Anak Batuk? Inilah 6 Tips Mengatasi Batuk Pada Anak

455

Anak-anak memang sangat mudah untuk terserang penyakit batuk dan kondisi ini seringkali membuat orang tuanya menjadi khawatir. Saat anak batuk ada banyak hal yang bisa dilakukan orang tuanya dan ada berbagai larangan yang bisa diterapkan pada anak, hal ini perlu dilakukan agar kesehatan anak tetap terjamin. Berikut ini adalah 6 tips mengatasi batuk pada anak:

1. Anak harus istirahat cukup

Istirahan dengan cukup akan menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit dan salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan cara cukup istirahat adalah batuk. Anak memang memiliki karakter yang sangat sulit diatur, karena akan memiliki peranan penting dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya dan saat sedang batuk paksalah anak untuk beristirahat dengan cukup.

2. Minum obat batuk khusus anak

Saat melihat kondisi anak yang batuk-batuk sebaiknya segeralah minum obat khusus agar betuk segera tercegah dengan cepat dan saat pemberian obat harus memperhatikan jenis obat serta dosis obatnya, janganlah gunakan obat yang miliki dosis terlalu tinggi. Untuk memberikan obat batuk anak sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak dokter.

3. Minum air putih

Air putih adalah sebuah minuman yang sangat familiar di dunia dan air putih memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat utama air putih adalah untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi dan air putih sebaiknya diminum secara rutih setiap harinya. Anak batuk akan sedikit tertolong dengan banyaknya cairan yang masuk pada tubuhnya, untuk itu air putih harus selalu ada di rumah.

4. Hindari makanan penyebab batuk

Makanan penyebab batuk memang sangatlah banyak dan makanan penyebab batuk umumnya memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi. Tak hanya itu minuman dingin juga seringkali menimbulkan batuk pada anak dan kondisi ini harus dihindari, setidaknya kurangilah konsumsi makanan berminyak serta minuman dingin yang banyak disediakan di warung-warung.

5. Jauhkan pemicu alergi

Salah satu jenis batuk yang sering menyerang anak adalah batuk alergi dan jenis batuk ini dapat timbul dari berbagai alergi yang dimiliki oleh anak, karena sifat alergi sangatlah sensitif. Banyak sekali alergi yang sering dimiliki anak-anak seperti alergi debu atau kotoran dan kondisi ini harus dijaga dengan selalu membersihkan tempat tidurnya secara rutin.

6. Posisi tidur

Saat anak dalam kondisi batuk sebaiknya posisikan tidur anak pada posisi yang menjadi zona kenyamanannya dan posisi kepala harus berada diatas agar kesehatan pernapasan akan sedikit terjaga. Jangan biarkan anak tidur secara terlentang, karena tidur seperti ini akan memudahkan bakteri masuk kedalam tubuh anak.

Demikian ulasan tips mengatasi batuk pada anak dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.