Hidung Mampet Bikin Susah Tidur? Inilah 5 Tips Ampuh Agar Tidur Nyenyak

209

Saat kondisi hidung yang tersumbat tentu menjadi sebuah hal yang sangat menyebalkan, karena banyak hal yang akan terhambat dan salah satunya adalah tidur. Untuk dapat tidur nyenyak saat hidung sedang tersumbat memang menjadi sebuah hal yang sulit dilakukan, karena kenyamanan tidur sangatlah terganggu. Namun cara ini dapat membuat tidur anda tetap nyenyak dalam kondisi hidung tersumbat :

1. Minum banyak cairan

Minum air putih bisa menjadi salah satu solusi agar bisa tidur nyenyak dan air putih juga bisa menyembuhkan tubuh dari berbagai serangan bakteri. Saat seringkali keluar lendir dari hidung tentu tidur menjadi tidak nyenyak dan dengan minum banyak air putih akan membuat kondisi kesehatan semakin membaik, serta tidur akan nyenyak seperti semula.

2. Posisi kepala

Salah satu cara untuk memperlancar saluran hidung yang tersumbat adalah dengan menempatkan posisi kepala lebih tinggi dari badan dan dengan lancarnya saluran hidung akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Saat hidung tersumbat tentu akan membuat seseorang menjadi sangat sulit tidur nyenyak, karena kesehatan hidung akan mengganggu jalannya tidur dan dengan memperbaiki posisi kepala menjadi salah satu tips yang sangat baik.

3. Gunakan pelega hidung

Untuk membuat tidur menjadi nyenyak saat sedang mengalami pilek atau hidung tersumbat bisa dilakukan dengan cara menggunakan pelega hidung dan salah satu merek ternama yang banyak digunakan adalah vicks inhaler. Dengan vicks hidung akan hangat dan tidur akan menjadi lebih nyenyak, hal ini perlu dilakukan agar aktivitas besok harinya akan berjalan dengan baik. Pelega hidung juga sering digunakan untuk menghidarkan tubuh dari kedinginan, karena efek hangatnya sangat bermanfaat bagi tubuh.

4. Minum antihistamin

Obat ini berfungsi untuk menghilangkan radang yang terjadi di tenggorokan dan dengan obat ini tidur akan menjadi nyenyak, karena sumbatan yang terjadi pada hidung akan perlahan hilang. Obat ini memiliki kandungan untuk memicu kantuk dan hal ini akan membuat mata menjadi sangat mudah terlelap, tidur nyenyak menjadi efek baik yang bisa dirasakan dari obat ini. Namun obat ini jangan digunakan berlebihan, karena akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.

5. Kamar dibuat nyaman

Untuk membuat tidur menjadi nyaman perlu dilakukan dengan mendesain kamar sebaik mungkin dan cara ini akan membuat anda betah berada dalam kamar. Kondisi kamar yang nyaman juga akan membuat tidur menjadi sangat nyenyak dan bagaimanapun kondisi kesehatan anda pada saat akan tidur, hal ini tak akan berpengaruh karena tidur akan tetap terasa nyenyak.

Demikian ulasan ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.