15 Buah yang Bikin Susah BAB

Sembelit atau sering disebut susah buang air besar setiap orang pernah mengalaminya. Menjadi pembeda adalah tingkatannya, ada yang sedang-sedang saja dan ada yang sudah tingkatan yang tinggi. Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh karena dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pencernaan. Tentu ketika mengalami sembelit akan menghadapi situasi yang tidak mengenakkan untuk tubuh. Salah satunya akan mengalami perut seperti selalu penuh. Selain itu, ketika sembelit akan membuat tubuh tidak nyaman. Jika tidak segera diobati kotoran yang tidak dikeluarkan akan menganggu sitem metabolisme tubuh.

Penyakit sembelit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu yang sering terjadi adalah pola makan yang tidak teratur dan kurang memerhatikan asupan nutrisi. Sehingga, makanan yang masuk akan menghambat pencernaan untuk melakukan tugasnya mengolah makanan menjadi kotoran. Makanan yang baik untuk penderita sembelit adalah buah dan sayur. Kedua makanan ini banyak mengandung serat. Sehingga, membantu mengatasi sembelit. Selain itu, untuk membantu melancarkan juga menggunakan air putih. Air putih inilah yang memudahkan kotoran keluar melalui anus. Untuk itulah, bagi penderita sembelit tidak saja makan buah dan sayur. Tetapi, juga minum air putih yang cukup.

Buah yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi sembelit. Ternyata tidak semua mampu mengatasinya. Justru ada beberapa buah yang justru menjadi pemicu. Tentu penting untuk Anda ketahui. Sebab alih-alih untuk segera sembuh justru akan semakin parah. Melalui artikel berikut akan mengupas beberapa buah yang menyebabkan sembelit.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain, karena tekstrur yang lembut juga memiliki rasa manis yang pas. Sangat cocok untuk dijadikan cemilan buah ketika selesai makan. Tidak saja itu, pisang juga salah satu buah untuk menunjang diet  Anda. Namun, tahukah Anda mengkonsumsi pisang terlalu banyak tidak bagus untuk pencernaan. Meskipun tekstur yang lembut, ketika banyak mengkonsumsi akan mengalami konstipasi ringan. Hal ini disebabkan oleh senyawa fruksota, glukosa, dan sukrosa. Senyawa yang menyebabkan konstipasi pada makanan yang masuk dalam pencernaan.

  1. Durian

Buah yang satu ini memang lagi ngetrend di kalangan masyarakat kita. Selain, karena musiman buah ini juga memiliki rasa yang nendang dilidah. Banyak orang menyebutkan tidak ada buah yang mampu menandingi kelezatannya. Meskipun demikian buah durian mengandung glukosa yang tinggi. Jika Anda mengkomsusi secara berlebih dapat menyebabkan sembelit. Tidak saja itu, buah ini juga memiliki banyak lemak dan  Penyebab Kolesetrol. Tentu Anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsinya.

  1. Lengkeng

Lengkeng ini berbeda dengan klengkeng yang tersebar di pasaran Indonesia. Jenis buah ini berasal dari Myanmar. Meskipun berasal di negara lain, buah ini juga dapat ditemukan di pasaran Indonesia. Rasa dari buah ini juga manis dan menyegarkan. Namun, penting untuk Anda ketahui mengkonsumsi lengkeng berlebih dapat menyebabkan sembelit. Karena dalam 100 gram buah ini mengandung 15 gram karbohidrat. Karbohidrat ijilah yang akan menganggu sistem kerja usus dalam mencerna makanan.

  1. Leci

Buah yang menyebabkan sembelit berikutnya adalah leci. Leci ini sebenarnya berasal dari Cina, namun karena faktor perdagangan mampu masuk ke Indonesia. Buah leci ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, dalam 100 gram hanya memiliki 1,3 gram  serat . Serat yang rendah inilah yang dapat menyebabkan sembelit, jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

  1. Apel

Apel ini merupakan salah satu buah yang dapat menyebabkan susah buang air besar. Mengapa demikian? Karena dalam 100 gram apel mengandung 10 gram gula. Senyawa inilah yang dapat memicu terjadinya konstipasi jika dimakan secara berlebih. Untuk itulah, penting bagi Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya. Meskipun enak dan menyegarkan.

  1. Salak

Banyak masyarakat yang mengetahui akan jenis buah ini yang menyebabkan sembelit. Bahkan, masyarakat pedesaan pun mengetahuinya. Sebenarnya ada kandungan apa dalam buah salak ini. Jika, Anda mengkonsumsi salah dengan mengelupas kulit arinya. Hal ini menjadi kebiasaan masyarakat kita. Daging salak hanga mengandung 20,9 gram karbohidrat, 77 kalori, dan 0,40 gram protein. Tentu serat yang berada dalam kulit ari ikut terbuang dan menyebabkan terjadinya sembelit.


  1. Pepaya

Buah pepaya banyak ditemukan di sekitar lingkungan kita. Karena mudah inilah kita sering mengkonsumsinya. Ketahuilah bahwa buah ini dapat menyebabkan sembelit, terlebih belum matang sempurna.

  1. Persik

Mungkin Anda baru mendengar buah ini. Persik adalah buah yang memiliki kandungan gas dan alkohol cukup tinggi. Hal inilah yang dapat menyebabkan sistem percernaan terganggu dan menyebabkan sembelit.

  1. Pir

Buah ini mengandung gas yang tinggi sama seperi lengkeng dan durian. Gas inilah yang menyebakan sistem pencernaan terganggu dan mengurangi kelancaran dari BAB. Penting untuk Anda ketahui jenis buah ini.

  1. Mangga

Mangga memang menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan sorbitol. Sorbitol adalah penghasil gas, jika mengkonsumsi mangga berlebih dapat menyebabkan kandungan meningkat dan menyebabkan susah BAB.

  1. Anggur

Anggur memiliki kadar gula dan alkohol yang tinggi. Kedua kadar inilah yang mempu berkontribusi dalam penyumbatan fases untuk keluar dari pencernaan. Karena sistem dalam pencernaan mengalami gangguan.

  1. Nanas

Nanas memiliki kadar gula yang tinggi. Kadar gula inilah yang kurang mampu diserap oleh usus. Sehingga, berakibat pada sistem pencernaan yang terganggu dan menyebabkan sembelit.

  1. Ceri

Sama seperti buah nnanas dan anggur, ceri ini memiliki kadar gula yang tinggi dan tidak baik untuk penderita diabetes. Tentu gula ini tidak bagus untuk pencernaan. Efek yang ditimbulkan berupa sembelit.

  1. Buah-buahan kering

Buah kering dapat memicu terjadinya sembelit. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin dan senyawa yang telah luntur karena efek pengeringan. Pengeringan di sini berupa digoreng. Tentu salah satu dampaknya adalah sembelit.

  1. Jambu Biji

Jambu biji dipercaya menyebabkan susah BAB. Terlebih banyak mengkonsumsi bijinya yang meskipun agak keras tetapi enak untuk dimakan. Untuk itulah, penting hanya mengkonsumsi dagingnya saja.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya