Inilah 13 Cara Memperkuat Otot Lutut Yang Lemah Secara Alami !

Apakah Anda kerap merasakan bahwa otot lutut sering melemah sehingga terkadang saat berdiri atau berjalan menjadi kurang seimbang? Pada umumnya, pertambahan usia adalah faktor utama dibalik kelemahan otot, sendi dan juga tulang lutut. Oleh karena itu, beberapa rahasia cara memperkuat otot lutut di sini kiranya bisa coba Anda praktekkan.

  1. Renang

Supaya otot lutut tetap sehat dan kuat, olahraga renang adalah salah satu yang bisa Anda lakukan. Bahkan renang merupakan olahraga yang sesuai dilakukan oleh para penderita arthritis atau nyeri sendi lutut. Lutut yang lemah dan bahkan sering kaku akan menjadi lebih kuat dan rileks. Renang 5 kali seminggu masing-masing 30 menit lebih dianjurkan dengan gaya kupu-kupu, punggung dan bebas.

  1. Bersepeda

Jika Anda kurang menyukai olahraga air, maka jika Anda memiliki sepeda di rumah, Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga bersepeda. Karena kaki kitalah yang bertugas mengayuh, otomatis lutut kita akan menjadi jauh lebih banyak bergerak, sehingga hal ini menjadikan lutut lebih sehat dan kuat.

  1. Berjalan

Selain berenang dan bersepeda, olahraga paling simpel dan murah meriah yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Anda bisa lakukan aktivitas ini setiap hari 15-30 menit di sekitar rumah, di kantor saat sedang istirahat, di kampus, atau bahkan di dalam rumah. Cukup berjalan santai rupanya bisa membantu memperkuat otot lutut.

  1. Menambah Asupan Vitamin C

Selain menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa membuat otot lutut jauh lebih kuat dari dalam dengan meningkatkan asupan vitamin C sehari-hari. Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi atau juga disertai dengan suplemen vitamin C setelah mengonsultasikannya dengan dokter.

  1. Menambah Asupan Omega-3

Untuk lutut yang lebih kuat sekaligus meningkatkan kesehatan fungsi otak, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung omega-3 tinggi ataupun suplemen omega-3. Otot dan sendi lutut yang sering nyeri dan bahkan lemah bisa diatasi dengan sifat anti-inflamasi yang dibawa oleh sumber nutrisi omega-3.

  1. Menambah Asupan Vitamin D

Selain omega-3 dan vitamin C, vitamin D pun jangan sampai terlewatkan supaya sendi, otot dan tulang bagian lutut selalu kuat dan terjaga kesehatannya. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan yang mengandung vitamin D, seperti halnya kuning telur, produk susu, sereal, dan minyak ikan cod. Atau, bisa juga Anda setiap pagi berjemur demi memperoleh paparan sinar matahari yang menyehatkan.

  1. Mengonsumsi Makanan Antiradang

Untuk menguatkan otot lutut sekaligus mencegah lutut dari berbagai bentuk peradangan, Anda perlu meningkatkan asupan makanan berantiinflamasi. Makanan-makanan seperti jahe, alpukat, bayam, ubi jalar, kacang kenari, buah ceri, bluberi, minyak zaitun, kunyit, biji rami dan ikan salmon adalah makanan yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. Menjaga Berat Badan

Hindarilah obesitas dan jagalah berat badan supaya tetap pada angka idealnya. Ini karena obesitas merupakan faktor paling umum yang mampu melemahkan otot lutut. Jadi jika Anda saat ini bermasalah dengan obesitas, cobalah untuk berupaya menemukan cara menurunkan berat badan melalui tips diet sehat agar lutut bisa lebih kuat dan stabil.

  1. Menambah Asupan Kalsium

Asupan kalsium memang diperlukan untuk memperkuat tulang lutut, namun juga penting bagi otot lutut agar lebih kuat juga. Selain mencegah osteoporosis, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti keju, susu, sereal, sarden, edamame dan almond untuk mencegah gangguan kesehatan serta kelemahan otot lutut.

  1. Menggunakan Garam Epsom

Lutut yang lemah dan disertai nyeri karena artritis reumatoid ataupun masalah lutut lainnya bisa Anda coba atasi dengan menggunakan garam Epsom. Cukup dengan menyediakan ½ cangkir air hangat, Anda bisa melarutkan garam Epsom sebanyak 2 sendok makan ke dalamnya, lalu dengan kain bersih Anda bisa oles air garam hangat tersebut ke lutut secara merata.

Atau sebagai cara alternatif, Anda bisa menuangkan secangkir garam Epsom ke dalam bak berisi air hangat lalu berendamlah di sana selama 20 menit. Penggunaan yang benar dan paling dianjurkan adalah seminggu 1-2 kali saja, entah itu secara dioles atau berendam di dalam air garam Epsom hangat.

  1. Pijatan

Untuk menjadikan otot lutut lebih kuat, Anda bisa mencoba memberikan pijatan, seperti menggosokkan minyak mustard, minyak kelapa atau bahkan minyak zaitun (salah satu saja) ke bagian lutut lebih dulu. Dengan arah searah jarum jam Anda bisa memijat lutut selama sekitar 10 menit. Dalam sehari Anda bisa lakukan 2 kali, tapi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

  1. Latihan Khusus Menguatkan Lutut

Lutut yang lemah bisa menjadi jauh lebih kuat apabila Anda mencoba untuk melakukan beberapa jenis latihan yang baik bagi lutut. Squat, lunge, peregangan hamstring dengan kontraksi paha, berjongkok menggunakan satu kaki, dan sejenisnya bisa Anda lakukan seminggu setidaknya 4 kali. Namun, segeralah berhenti melakukan aktivitas-aktivitas fisik tersebut apabila lutut terasa sakit dan malah bertambah kaku.

  1. Menghindari Asupan Garam Berlebihan

Jika ingin lutut tetap kuat dan sehat, maka sebaiknya Anda mulai mencoba menghindari konsumsi garam berlebih. Ini karena konsumsi garam terlalu banyak bisa menjadi penyebab kalsium berkurang dan hilang di dalam tubuh yang kemudian menjadi penyebab dari melemahnya lutut dan sering nyeri.

Begitulah serangkaian cara memperkuat otot lutut yang lemah secara alami dan jitu untuk Anda coba praktekkan di rumah. Dengan perubahan gaya hidup juga yang menjadi lebih sehat, lutut lemah dan lemas tak akan Anda rasakan lagi karena lutut pasti menjadi lebih kuat dan jauh lebih sehat.