Home Featured Racun Menumpuk di Ususmu ! Waspadai 4 Gejalanya!

Racun Menumpuk di Ususmu ! Waspadai 4 Gejalanya!

by Lia Yuliana

Usus kita setiap hari bertugas mengolah makanan yang kita makan supaya dapat diserap ke dalam tubuh. Selanjutnya, usus bertugas sebagai saluran pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak terserap oleh tubuh. Namun ternyata tidak semua sisa makanan bisa dibuang lho, beberapa sisa-sisa makanan itu ternyata masih menempel di usus dan jika terus menumpuk akan menjadi racun bagi tubuh dan membahayakan kesehatanmu. Gejala berikut ini, menunjukkan kondisi tumpukan racun di ususmu, waspadai!

1. Sulit buang air besar atau sembelit

Kerja usus seharusnya berjalan rutin, termasuk dalam hal membuang sisa-sisa pencernaan. Apabila kamu kesulitan buang air besar atau sembelit, maka proses pembuangan sisa makanan terhambat,  racun-racun yang seharusnya dibuang jadi menumpuk di usus. Hal ini jika dibiarkan akan berakibat buruk bagi dirimu. Akan muncul rasa tidak nyaman di perut, bahkan bisa berakibat sakit kepala, nyeri dan kelelahan yang berkepanjangan.

Buang air besar juga dapat disebabkan karena mengonsumsi buah-buahan yang justru dapat membuat sembelit. Adapun buah yang bikin susah BAB atau sembelit diantaranya adalah buah durian, lengkeng, leci dan beberapa buah lainnya.

2. Susah menurunkan berat badan

Kegemukan terjadi secara umum disebabkan karena kebiasaan makan yang melampaui kebutuhan seharusnya. Apalagi jika banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat, seperti gorengan, junk food dan makanan yang mengandung sedikit serat. Jenis makanan seperti itu semakin membuat pencernaan lebih buruk, sisa makanan lebih sulit dibuang, dan sebagian menempel dan menumpuk di usus. Penyerapan makanan juga tidak maksimal dan sebagian besar akan disimpan dalam bentuk lemak.

3. Bau mulut tidak enak

Pernah ngalamin bau mulut yang tidak enak? Padahal kamu sudah sikat gigi, kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut, mengunyah permen karet dan sebagainya tapi bau mulut tetap tidak enak. Bau mulut tentu sangat mengganggu dan bikin kamu nggak pede. Apalagi bila bau mulut seperti bau kotoran, maka kamu perlu mewaspadainya sebagai sesuatu yang serius.

Saat ususmu kotor dan banyak racun menumpuk, maka usus tersumbat dan tidak bisa menyalurkan makanan yang dicernanya ke tubuh. Akibatnya adalah kotoran yang seharusnya dibuang, justru menumpuk dan ini akan menimbulkan bau yang tidak enak di mulut.

4. Lelah berkepanjangan

Rasa cepat lelah seharusnya muncul setelah kita beraktivitas fisik berat. Namun perlu dicurigai bila kamu sudah cukup istirahat, tidak sedang bekerja keras, tapi rasanya lelah banget. Sudah cukup tidur tapi rasanya masih mengantuk. Hal ini kemungkinan penyebabnya adalah karena banyaknya racun yang menumpuk di ususmu.

Bila racun menumpuk di tubuh maka kelenjar yang bertugas mengeluarkan racun akan bekerja lebih keras, sehingga banyak energi yang digunakan  untuk upaya tersebut, sehingga tubuh kekurangan energi dan merasa kelelahan dan rasa mengantuk, padahal sudah cukup tidur.

Sudah tahu kan, gejalanya bila racun menumpuk di ususmu? Bila kamu merasakan salah satunya, segera ubah pola makanmu menjadi lebih sehat ya! karena kita semua tau bahwa kesehatan usus ini sangat penting dijaga. Jika usus tidak sehat atau dalam artian memiliki banyak racun, dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Bahkan tidak jarang orang yang mengalami keracunan pada usus ini dapat kehilangan nyawanya.

Untuk itu mari bersama menjaga usus kita agar usus selalu sehat. salah satunya kamu dapat menjaga ususmu dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan seperti buah dan sayur yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

You may also like