Inilah 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Kulit Terbakar

70

Kulit terbakar atau sunburn adalah suatu kondisi kulit yang terlalu lama terkena sinar matahari dan kondisi ini akan membuat kulit berwarna kemerahan serta jika disentuh akan terasa sakit. Kondisi ini bila dibiarkan akan menimbulkan efek bengkak pada bagian kulit dan berbagai aktivitas akan sangat terganggu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit terbakar dan salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti berikut ini :

1. Oatmeal koloid

Salah satu cara untuk menyembuhkan kulit terbakar akibat pancaran sinar matahari adalah dengan menggunakan oatmeal koloid dan dengan menggunakan oatmeal koloid kondisi kulit dapat terhindar dari rasa perih serta gatal. Tak hanya itu oatmeal koloid juga dapat menguranggi peradangan yang terjadi dan cara penggunaannya sangatlah mudah, karena hanya perlu campurkan oatmeal dengan air dingin lalu balurkan ke bagian kulit yang mengalami luka bakar.

2. Soda kue

Soda kue juga dipercaya memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan kulit terbakar dan peradangan yang terjadi di area kulit. Untuk menggunakan soda kue sangatlah gampang yaitu tinggal campurkan 1 cangkir soda kue, susu evaporasi 1 cangkir, siapkan air dingin, tambahkan 2 cangkil oatmeal dan tumbuh semua bahan sampai halus, kemudian oleskan adonan ke bagian kulit yang terbakar.

3. lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman rumahan yang memiliki banyak sekali manfaat dan salah satu kegunaan lidah buaya adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang ada dalam lidah buaya mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi di area kulit dan kondisi kulit terbakar juga dapat disembuhkan dengan lidah buaya. Cara penggunaannya sangatlah mudah yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang mengalami luka bakar.

4. Cuka apel

Cuka apel juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan salah satu penyakit kulit yang dapat disembuhkan dengan cuka apel adalah kulit terbakar. Cara penggunaannya sangatlah mudah, karena hanya perlu tambahkan 1 cangkir cuka apel dengan air dingin lalu rendam handuk kecil didalamnya. Setelah itu tempelkan handuk di bagian tangan yang mengalami luka bakar dan lakukan langkah ini selama 20 menit saja.

5. Timun

Timun yang sering digunakan sebagai makanan tambahan di rumah ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan kulit yang terbakar dan cara penggunaannya sangatlah simpel. Tumbuk timun hingga merata sampai kondisinya halus, lalu oleskan kebagian tangan yang mengalami luka bakar dan dengan cara ini efek perih sangat terasa.

Demikian ulasan mengenai bahan alami yang bisa mengatasi kulit terbakar dan semoga bermanfaat bagi para pembacanya.