi lili sebanyak 30 gram saja, dan tak lupa juga Anda bisa menyiapkan umbi anggrek tanah kering 10 gram sebagai kombinasinya. Seluruh bahan harus Anda bersihkan lebih dulu dengan mencucinya sebelum melanjutkan dengan merebusnya di dalam 600 ml air. Tunggu mendidih hingga sisanya 200 ml, lalu angkat dan saringlah. Bila sudah dingin atau setidaknya hangat, Anda dapat meminum air rebusan ini secara teratur sampai sesak nafas sembuh.

(Baca juga: penyebab dada sakit)

9. Madu

Madu murni adalah pilihan obat tradisional yang jelas alami dan sangat banyak digunakan dalam mengatasi banyak masalah kesehatan. Ketahui bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu supaya Anda bisa mendapatkan yang asli. Madu asli dan murni jelas jauh lebih efektif, maka Anda membutuhkan yang asli.

  • Caranya: Dalam mengobati sesak nafas, sebetulnya sangat mudah untuk meramu obat dari madu, yakni dengan menyediakan segelas air hangat dan sesendok makan madu. Campuran air dan madu sederhana inilah yang dapat Anda minum setiap hari 2-3 kali dalam sehari sampai saluran pernapasan Anda kembali lega.

10. Minyak Kayu Putih

Anda pasti sudah tahu bahwa minyak kayu putih sangat kaya manfaatnya, termasuk untuk menghangatkan tubuh serta melegakan pernapasan ketika sedang flu atau masuk angin. Bahkan saat seseorang sedang sakit perut, mengolesi minyak kayu putih pun langsung berkhasiat.

  • Caranya: Demi melegakan pernapasan Anda, minyak kayu putih yang dalam membantu relaksasi saluran pernapasan ini dapat Anda ambil beberapa tetes saja. Campurkan minyak ini ke dalam air panas yang Anda taruh dalam sebuah wadah, dapat berupa mangkuk atau baskom. Hiruplah uap dari air ini selama kurang lebih 15 menit karena semakin lama uapnya pun akan menghilang. Sesak nafas dijamin akan lega setelah melakukan metode pengobatan ini.

11. Kopi

Apabila sesak nafas yang Anda alami adalah sebuah gejala bronkitis akut, maka kopi akan dapat membantu Anda dalam mengobati gejala tersebut. Asalkan Anda tak memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kopi ini bisa menjadi pilihan.

  • Caranya: Konsumsilah kopi untuk melancarkan kembali saluran pernapasan yang terhambat dan memicu sesak nafas. Kalau Anda tak punya sakit darah tinggi, penyakit jantung jenis apapun, maupun gejala stroke, silakan minum secangkir kopi setiap harinya untuk mencegah sesak nafas mengganggu aktivitas keseharian Anda. Dijamin Anda akan mendapatkan kelegaan dengan cara alami ini.

12. Buah Ara

Untuk meningkatkan kesehatan Anda, terutama saluran pernapasan dan juga paru-paru yang terganggu dan menyebabkan sesak nafas, gunakan buah ara sebagai obat tradisional. Mengonsumsinya setiap hari juga bakal sangat membantu dalam mencegah supaya sesak nafas tak gampang kambuh.

  • Caranya: Sediakan buah ara beberapa saja sesuaikan dengan kebutuhan Anda, kupaslah lalu rendamlah di dalam air matang semalaman. Keesokan paginya Anda dapat mengonsumsi buah ara yang sudah direndam tadi, lalu juga tak ketinggalan airnya diminum. Semuanya ini Anda dapat mengonsumsinya sewaktu perut belum terisi apapun alias setiap sebelum sarapan agar hasilnya dapat lebih maksimal.

(Baca juga: cara mencegah sesak napas)

13. Bawang Putih

Obat tradisional lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah bawang putih yang memang dapat obat ampuh bagi bronkitis dan asma. Bahkan sesak nafas yang menandakan adanya penyakit jantung akan lebih baik lagi kalau ditangani dengan mengonsumsi bumbu dapur ini terlepas dari efek samping bawang putih bagi tubuh.

  • Caranya: Supaya dada tak lagi terasa sesak dan paru-paru menjadi lebih lega, Anda dapat mengambil beberapa siung bawang putih. Kupas dan cucilah lebih dulu sebelum merebusnya di dalam susu secukupnya. Konsumsilah ramuan ini secara rutin, yakni setiap hari, supaya hasilnya lebih efektif dan sesak nafas menjadi lebih cepat sembuh.
Sponsors Link

14. Minyak Mustard

Minyak mustard adalah salah satu bahan tradisional yang juga bisa Anda dapatkan untuk dijadikan obat mujarab bagi kondisi sesak nafas. Gunakan minyak mustard yang sudah dihangatkan untuk memijat bagian dada serta punggung. Meski caranya cukup sederhana, Anda akan memperoleh khasiatnya di mana ini akan meredakan gejala sesak nafas dengan sangat maksimal.

(Baca juga: cara mengatasi sesak napas)

15. Labu Pahit

Efektivitas labu pahit ternyata cukup tinggi dalam mengatasi masalah pernapasan seperti sesak nafas. Untuk penyakit asma, labu pahit ini bisa Anda konsumsi dengan menghaluskannya menjadi adonan pasta. Pasta tersebut bisa Anda konsumsi setelah menambahkan madu secukupnya sebagai pemanis. Konsumsi sehari 3-4 kali adalah yang paling baik agar sesak nafas cepat membaik.

16. Teh Daun Mint

Daun mint dengan rasanya yang pedas kerap dijadikan pelega tenggorokan maupun pernapasan. Jadi tak ada salahnya juga untuk menggunakan bahan alami ini dengan mengonsumsinya rutin dalam mengatasi sesak nafas dan mencegahnya kembali kambuh. Teh daun mint ini banyak juga digunakan sebagai obat bronkitis dan asma.

17. Jus Lemon

Kaya akan vitamin C dan sifat antioksidan, jus lemon tak hanya bagus untuk mempercantik dan memutihkan kulit saja. Para penderita sesak nafas karena bronkitis dan asma pun bisa mengonsumsi rutin untuk melegakan saluran pernapasan mereka. Ambil jus lemon setiap hari dan minumlah teratur agar hasilnya lebih efektif.

18. Akar Licorice

Satu lagi obat tradisional yang dianjurkan untuk mengobati sesak nafas tanpa efek samping berbahaya, yakni dengan akar licorice.

  • Caranya: Anda hanya perlu menyiapkan akar licorice secukupnya untuk direbus dan air rebusannya inilah yang Anda bisa minum. Mengonsumsinya rutin sehari 3-4 kali adalah yang terbaik untuk mengurangi sesak nafas sebagai gejala asma dan bronkitis.

(Baca juga: obat sesak nafas alami)

Demikian daftar obat tradisional sesak nafas yang bisa Anda coba di rumah bila sewaktu-waktu sesak nafas menyerang. Tak perlu lagi panik karena bahan-bahan tradisional ini akan membantu Anda secara maksimal.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 12:54 Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru Paru